Biografi dan Profil Samuel F.B Morse – Pencipta Telegraf dan Penemu Kode Morse

Posted on

Biografi dan Profil Samuel F.B Morse Sebagai Bapak Penemu Kode Morse yang sering digunakan dalam kegiatan Pramuka

InfoBiografi.Com – Samuel Finley Breese Morse atau lebih dikenal dengan Samuel Morse merupakan seorang penemu yang berasal dari Amerika Serikat yang lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat pada 27 April 1791. Samuel Morse terkenal berkat temuannya yaitu Telegraf dan juga ciptaannya bersama dengan asistennya Alexander Bain yaitu alphabet khusus untuk telegraf yang disebut dengan kode Morse.

Biografi Singkat

Nama : Samuel Finley Breese Morse
Lahir: Charlestown, Boston, Massachusetts, Amerika, 27 April 1791
Meninggal: New York, Amerika, 2 April 1872
Pasangan:

  • Lucretia Walker (m. 1818–1825)
  • Elizabeth Griswold (m. 1848–1872)

Anak:

  • William Morse
  • James Morse
  • Susan Morse
  • Charles Morse
  • Edward Morse
  • Samuel Morse
  • Cornelia Morse

Profil Samuel Morse

Kehidupan Samuel Morse

Saat berumur 4 tahun, Morse sangat gemar menggambar, Ia mulai mencoba menggambar wajah gurunya. Pada saat berumur 14 tahun, Morse mencoba mendapatkan uang sakunya sendiri dengan cara menggambar wajah teman-teman serta orang-orang yang ada di kotanya.

Saat menempuh pendidikan di Yale Collage, Morse bukanlah siswa yang pandai, ketertarikan pada sains timbul pada saat ia mengikuti kuliah tentang perkembangan terbaru kelistrikan. Tapi ia lebih merasa nyaman jika ia mnggambar potret-potret miniatur.

Pada suatu hari, Morse mengirimkan surat pada orang tuanya tentang keinginan Morse yang ingin menjadi pwlukis. Orang tua Morse tidak yakin dengan pilihan anaknya yang ingin menjadi seorang pelukis, mereka berpikir apakah Morse dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menjadi seorang pelukis. Orang tua Morse lalu menyuruh Morse menjadi penjual buku dan akhirnya Morse menjadi penjual buku namun tetap saja pada malam harinya Morse tetap melukis.

Menyadari kecintaan sang anak pada dunia seni, orang tua Morse mencoba mencari dan mengumpulkan uang untuk menyekolahkan Morse di sekolah seni di London.

Saat Morse berada di Royal Academy di Londen, guru selalu mengatakan bahwa Morse selalu belum mengerjakan tugasnya hingga sekitar 20 tugas gambar yang belum ia selesaikan dan hal tersebut tetap berulang. Akhirnya morse membuat model patung herkules dari tanah liat dan sang guru menyukai karyanya tersebut dan menyuruh Morse untuk menyertakannya dalam lomba, dalam lomba yang ia ikuti ia berhasil mendapatkan mendali emas.

Pada tahun 1818, Morse menikah dan memiliki 2 putra dan seorang putri. Pada tahun 1825, sang istri meninggal dunia karena serangan jantung. Morse tidak mengetahui apa yang terjadi pada sang istri dan kapan sang istri mninggal hingga hal tersebut membuatnya hampir putus asa dalam melukis.

Setelah itu, Morse dan beberapa orang pelukis lainnya mencoba mendirikan National Academy dan ialah yang menjadi presiden. Morse bekerja melukis dari pukul tujuh pagi hingga tengah malam. Morse berhasil terpilih sebagai pelukis di ruangan bundar di Capitol, Amerika. Satu dari empat lukisan dinding yang terpajang merupakan hasil karyanya.

Pada Oktober 1832, Morse bersama anak-anak dan kakak iparnya kembali ke Eropa untuk melanjutkan kariernya dalam dunia lukis. Morse dan keluarganya berlayar pulang kembali dari Eropa dengan kapal bernama Sully. Saat itu, Morse mendengar percakapan tentang penelitian elektromagnet yang baru ditemukan, dan kemudian muncul dalam benaknya tentang konsep telegraf elektrik.

Penemuan Telegraf dan Kode Morse Serta Wafatnya Samuel Morse

Pada tahun 1835, Samuel Morse berhasil menciptakan telegraf pertamanya yang kemudian dioprasikan di gedung Universitas New York tempat ia mengajar seni. Pada tahun 1837, Morse dengan bantuan teman-temannya mengajukan hak paten atas telegraf barunya yang dilengkapi dengan penjelasan sandi yang terdiri yang terdiri dari titik dan garis yang mewakili angka dan mengubah angka tersebut menjadi kata-kata. Sandi tersebut disebut dengan Kode Morse.

Pada 24 Mei 1844, Morse mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan menggunakan kode Morse dengan kata: “What hath God wrought”.

Pada 2 April 1872 di New York, pada usia 80 tahun Morse meninggal dunia akibat penyakit pneumonia yang dideritanya. Kemudian Ia dimakamkan di pemakaman Greenwood, Brooklyn.

Kode Morse
Kode Morse