Biografi Reza Nurhilman Presiden Maicih – Pengusaha Keripik Sukses asal Bandung

Posted on

InfoBiografi.Com – Pernah dengar kata ‘Maicih‘? atau bahkan anda pernah makan cemilan ‘Maicih’? Bagi kalangan anak muda yang hobi nyemil pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ‘Maicih’. Jika kalian menyukai keripik pedas Maicih, maka Reza Nurhilman adalah sosok dibalik suksesnya keripik pedas Maicih.

Maicih sendiri merupakan merk produk cemilan berbahan dasar singkong yang memiliki tingkat kepedasan bermacam-macam level, mulai dari level 1 hingga level 5. Keripik pedas maicih sempat viral dikalangan pengguna media sosial, karena memang Reza Nurhilman hanya memasarkan produknya melalui media sosial. Berkat keripik Maicih mengantarkan Reza menjadi salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia. Untuk lebih lebih lengkapnya, simak profil Reza Nurhilman sebagai Presiden Maicih, pengusaha muda sukses berkat keripik pedas Maicih.

Baca Juga : Profil Martha Tilaar Pendiri Martha Tilaar Group

Biografi Reza Nurhilman

Reza Nurhilman merupakan pria kelahiran Bandung, 29 September 1987, bungsu dari tiga bersaudara. Sejak kecil, orang tua Reza bercerai hingga membuatnya kemudian diasuh oleh orang tua angkat. Menyandang status Broken Home, membuat Reza sempat terjerumus ke hal-hal negatif saat masih muda.

Setelah lulus dari SMA N 2 Bandung, Reza tidak melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi dan memilih untuk merintis usaha. Bermodalkan dari uang yang berhasil ia kumpulkan, Reza kemudian mencoba berbagai jenis usaha.

Mulai dari berjualan bermacam-macam produk seperti barang elektronik hingga berjualan pupuk ia lakukan selama hampir empat tahun dari tahun 2015 hingga tahun 2009 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun di tahun 2009, Reza memutuskan untuk berkuliah.

Baca Juga : Profil Mooryati Soedibyo Kisah Sukses Pendiri Mustika Ratu

Pada tahun 2010, Reza kembali mencoba berwirausaha dengan menjual keripik singkong pedas. Bisnis cemilan tersebut dimulai ketika ia bersama temannya pergi ke Cimahi. Disana Reza mencicipi keripik lada pedas buatan seorang nenek dan ia tertarik dengan rasa cemilan tersebut. Tanpa malu-malu Reza menanyakan resep keripik buatan nenek tersebut. Nenek itupun tanpa keberatan memberikan resepnya.

Berbekal resep dari nenek tersebut, membuat Reza kemudian fokus menggeluti usaha cemilan keripik singkong pedas. Dengan strategi bisnis yang tepat ia yakin bisnis cemilannya bisa dikenal di seluruh Indonesia.

Dengan modal 15 juta rupiah, Reza mulai memproduksi kerupuk singkong dan memproduksi 50 bungkus perhari. Ia memberi nama produk keripiknya Maicih dan diluncurkan pada Juni 2010. Ia membuat keripik pedasnya dengan level pedas berbeda-beda dari level 1 hingga level 5 yang dipasarkan dengan cara berkeliling dan memanfaatkan akun sosial media yang ia gunakan.

Di awal tahun 2011, usaha miliknya yang awalnya sebagai industri rumahan ini secara resmi telah memiliki CV. 29 Synergi. Kemudian perusahaan ini meraih kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merk dagang ‘Maicih‘ pada Februari 2011. Kemudian PT.Maicih Inti Sinergi memisahkan diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin meningkat dengan Reza Nurhilman sebagai Komisaris.

PT. Maicih Inti Sinergi juga memiliki susunan manajerial yang sangat unik, dengan susunan antara lain: Presiden, Menteri Pangan, menteri Perhubungan, Menteri SDM, dua Menteri Menkominfo, dan Menteri Keuangan. Dengan total jenderal yang ada saat ini adalah sebanyak 144 orang, terbagi menjadi 4 kategori jenderal, yaitu: Jenderal Sepuh, Jenderal Batch 1, Jenderal Batch 2, dan Jenderal Batch 3.

Baca Juga : Profil Jogi Hendra Atmadja Pemilik PT Mayora TBK

Untuk menghindari pemalsuan produk, Logo ‘Maicih’ mulai dipatenkan hak ciptanya. Produk Maicih dari PT. Maicih Inti Sinergi adalah : Keripik pedas level 3, keripik pedas level 5, keripik pedas level 10, baso goreng (basreng), gurilem, seblak pedas original, dan seblak keju pedas.

Selain susunan manajerial yang unik, produk Maicih secara resmi hanya bisa didapatkan di Jendral dan Tim Jendral yang tercantum di twitter @infomaicih. Selain itu, strategi pemasaran produk Maici juga sangat unik. Maicih dijual dengan cara yang berbeda dengan produk-produk lainnya. Presdiden Maicih memanfaatkan media twitter dan facebook untuk memasarkan produknya.

Meskipun hanya memasarkan produknya lewat media sosial, Maicih mampu bersaing dengan berbagai produk cemilan yang beredaran di pasaran. Terbukti Omset bisnisnya terus meningkat dengan pendapatan mencapai 7 milyar perbulan hanya dalam waktu setengah tahun saja.

Namun saat ini, kripik pedas buatan Reza sudah bisa ditemukan di minimarket maupun supermarket yang tersebar dibeberapa wilayah Indonesia. Saat ini Reza Nurhilman mampu memproduksi keripik Maicihnya hingga kapasitas 75 ribu bungkus perminggunya dengan omset mencapai puluhan milyar perbulan.

Baca Juga : Profil Ny. Rakhmat Sulistio Pendiri Jamu Sido Muncul

Kini, Reza Nurhilman sudah bisa dikatakan sebagai salah satu pengusaha sukses di usia muda. Dengan berbisnis keripik pedas, ia mampu membeli rumah mewah dan mobil mewah di usia muda.

Selain sebagai presiden Maicih, Reza juga kerap menjadi pembicara di berbagai kewirausahaan dan kini ia juga merambah ke bisnis properti dengan mendirikan PT Sinergy Land Property (SLP) yang menggarap beberapa proyek perumahan.

Itulah informasi yang diberikan tentang Biografi Reza Nurhilman Presiden Maicih. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.