Profil Martha Tilaar – Pengusaha Sukses Pendiri Martha Tilaar Group Paling Lengkap

Posted on

InfoBiografi.Com – Martha Tilaar merupakan pengusaha wanita Indonesia yang bergerak dibidang kosmetik dan jamu dengan merk dagang Sariayu Martha Tilaar. Bekerja sama dengan Kalbe Farma, Martha Tilaar membuat perusahaan kosmetika dan jamu Martina Berto. Selain bisnis kosmetik, Martha Tilaar juga memiliki usaha kerajinan di Sentolo, Yogyakarta bernama Prama Pratiwi Martha Gallery dan memiliki Kampoeng Djamoe Organik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Selain itu, sebagai bentuk kontribusinya di kota kelahirannya, Gombong Jawa Tengah, Martha juga meresmikan Roemah Martha Tilaar, yakni rumah masa kecilnya yang telah direnovasi dan ditata ala museum. Untuk lebih lebih lengkapnya, simak profil lengkap Martha Tilaar sebagai pengusaha wanita Indonesia pendiri Martha Tilaar Group.

Baca Juga : Profil Ny. Rakhmat Sulistio Pendiri Jamu Sido Muncul

Profil Martha Tilaar

Profil Martha Tilaar memiliki nama lahir Martha Handana, lahir di Gombong, Jawa Tengah pada 4 September 1937. Martha Tilaar memiliki empat anak yaitu Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, Kilala Tilaar. Martha Tilaar merupakan sosok wanita tidak pantang menyerah. Ketika orang lain mengatakan tidak mungkin, ia tetap mencobanya. Menurutnya, yang penting bukanlah hambatan di depan kita, tapi bagaimana kita memecahkan masalah yang ada.

Martha Tilaar merupakan anak sulung dari tiga saudara yang justru memiliki tingkah seperti lak-laki. Karena itulah, sang ibu Nyonya Handana sering menegurnya dan menitipkan Martha pada seorang ahli kecantikan tradisional di Yogyakarta, Titi Poerwosoenoe, untuk mengajarinya cara bersolek.

Sebelum menikah, Martha Tilaar sempat mengajar di SD selama 2 tahun. Setelah merampungkan pendidikan di IKIP Jakarta, ia juga sempat mengabdi di almamaternya selama 3 tahun. Lalu setelah menikah dengan Dr. Henry A. Rudolf Tilaar, ia pun mengikuti suaminya yang saat itu bertugas di Amerika Serikat. Di sanalah, Martha mulai belajar masalah kecantikan dan lulus di tahun 1967.

Setelah lulus dari sekolah kecantikan, ia bekerja di Campes Beauty Salon, Universitas Indiana, AS selama tiga tahun. Dan setelah kembali ke Jakarta pada 1969, ia membuka salon kecantikan.

Baca Juga : Profil Jogi Hendra Atmadja Pemilik PT Mayora TBK

Dengan modal uang 1 juta rupiah yang berasal dari uang saku dan sumbangan dari keluarganya, maka di awal 1970, ia mendirikan Martha’s salon. Salon kecil tersebut didirikan di Jalan Dr. Kusumaatmaja, Jakarta itu, akhirnya berkembang menjadi lima buah. Ia pun menyatakan meskipun mendapatkan pendidikan di Amerika, ajaran gurunya yang pertama kali, Titi Poerwosoenoe, masih terngiang.

Di tahun 1972, Martha pergi ke Eropa untuk mempelajari ramu-ramuan dengan mengunjungi beberapa pabrik seperti pabrik Yves Rocher di Prancis, Mary Quant di Inggris, dan Hartleben di Jerman Barat. Empat tahun kemudian, ia kembali ke Indonesia dan didirikannya Martha Griya Salon yang memperkenalkan perawatan tradisional. Usaha tersebut kian berkembang pesat dengan berdirinya pabrik kosmetik PT Sari Ayu, Martha Kosmetika Indonesia, yang diresmikan oleh Ny. Nelly Adam Malik, pada 22 Desember 1981.

Dua tahun setelah berdirinya PT Sari Ayu, perusahaan tersebut mendapatkan tertinggi untuk penampilannya pada The First Asian Beauty Congress and Exhibition, Singapura. Ibu Martha sendiri memperoleh Doktor Kehormatan di bidang Fashion Artistry dari The World University Tucson, Arizona, Amerika Serikat, 1984.

Bisnis Martha kian berkembang dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan, hingga akhirya ia dan keluarganya menguasai sepenuhnya saham PT Martina Berto, dan bersamaan dengan itu dilakukan konsolodasi perusahaan dengan digabungkan dalam Martha Tilaar Group.

Baca Juga : Profil Mooryati Soedibyo Kisah Sukses Pendiri Mustika Ratu

Kini, Martha Tilaar Group terdiri atas, PT Martina Berto Tbk (perusahaan pemasaran dan produksi), PT Cedefindo (perusahaan produksi dan maklon), PT SAI Indonesia ( perusahaan distributor dan logistik ), PT Martha Beauty Gallery (sekolah dan pendidikan kecantikan Puspita Martha International School), PT Cantika Puspa Pesona (perusahaan jasa spa dan salon termasuk usaha waralaba), PT Creative Style Mandiri (perusahaan agensi periklanan), dan PT Kreasi Boga Primatama (perusahaan penyedia tenaga kerja).

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Martha Tilaar Pendiri Martha Tilaar Group. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.