Profil Gibran Rakabuming Raka – Pengusaha Catering Sukses Anak Presiden Jokowi

Posted on

InfoBiografi.Com – Gibran Rakabuming adalah seorang pengusaha Indonesia yang bergerak dalam usaha katering yang diberi nama Chilli Pari dan pendiri usaha kuliner martabak yang dikenal dengan Markobar. Gibran Rakabuming merupakan putra sulung presiden RI Joko Widodo dan ibu Iriana yang bisa disebut sebagai entrepreneur muda yang sukses di bidang kuliner.

Setelah sukses dengan usaha cateringnya, kini Gibran digadang-gadang berniat maju Pilkada Solo 2020 dan maju sebagai calon wali kota Solo. Untuk lebih lebih lengkapnya, simak profil Gibran Rakabuming Raka, putra sulung presiden Joko Widodo sebagai pengusaha catering sukses.

Baca Juga : Profil Lengkap Joko Widodo (Jokowi)

Profil Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo, 1 Oktober 1987 yang merupakan putra sulung dari presiden RI Joko Widodo dan ibu Iriana periode 2014-2019. Gibran memiliki dua adik yaitu Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Pendidikan dasar dan menengah pertama Gibran tempuh di Solo. Namun setelah itu, Gibran melanjutkan pendidikan SMA di Singapura tepatnya di Orchid Park Secondari School di tahun 2002, dan selanjutnya menempuh pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Setelah lulus, Gibran kembali melanjutnya studinya di University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010.

Setelah menyelesaikan studinya, Gibran kembali ke Indonesia dan mulai membuka bisnis catering di tahun 2010 yang saat itu ia dibantu oleg belasan karyawan. Ketertarikan Gibran di dunia kuliner sudah ada sejak masih berkuliah di Singapura. Sebagai modal awal, Gibran mengajukan 7 proposal ke berbagai tempat dan enggan meminta modal dari Ayahnya, yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo. Dari 7 proposal yang diajukan, 1 proposal diterima oleh pihak Bank, sehingga Gibran mendapatkan pinjaman dana sebesar Rp. 1M untuk modal awal membuka bisnisnya.

Awalnya, pihak keluarga tidak mendukung keputusan Gibran untuk membuka bisnis catering, bahkan Jokowi dikabarkan sempat marah besar kepada Gibran karena ia tidak mau meneruskan bisnis mebel keluarganya. Namun, Gibran tetap menjalankan bisnis kulinernya, ia berpendapat bahwa bisnis catering belum menjadi industri, hanya masih usaha rumah tangga. Gibran bekerja keras untuk membuat bisnis cateringnya banyak dikenal dan mendapat kepercayaan dari masyarakat Solo.

Baca Juga : Biografi Reza Nurhilman Presiden Maicih

Untuk mendukung bisnisnya, Gibran menggunakan gudang mebel milik ayahnya untuk dijadikan sebagai kantor dan dapur catering. Akhirnya pada tahun 2011 cateringnya mulai dikenal dan diberi nama “Chili Pari CateringService” yang artinya keberanian dan kemakmuran. Selanjutnya ia mulai merekrut ratusan karyawan dan dapat melayani hingga ribuan pesanan.

Catering milik Gibran menawarkan berbagai jenis masakan mulai dari Jawa, Jepang, Eropa, dan lain-lain. Chili Pari Catering Service menerapkan sistem “piring terbang” sesuai dengan karaktristik orang Solo yang menerapkan prinsip “kalo tamu ngga dilayani, itu ngga sopan namanya”. Selain itu Chili Pari Catering Service juga melayani wedding organizer (pernikahan) seperti gedung, rias pengantin, dekor dan lain-lain.

Melihat bisnis putranya yang semakin berkembang pesat, akhirnya Jokowi luluh dan mengizinkan Gibran untuk mengelola catering wedding di gedung pertemuan Graha Saba milik Jokowi di Solo.

Selain sukses di bisnis cateringnya, Gibran juga sering mengikuti event nasional dan internasional, ia juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia(APJBI) kota Solo.

Di bulan Juni 2015, Gibran menikahi mantan Putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra dan 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikarunai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Baca Juga : Profil Jogi Hendra Atmadja Pemilik PT Mayora TBK

Pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic sendiri adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

Sukses di dunia usaha, Gibran Rakabuming Raka juga digadang-gadang akan maju sebagai calon Walikota Solo dalam Pilkada 2020 mendatang.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Gibran Rakabuming Raka Pengusaha Catering ChiliPari. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.