Profil James Riady – Konglomerat Indonesia Bos Lippo Group Paling Lengkap

Posted on

InfoBiografi.Com – James Riady merupakan konglomerat besar Indonesia yang tak lain adalah anak dari pendiri Lippo Group Mochtar Riady. James merupakan penerus kedua dari Lippo Group yang saat ini menjabat sebagai CEO Lippo Group. Lippo Group sendiri merupakan perusahaan yang beranggotakan para konglomerat dan merupakan grup konglomerat terbesar dengan kekayaan nomor satu di Indonesia.

James merupakan pewaris tunggal kekayaan ayahnya Mochtar Riady. James seorang bankir yang memiliki kemampuan tinggi untuk merancang bisnis yang akan digunakan sangat cepat, tepat serta inovatif. Untuk lebih lengkapnya, simak profil lengkap James Riady konglomerat besar Bos Lippo Group.

Baca Juga : Profil Jogi Hendra Atmadja Pemilik PT Mayora TBK

Profil James Riady

James Tjahaja Riady lahir pada tahun 1957 di Jakarta, dari pasangan Mochtar Riady dan Suryawati Lidya yang merupakan keturunan Chinese-Indonesia. Saat masih anak-anak, James dikirim ayahnya untuk sekolah di Macau. Sejak kecil, ia diajarkan untuk mandiri. Selama 4 tahun di Macau, ia kembali melanjutkan studinya ke Australia dan kuliah di University of Melbourne.

Selama delapan tahun di Australia untuk menamatkan kuliahnya di University of Melbourne, kemudian ayahnya mengirim James ke Amerika untuk terjun ke dunia Perbankan di tahun 1977.

James pertama kali bekerja di Irving Trust Banking Company saat berusia 18 tahun selama satu tahun. Kemudian, ia pindah ke wilayah Arkanas dan mendirikan bank bernama Worthen Bank dengan modal $20 juta dollar.

Di tahun 1984, James ditunjuk sebagai presiden direktur Worthen Bank, selain itu istri Bill Clinton yakni Hilary Clinton juga menjadi pengacara dari Bank yang dipimpin oleh James Riady. Hal tersebut membuat hubungan antara keluarga Clinton dan keluarga Riady menjadi sangat dekat.

Baca Juga : Profil Reino Barack Pengusaha Muda Indonesia Suami Syahrini

Selang beberapa tahun, James pindah ke Los Angeles untuk menjalankan cabang Lippo Bank di sana. Namun, perkembangan Lippo Bank di Los Angeles kurang baik terbukti dengan adanya kredit macet serta pelanggaran undang-undang mengenai pencucian uang.

Saat ini, seluruh bisnis Lippo Group di pimpin oleh James Riady. Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang, di antaranya properti, ritel, keuangan dan media. Dibidang properti meliputi kota satelit, perumahan, kondominium, perkantoran kelas A, pendidikan, pusat industri, pusat belanja, hotel, golf dan rumah sakit. Selain di Indonesia juga memiliki properti sejenis di Tiongkok dan Singapura.

Di bisnis eceran menguasai beberapa usaha seperti Matahari Putra Prima meliputi Foodmart, Matahari Dept. Store dan Hypermart serta eceran di produk kesehatan dan kecantikan.

Bisnis usaha di bidang media, telekomunikasi, teknologi informasi dan TV kabel. Jasa keuangan seperti perbankan, asuransi, dan lainnya dengan fokus di Asia.

Menurut majalah Forbes, kekayaan James Riady beserta keluarga ditaksir senilai 1,87 miliar dollar US atau sekitar 24,6 triliun rupiah dan masuk dalam jajarran 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2016.

Baca Juga : Profil Yongki Komaladi Pengusaha Sepatu Lokal

Selain berbisnis, James juga aktif dalam bidang sosial dengan tetap berdiri dibawah naungan bendera Lippo Group. Ia memiliki kemudian mendirikan sebuah pendidikan terpadu untuk menyalurkan minatnya di bidang sosial ini, melalui Sekolah Pelita Harapan (SPH).

Nama James Riady kembali mencuat dalam pembangunan “Meikarta” sebuah nama baru yang disematkan oleh CEO Lippo Group ini untuk megaproyek Kota Baru di Cikarang dengan total luas 500 hektare. Dengan nilai investasi mencapai Rp 200 triliun lebih.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil James Riady Bos Lippo Group. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.