Biografi dan Profil Lengkap Via Vallen – Ratu Pop Dangdut Koplo Indonesia

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Via Vallen – Maulidia Octavia atau yang lebih dikenal dengan nama Via Vallen merupakan seorang penyanyi yang berasal dari Jawa Timur. Via Vallen lahir di Surabaya, 1 Oktober 1990.

Via telah memulai karier di dunia tarik suara sejak berumur 15 tahun. Kemunculannya di dunia hiburan Indonesia sering dianggap mirip dengan Isyana Sarasvati karena kemiripan wajahnya. Via memiliki penggemar dari berbagai kota yang diberi nama Vyanisty dan diresmikan pada tanggal 24 September 2010. Via kini bersolo karier dengan keluarnya single pertama Via dengan judul ‘Selingkuh’ yang pada awal tahun 2015 dan semakin membuat Via banyak dikenal oleh pecinta musik di tanah air.

Profil Singkat Via Vallen

Nama lahir: Maulidia Octavia
Nama lain: Via Vallen
Lahir: 1 Oktober 1990, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Kebangsaan: Indonesia
Suku: Jawa
Orang Tua:
Ayah: Mohammad Arifin
Ibu: Rosida
Jenis musik: Dangdut, Koplo, Pop
Pekerjaan: Penyanyi, Musisi
Instrumen: Vokal
Tahun aktif: 2006–sekarang
Perusahaan rekaman: Ascada Musik Indonesia
Agama: Islam

Latar Belakang & Perjalanan Karier Via Vallen

Mulidia Octavia atau yang lebih dikenal dengan nama Via Vallen ini merupakan anak dari pasangan Mohammad Arifin dan Rosida yang lahir pada 1 Oktober 1990. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Via Vallen sering ikut mendampingi ayahnya yang juga seorang musisi dangdut. Ayahnya sering manggung di acara hajatan di kampung-kampung. Via sendiri mulai menyukai dangdut saat kelas 2 SMP.

Sejak itu, ia tidak hanya menemani ayahnya, namun juga ikut tampil bernyanyi di atas panggung. Bahkan ia sempat ganti beberapa grup Orkes Melayu di tempat ia dibesarkan di Sidoarjo dan Surabaya, Jawa Timur. Via juga sempat menjadi vokalis grup band pop.

Tapi, berkat bimbingan ayahnya, via kembali ke jalur dangdut. Dangdut yang dipilihnya pun disesuaikan dengan keinginan Via sendiri. Via memilih dangdut bergenre pop koplo. Dalam bernyanyi dengan genre musik pop koplo, Via mengaku memiliki misi agar anak muda mencintai musik dangdut.

Pembawaan lagu dangdut koplo ini ternyata mendapatkan tempat di hati penggemarnya. Via memiliki banyak fans yang menamakan dirinya sebagai Vyanisti, Vyanisti diresmikan secara langsung oleh Via Vallen pada 24 September 2010.

Berkat penggemarnya, secara perlahan perjalan karier Via mulai sukses. Pada tahun 2015, di bawah naungan label Ascada Musik, Via Vallen memulai debut awal sebagai pedangdut solo dengan merilis single Selingkuh. Lagu dengan genre koplo tersebut mengantarkan namanya mulai banyak dikenal orang. Bahkan, video klip resmi lagu Selingkuh yang diunggah di YouTube sudah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Kemudian, Via Vallen mulai muncul di stasiun televisi. Ia diundang sebagai bintang tamu, dan ia menjadi salah satu penyanyi yang ikut dalam tour Inbox SCTV ke beberapa kota di Indonesia. Sejak itu nama Via Vallen mulai dikenal sebagai Ratu Pop Dangdut Koplo. Di tahun 2017 ini, ia juga dinobatkan sebagai penyanyi dangdut Paling Ngetop dalam ajang SCTV Music Awards 2017.

Diskografi

Single

Selingkuh (2015)
Secawan Madu (2016)
Sakit Sakit Hatiku (2016)
Sayang (2017)
Baper (2017)
5 Centi (2017)
Lepas Tanpa Kata (2017)
Makan Di Luar (2017)
Peternak Luka (2017)
Jejakmu (2017)
Kimcil Kepolen (2016)
Oaoe (2017)
Tokyo Nganjuk (2017)
Kuburan Mantan (2017)
Lungset (2016)

Album

The Names (2016)
The best Via Vallen – The Rosta (2016)
The best Via Vallen samudra record (2017)
VIP (2016)
Sera best Via Vallen (2015)

Demikian artikel tentang”Biografi dan Profil Lengkap Via Vallen – Ratu Pop Dangdut Koplo Indonesia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.