Biografi dan Profil Lengkap Jack Dorsey – Penemu dan Pendiri Twitter

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Jack Dorsey – Jack Dorsey merupakan salah satu seorang pengembang web dan pengusaha Amerika Serikat yang dikenal sebagai Pencipta dan Pendiri Twitter dan juga pendiri dan CEO Square yaitu layanan pembayaran pada perangkat seluler. Jack Dorsey lahir pada 19 November 1976 di Missouri, A.S.

Profil Singkat Jack Dorsey

Nama: Jack Dorsey
Lahir: Missouri, A.S. , 19 November 1976
Orang Tua: Marcia Dorsey, Tim Dorsey
Almamater: Universitas New York
Pekerjaan: Pengembang web, pengusaha
Agama: Katolik
Kekayaan bersih: 2,8 miliar USD (2017)

Kehidupan awal Jack Dorsey

Jack Dorsey besar di St. Louis, Missouri. Dorsey dibesarkan sebagai penganut Katolik, paman Dorsey merupakan seorang pendeta di Cincinnati. Dorsey belajar di sekolah Katolik Bishop DuBourg High School, lalu melanjutkan ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri, dan kemudian pindah ke Universitas New York.

Di universitas tersebut, ide tentang pembuatan Twitter muncul. Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Pengerjaan proyek ini dimulai pada 21 Maret 2006, saat Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: “just setting up my twttr”.

Mendirikan Twitter

Ide sederhana yang ada dibenak Dorsey untuk mengubah cara berkomunikasi secara sosial ini muncul saat ia berusia 24 tahun. Sebuah ide tersebut akhirnya berubah menjadi sebagai Twitter yang kita kenal saat ini. Dorsey mendirikan Twitter ini bersama dengan dua orang temannya yaitu Biz Stone dan Evan Willliams.

Downey sudah menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 dan untuk menciptakan perangkat lunak open source aplikasi yang berhubungan dengan rute taksi dan kurir pengiriman.

Setelah kuliah di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada saat itu, pesan instan sungguh mulai luar biasa, dengan AOL Instant Messenger layanan yang sangat populer. Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya apakah ia bisa menggabungkan ide awalnya untuk menyediakan layanan pengiriman pesan status. “Bagaimana jika Anda dapat berbagi status Anda dengan semua teman-teman Anda benar-benar mudah, sehingga mereka tahu apa yang Anda lakukan, tapi Anda tidak ingin harus menulis seluruh blog entry atau Live Journal entry?”

Seiring berjalannya waktu dan Jack sedang sibuk bekerja pada suatu solusi pengiriman berbasis web, ia menganggap apakah pesan teks SMS dapat dimasukkan ke dalam konsep pesan status interaktif. Selanjutnya, Evan Williams yaitu seorang mantan eksekutif Google, menyediakan dana investasi dan bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal tahun 2006 mereka sudah siap, namun tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran yang aktif.

Pada Agustus 2006, twitter diluncurkan. Twitter merupakan layanan microblogging yang berbeda dengan layanan blog seperti Blogger, WordPress dan Multiply, Twitter memiliki batasan 140 karakter per post, Untuk itu Twiter dinamakan microblogging. Jika aktifitas menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian pula dengan aktifitas yang dilakukan oleh para pengguna Twitter.

Pada tahun 2008, Jack Dorsey dinobatkan oleh MIT Technology Review TR35 sebagai salah satu dari 35 inovator paling bersinar di dunia yang berusia di bawah 35 tahun. Selain itu, pada tahun 2012, Dorsey dianugerahi penghargaan “Innovator of the Year Award” oleh The Wall Street Journal.

Demikian artikel tentang”Biografi dan Profil Lengkap Jack Dorsey – Penemu dan Pendiri Twitter“, semoga bermanfaat