Biografi dan Profil Lengkap Bill Gates, Pendiri Microsoft

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Bill Gates, Pendiri Microsoft dan Orang Terkaya di Dunia Berturut-turut

InfoBiografi.Com – Bill Gates merupakan seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebgai ketua Microsoft,perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Bill Gates menempati peringkat pertama orang terkaya di dunia sejak tahun 1995-2009, namun pada tahun 2008 ia turun ke peringkat ke tiga dan tahun 2009 ia kembali berada diperingkat pertama. Simak biografi dan profil lengkap dari Bill Gates berikut ini.

Biografi singkat

Nama : William Henry Gates III
Lahir : 28 Oktober 1955
Tempat lahir : Medina, Washington, Amerika Serikat
Kebangsaan : Amerika Serikat
Almamater : Universitas Harvard
Pasangan : Melinda Gates

Biografi dan Profil Lengkap Bill Gates

Bill Gates memiliki nama lengkap William Henry Gates III yang merupakan anak kedua dari tida suadara pasangan dari Wiliam Henry Gates dan Mary Maxwell. Ayahnya merupakan seorang pengacara perusahaan yang memiliki banyak relasi di kota sedangkan ibunya adalah seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill Gates merupakan seorang anak yang cerdas, namun karena ia terlalu penuh semangat ia cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Hingga saat ia masih berumur 11 tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School yang merupakan sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Disekolah itulah ia pertama kali berkenalan dengan komputer yaitu sekitar tahun 1968. Yang saat ini sistem komputer masih dalam bentuk teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Karena kecerdasan yang ia miliki, ia dapat dengan cepat menguasai sebuah bahasa pemograman BASIC. Bersama para hacker ia belajar secara otodidak di Lakeside, bahkan ia melewatkan waktu berjam-jam untuk menulis progam, melakukan permainan dan secara umum lebih banyak mempelajari tentang komputer. Hingga salah seorang guru memberikan julukan Seorang eksentrik kepada Bill Gates.

Pada tahun 1975, Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambrige. Di Harvard ia kembali bertemu dengan Paul Allen yang merupakan teman waktu bersekolah bersama-sama. Bersama Paull Allen, mereka terus mengembangkan talentanya dalam bidang pemograman komputer. Hal tersebut pula yang membuat Bill Gates memutuskan keluar (Drop Out) dari Universitas nya untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.

Berdirinya Microsoft

Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen dan pada musim panas sekitar tahun 1974 ia bergabung dengan Paul di Honeywell. Sedangkan pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 di luncurkan, saat itu Gates dan Paul melihat proses peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Mereka lalu membicarakan keputusan ini kepada orang tua, dan orang tua mereka sangat mendukung setelah melihat antusiasme Gates untuk mendirikan perusahaan.

Mereka berdua menamai kemitraan mereka “Micro-Soft” dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerwue, namun pada tahun berikutnya yaitu pada tanggal 26 November 1976, mereka menghilangkan tanda hubung dan diganti dengan nama “Microsoft”. Nama Microsoft didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico, dan Gates tidak pernah kembali ke Harvard untuk menyelesaikan studinya.

Pada tahun 1985, Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Microsoft Windows, dan pada bulan Agustus di tahun yang sama, perusahaan Gates mencapai persetujuan dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi etrpisah bernama OS/2. Meskipun pengembangan versi pertama sistem ini berhasil, namun perbedaan kreativitas merusak kerjasama selanjutnya. Pada tanggal 16 Mei 1992, Bill Gates mengeluarkan Memo Internal yang megumumkan bahwa kerjasama OS/2 telah berakhir dan Microsoft mengalihkan operasinya ke pengembangan kernel Windows NT.

Dengan usaha keras yang dilaluinya, perusahaan yang ia dirikan dengan nama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates menjadi seorang jutawan. Pada tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran Dunia.

Namun Bill Gates memiliki reputasi yang tidak baik dalam karirnya, bahkan ia beberapa kali melakukan kesalahan dalm bisnis perangkat lunaknya. Pada tahun 1990 ia mendapatkan tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan bahwa Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Pada tahun 1999, ia kembali bermasalah dengan hukum tentang hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat.

Pada tahun 2000, ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali menjalankan profesi lamanya yaitu sebagai kepala pengembangan perangkan lunak di Perusahaannya sendiri, yaitu Microsoft Corp.

Namun pada tahun 2008, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan ia memilih untuk berkonsentrasi pada kerja dermawanan di yayasan sosial yang didirikannya, Yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation

Kehidupan Pribadi Bill Gates

Bill Gates menikah pada tahun 1994 dengan Melinda French dan mereka memiliki tiga orang anak yaitu Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Mereka memiliki rumah keluarga yang merupakan sebuah rumah bawah tanah pada sebuah bukit yang menghadap Lake Washington di Medina. Menurut catatan publik King County, pada 2006 nilai total properti (tanah dan rumah) keluarga Gates adalah $125 juta, dan pajak properti setiap tahunnya sebesar $991.000.

Rumah seluas 66,000 sq ft (6,100 m2) ini memiliki kolam renang seluas 60-foot (18 m) dengan sistem musik bawah air, serta gimnasium seluas 2,500 sq ft (230 m2) dan ruang makan seluas 1,000 sq ft (93 m2).

Bersama dengan istrinya, mereka mendirikan Bill & Melinda Foundation, yang merupakan yayasan Sosial yang memperhatikan penderita AIDS, beasiswa bagi Universitas dan kepedulian pada dunia ketiga.

Kekayaan Bill Gates

Pada tahun 1999, sebuah koran Washington Post menulis bahwa “Gates menyatakan bahwa ia telah memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal tersebut tidak heran karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia secara berturut-turut dari tahun 1996-2009 dengan jumlah $90 Milyar.

Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun.

Untuk mencapai sebuah kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat. Usaha yang keras dan sikap pantang menyerah akan membuahkan hasil yang dapat dinikmati.

Demikian artikel kali ini tentang Biografi dan Profil Lengkap Bill Gates yang dapat disampaikan, semoga artikel ini memberikan sebuah semangat untuk terus berusaha dan berjuang.