Profil Adamas Belva Syah Devara – CEO Ruangguru & Staf Khusus Presiden Jokowi

2 min read

Profil Adamas Belva Syah Devara – Adamas Belva Syah Devara adalah CEO Ruangguru yang kini ditunjuk sebagai salah satu dari tujuh staff khusus presiden Joko Widodo dari kalangan milenial untuk membantu tugas presiden sebagai staf khusus.

Adamas Belva Syah Devara menjadi milenial pertama yang diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai staff milenial di Istana Merdeka pada 21 November 2019.

“Pertama saudara Adamas Belva Syah Devara, umur 29 tahun, S2 ganda lulusan Harvard University dan Stanford University di Amerika Serikat,” Kata Presiden.

Baca Juga : Profil Angkie Yudistia

Adamas Belva Syah Devara atau biasa disapa Belva, adalah pemuda berusia 29 tahun lulusan Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, dan Harvard university yang kini menjabat sebagai CEO Ruangguru.

Mengenal lebih dekat dengan Adamas Belva Syah Devara CEO Ruangguru.

Profil Adamas Belva Syah Devara

Adamas Belva Syah Devara bukan terlahir dari keluarga berada dengan tingkat ekonomi tinggi. Ia lahir sebagai sulung dari 3 bersaudara dari pasangan Tri Harsono dan Murni Hercahyani yang berprfesi sebagai pegawai negeri sipil.

Lulus dari SD Tunas Jaka Sampurna, Belva lalu melanjutnya pendidikan menengah pertama di SMP Al Azhar 4 dan SMA Presiden yang ia tempuh dengan beasiswa sepenuhnya berkat prestasinya.

Selanjutnya Belva menyelesaikan sarjana di NTU, dan lalu melanjutkan pendidikan magister di dua Stanford University, dan Harvard university.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Amerika Serikat, pada tahun 2016 Belva memutuskan untuk kembali ke tanah air untuk fokus membesarkan Ruangguru yang sebelumnya telah dikelola oleh Iman Usman.

Baca Juga : Profil Lengkap Wishnutama 

Dibawah komandonya, Ruangguru berkembang pesat hingga lima kali lipat. Yang awalnya hanya platform pendidikan kecil, kini Ruangguru menjadi startup teknologi edukasi terbesar di Indonesia, yang saat ini menjangkau lebih dari 15 juta siswa di seluruh Indonesia dan 300.000 guru.

Di Ruangguru tidak hanya sebatas bimbel untuk pelajar SD-SMP-SMA, namun juga persiapan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan seleksi STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

Selain itu, disediakan juga layanan belajar online dan offline, serta mengkombinasikan belajar secara tatap muka dengan guru private dan online melalui aplikasi ruangguru.

Belva sendiri pernah diundang oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, yang dihadiri 19 menteri guna memberikan pandangan dalam menghadapi perubahan teknologi yang sangat cepat di dunia pendidikan.

Ditahun 2017, Ruangguru pernah mendapat kucuran pendanaan seri B senilai S$7 miliar dari lembaga investasi Bank UOB, dan tahun 2018 mendapatkan pendanaan hibah dari program MIT Solve yang ditujukan untuk program Ruangguru Digital Bootcamp.

Aplikasi Ruangguru menjadi aplikasi belajar terpopuler 2018 berdasarkan Google Play User’s Choice Award 2018 dan memperoleh rating tertinggi untuk aplikasi belajar di Indonesia, dengan rating 4.7/5.

Belva dan Iman Usman mendapatkan penghargaan sebagai pemuda di bawah usia 30 tahun tersukses dalam bidang consumer technology versi majalah Forbes Asia. Selain itu ada pula penghargaan Under 40 The Vanguards 2018 dari majalah Prestige, ASEAN 40 Under 40 oleh ASEAN Advisory 2018, Atlassian Foundation MIT SOLVE Grantee 2017, Australian DFAT MIT SOLVE Grantee 2017, dan GSMA Innovation Fund Grantee 2017.

Baca Juga : Profil Lengkap Rosianna Silalahi

Staf Khusus Presiden

Belva juga mengaku proses komunikasinya dengan Presiden Jokowi untuk menjadi stafsus sudah cukup lama.

“Proses panjang, saya dengan Bapak Presiden sudah sering berdiskusi mengenai sektor pendidikan. Saya pernah diundang rapat terbatas di Istana Bogor pada 2017, jadi sudah 2 tahun yang lalu dan sempat bertemu di kesempatan yang lain di ITB, acara Kemendikbud, jadi memang prosesnya panjang. Menurut saya ini kesempatan untuk belajar dari beliau dan berkontribusi di sektor kami masing-masing,” ujar Belva.

Belva mengaku sebelumnya tidak pernah terbayang menjadi salah satu stafsus. Ia berterima kasih dan mengapresiasi hal ini, karena tidak terbayangkan di pemerintahan sebelumnya dan di negara lain, anak-anak muda bisa masuk ke Istana.

Baca Juga : Profil Angkie Yudistia

Usai ditunjuk Presiden untuk menjadi staf khusus, Belva langsung menyatakan siap menjawab kepercayaan presiden dengan memberikan yang terbaik atas tugas-tugas yang diamanahkan Presiden kepadanya.

“Saya berkomitmen untuk dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.” Ucap Belva.

Tidak hanya Belva, ada 6 kalangan milenial lainnya yang turut serta ditunjuk Presiden untuk menjadi Staf Khusus.

Belva bersama Angkie Yudistia (CEO Thisable Enterpise), Putri Indahsari Tanjung (CEO CreativePreneur Event) , Ayu Kartika Dewi (Perumus Gerakan Sabang Merauke), Gracia Billy Yosaphat Membrasar (Pemuda asal Papua peraih beasiswa kuliah di Oxford), dan Andi Taufan Garuda Putra (Pendiri Amartha) Aminuddin Ma’ruf (mantan Ketua PMII) akan membantu Jokowi sebagai staf khusus.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Adamas Belva Syah Devara. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.