Profil dr. Zaidul Akbar – Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) dan Ketua Asosiasi Bekam Indonesia

2 min read

Profil dr. Zaidul Akbar – Sebelumnya dr. Zaidul Akbar merupakan seorang dokter umum di sebuah rumah sakit di Balikpapan dan Jakarta. Hingga akhirnya ia mengalami kegelisahaan dalam dirinya mengenai perkembangan pembangunan rumah sakit, adanya teknologi pengobatan terbaru yang tidak semuanya menjadi kabar baik serta semakin banyaknya jumlah pasien yang membutuhkan pertolongan. Selain itu juga karena kehalalan obat.

Karena hal tersebutlah ia memutuskan untuk beralih ke pengobatan islam dengan mempelajari kesehatan Islam. Menurutnya semakin bagus badan seseorang muslim maka akan semakin bagus juga kekuatannya untuk melaksanakan amal ibadah.

“Sejak sekitar 7-8 tahun lalu saat saya masih praktik sebagai dokter umum sempat mikir apa Islam nggak punya konsep untuk kesehatan yang mudah dan murah, atau gratis bahkan. Karena rasanya pasien ini nggak habis-habis, malah semakin banyak,” ungkap dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Profil dan Biografi Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA.

Karena itulah ia mulai belajar, berkonsultasi dan membaca literatur barat maupun Arab, Indonesia dan negara lain. Hingga ia dapat menyimpulkan bahwa saat ini dunia kesehatan justru lebih banyak dikuasi dan berkiblat barat. Hingga akhirnya jalan panjang dr. Zaidul Akbar dalam mempelajari pengobatan ala Islami membawanya hingga menjadi Ketua Asosiasi Bekam Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya simak Profil dr. Zaidul Akbar dibawah ini.

Profil dr. Zaidul Akbar

dr. Zaidul Akbar lahir 30 november 1977. Saat ini ia sedang menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Bekam Indonesia (ABI), Pengurus Pusat Asosiasi Pengobat Tradisional Indonesia (ASPETRI), Dokter Herbal dan Konsultan Thibbun Nabawi Nasional.

dr. Zaidul Akbar merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) dengan mengambil Dokter Umum angkatan 1997 jadi lulus tahun 2003.

Sebelum hijrah menjadi Dokter ‘Islami’, ia juga pernah menjadi dokter umum di sebuah rumah sakit di Balikpapan dan Jakarta. Hingga akhirnya Zaidul Akbar hijrah dari seorang dokter umum ke dokter pengobatan islami khusus pengobatan herbal dan bekam.

dr. Zaidul Akbar menegaskan bahwa tubuh manusia adalah anugerah Allah yang tidak bisa diciptakan oleh Manusia. Sehingga ia yakin bahwa Produk Allah lah obat yang paling baik bagi tubuh manusia. Sebagai seorang dokter yang memang banyak mempelajari dunia kesehatan, dr Zaidul banyak belajar dari berbagai referensi akan pengobatan Islami.

Baca Juga : Profil Ustadz Abdul Somad, Lc., M.A.

Hingga akhirnya dr. Zaidul Akbar menulis sebuah buku Jurus Sehat Rasulullah yang laris di pasaran.

“Kita melihat bagaimana Allah menjelaskan bagaimana fenomena alam, dari malam, siang dan tumbuh-tumbuhan beraneka ragam, intinya kita belajar obat-obatan. Dan obat-obatan itu pada akhirnya berasal dari kunyit, tomat yang mudah sekali didapat dan sesuai dengan kebutuhan kita,” tegasnya.

“Sebenarnya yang saya sampaikan (jurus sehat rasulullah, red) gitu-gitu aja, kunyit, rimpang-rimpangan, jeruk nipis, asem jawa, tinggal bagaimana kita mengkombinasikan seperti apa yang disampaikan Alquran. Seperti saat kita makan tempe, blender dengan kurma itu kombinasi antara prebiotik dan probiotik. Jadi, tempe itu probiotik dan kurma itu prebiotic. Dan itu ketika kita menggabungkan itu efeknya ke badan sangat luar biasa,” paparnya.

“Kalau lagi makan, mulailah berfikir makanan ini bisa jadi masalah ke badan atau bisa jadi manfaat buat badan kita. Kalau kita sudah mikir kaya begitu, kita akan hati-hati dalam makan,” tuturnya.

dr. Zaidul juga menegaskan bahwa makanan adalah obat. Menurutnya, semua jenis bumbu itu obat baik kayumanis, cengkeh, jahe dan lain sebagainya. Hal tersebut sebaiknya menjadi peluang tersendiri dalam dunia usaha.

Setelah tidak lagi menjadi dokter umum di rumah sakit, dr.Zaidul Akbar aktif sebagai Pembicara Seminar dan Workshop Kesehatan Islami Alami di seluruh Indonesia dan Internasional.

Ia juga menjabat Pembina Komunitas Sehat Islami , Penasihat dan Dosen Institut Thibbun Nabawi Indonesia serta sebagai Inspirator Sehat Indonesia melalui sosial media, majalah, TV, dan lain-lain. Pendiri dan pemilik www.supermarkethalal.com.

Baca Juga : Profil Gus Miftah – Pendakwah Kaum Marjinal

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil dr. Zaidul Akbar – Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR). Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.