Profil Ida Fauziah – Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Indonesia Maju

Posted on

Infobiografi.Com Ida Fauziah merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang masuk dalam jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Ia ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2014. Ia menggantikan posisi Hanif Dhakiri yang sebelumnya menduduki posisi menteri ketenagakerjaan pada masa pemerintahan Jokowi jilid pertama.

Ida Fauziah memiliki latar belakang sebagai politikus sejak 1999 ia telah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia juga pernah berpasangan dengan Sudirman Said di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Namun, dia gagal setelah kalah suara dari pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin.

Baca Juga : Profil Pratikno – Menteri Sekretaris Negara

Mengenal lebih dekat Ida Fauziah dengan mengetahui proil lengkapnya.

Profil Ida Fauziah

Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. atau lebih dikenal Ida Fauziah lahir di Mojokerto, 16 Juli 1969. Ia menyelesaikan pendidikan di SMP Islam Walisongo 1 (Kedung maling), lalu menengah atas di MAN Tambak Beras Jombang 1989, selanjutya ia berkuliah di S 1 IAIN Sunan Ampel Surabaya 1993 dan Universitas Satyagama Ilmu Pemerintahan.

Ida Fauziah mengawali karir politiknya sejak 1999 hingga 2019 sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Lebih detailnya, Ida sempat menjadi Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) dan Wakil Ketua Komisi II di sektor otonomi daerah dan pertanahan pada periode 2009 sampai 2012.

Baca Juga : Profil Airlangga Hartarto – Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Pada 2012-2014, ia menjabat sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI untuk menangani Departemen Agama, Departemen Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan Zakat.

Ida Fauziah juga pernah ditempatkan di Badan Anggaran (Banggar) dan Komisi I yang ditugaskan di sektor pertahanan, intelijen, komunikasi, dan informatika pada 2014 hingga akhir September 2019.

Ia juga pernah mewakili Jawa Timur untuk daerah Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kota Madiun, dan Kota Mojokerto selama duduk di parlemen.

Sebelum berkarir di dunia politik menjadi anggota DPR, Ida Fauziah sempat menjadi seorang guru di MAPK, Jombang selama 1994 hingga 1999 silam. Ia juga pernah mengajar di SMA Khadijah, Surabaya pada 1997 sampai 1999.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziah dipercayai Jokowi untuk menjadi menteri ketenagakerjaan di Kabinet Indonesia Maju. Ida menyebutkan dirinya dihubungi oleh pihak istana pada 21 Oktober 2019. Ia mengaku diajukan oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, mewakili partai tersebut untuk berpartisipasi membantu Presiden Jokowi.

Baca Juga : Profil Dokter Terawan – Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Ida Fauziah – Menteri Ketenagakerjaan . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.