Profil Angela Tanoesoedibjo – Wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju

1 min read

Profil Angela Tanoesoedibjo – Angela Herliani Tanoesoedibjo merupakan putri sulung Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo yang saat ini menjabat sebagai wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju.

Angela merupakan pengusaha muda dibidang media dan juga terjun ke dunia politik dengan maju sebagai caleg Perindo pada pemilihan umum legislatif Indonesia 2019 dengan Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo.

Angela menjabat sebagai komisaris Media Nusantara Citra dan wakil direktur televisi RCTI dan GTV. Dan saat ini ia menjabat sebagai Wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif mendampingi Wisnutama yang saat ini menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju.

Mengenal lebih dekat Angela Tanoesoedibjo dengan mengetahui profilnya secara lengkap.

Baca Juga: Profil Wishnutama – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Profil Angela Tanoesoedibjo

Angela merupakan putri sulung pasangan pengusaha media dan politisi Hary Tanoesoedibjo serta Liliana Tanaja Tanoesoedibjo, dengan nama lengkap Angela Herliani Tanoesoedibjo, kelahiran Ottawa, 23 April 1987.

Angela merupakan lulusan University of Technology Sydney, Australia dan Universitas New South Wales. Sebelum lulus, tepatnya pada 2008, ia menjadi salah satu pencetus dan Editor in Chief di HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.

Pada tahun 2010, setelah lulus kuliah, Angela menjabat sebagai staf keuangan pada 2010 di MNC Group untuk pertama kali. Pada 2012, ia didaulat menjadi Co-Managing Director di MNC Channel.

Pada 12 Desember 2014, Angela mengikat janji suci pernikahan dengan pengusaha Michael Dharmajaya, dan mereka dikaruniai dua buah hati yakni Theodore Maximilian Dharmajaya dan Madeline Dharmajaya.

Baca Juga : Profil Angkie Yudistia – Staff Khusus Presiden Jokowi

Perjalanan Karir Angela Tanoesoedibjo

Awal karir Angela dimulai saat masih berkuliah. Ia pendiri dan sempat menjadi majalah Editor in Chief dari HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.

Pada tahun 2008, ia menjabat sebagai Director PT MNI Entertainment.

Pada tahun 2010, ia sempat menjadi Corporate Finance & Business Development Associate PT Media Nusantara Citra, TBK

Kemudian menjadi Direktur PT Megah Group pada tahun 2013. Ia juga dipercaya menjadi Co-Head Vice President MNC Channel.

Pada tahun 2014 ia menjabat Managing Director PT Global Informasi Bermutu yang membawahi televisi Global TV.

Setelah itu, Angela menjadi Director PT Media Nusantara Citra, Tbk pada tahun 2016.

Angela juga berhasil meningkatkan pamor Global TV dnegan beberapa program cetusannya seperti Bedah Rumah dan Uang Kaget.

Lalu pada 2018, ia mengubah branding Global TV menjadi GTV.

Pada tahun yang sama, anggela menjabat sebagai Managing Director PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).

Berdasarkan informasi, Angela juga merupakan Komisaris PT MNC Investama Tbk.

Pada pemilu 2019 lalu, Angela Tanoesoedibjo mencoba peruntungannya di dunia politik dengan maju sebagai caleg di Pileg 2019 dari Perindo Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Namun langkahnya harus berhenti karena Angela hanya meraup 30.707 suara.

Sementara itu, dalam struktur pengurus Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo menduduki posisi wakil sekretaris jenderal.

Baca Juga : Profil Putri Indahsari Tanjung –Staff Khusus Presiden Jokowi

Dan saat ini, ia ditunjuk sebagai Wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif mendampingi Wisnutama yang menjabat sebagai Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju.

Setelah menjabat Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela mengatakan akan berhenti dari jabatan di perusahaan,

“Tentunya menurut ketentuan yang berlaku, saya akan mundur dari semua jabatan di MNC Grup dan partai politik,” kata Angela di Istana Negara usai bertemu Jokowi.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Angela Tanoesoedibjo – Wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.