biografi top ittipat

Biografi dan Profil Lengkap Top Ittipat – Milyuner Muda Asal Thailand

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Top Ittipat Pengusaha Rumput Laut dan Seorang Milyuner Muda Asal Thailand 

InfoBiografi.Com – Anda pernah menlihat film TOP Secret? Film Thailand yang menceritakan kisah nyata dari Top ittipat, pengusaha snakc rumput laut? Jika belum, mungkin anda pernah melihat atau mengkomsumsi snack yang membuatnya menjadi seorang Milyader muda. Tao Kae Noi, merupakan nama produk dari Top Ittipat. Snack Tao Kae Noi ini sudah dipasarkan di wilayah Asia Pasifik dan memegam 70% saham snack di Thailand. Untuk mengenal lebih dekat dengan pemilik Tao Kae Noi berikut ini merupakan biografi dari Milyader muda , simak ulasannya.

Biografi Top Ittipat

Top Ittipat merupakan seorang pengusaha muda asal Thailand yang berhasil menjadi seorang milayader pada usia 26 tahun. Top ittipat lahir pada tahun 1984 di Thailand, top memiliki nama lengkap Top Aitthipat Kulapongvanich, ia berasal darikeluarga yang biasa saja dan ia tidak terlalu memikirkan masa depanm ia merasa tidak ada yang begitu spesial pada dirinya sampai Tuhan benar-benar mengujinya.

Profil Top Ittipat

Top ittipat adalah anak yang suka membolos sekolah, seperti anak muda pada umunya saat usianya 16 tahun ia kecanduan game online yang membuatnya menelantarkan sekolahnya. Pada tahun 1997 keluarganya mengalami krisis finansial, walaupun begitu ia tetap dapat hidup dengan baik melalui penjualan barang dan harta di hame online yang dimainkannya. Melalui penjualannya, ia mendapatkan sekitar 400 ribu baht atau sekitar 130 juta rupiah perbulan. Dengan penghasilan yang ia miliki membuatnya tidak perlu meminta uang saki dari keluarganya.

Bisnis Game Online

Dari bisnis game online yang dijalaninya, Top dapat membeli mobi seharga 200 juta dan menjaga keadaan finansialnya. Namun, karena bisnisnya merupakan bisnis ilegal maka rekening game online Top ditutup oleh bank, hal ini semakin memperburuk keadaan yang sedang dialami keluarganya yang terus menurun.

Pada tahun 2002 keluarganya mengalami kebangkrutan dan memiliki hutan 40 juta Baht atau sekitar 13 milyar rupiah. Ia tidak bisa lagi untuk tidak terkait dalam masalah ini. Karena hal ini pula, ia harus keluar sekolah dan masuk ke dunia bisnis entrepreneur untuk dapat membayar hutang keluarga dan memperbaiki keadaan finansial keluarganya.

Perjalanan Bisnis Top Ittipat

Dari sisa uang yang ia miliki dari penjualan game online, ia mencoba untuk mendirikan usaha DVD Player, tetapi Top ditipu sebab DVD Playernya ternyata barang palsu dan uangnya tidak dapat dikembalikan lagi. Top berusaha untuk mencari pinjaman uang ke bank untuk dapat memulai bisnis barunya. Namun pihak bank tidak begitu menyetujuinya. Di titik inilah Top menyadari kesalahannya, karena ia telah melalaikan sekolah dan pelajaran. Dari sinilah Top mulai bersentuhan dengan kerasnya dunia bisnis. Hutang yang melilit usaha keluarganya semakin memperburuk keadaan,di tambahlagi rumah mereka disita oleh bank. Ditengah himpitan inilah Top tetap berkeras hati.

Hingga suatu ketika saat Top sedang berjalan-jalan kesebuah pameran dan merihat sebuah alat untuk menggorang kacang, kemudian ia berpikir untuk berjualan kacang. Top lalu menyewa alat tersebut dengan harga 10.000 bath perbulan. Kemudian Top membuka toko kacang di Mall bersama Pamannya. Untuk membuka toko kacang, perjuangan Top dimulai dari bertanya kepada penjual-penjual kacang untuk mendapatkan rasa kacang yang enak. Walaupun ia berhasil membuat kacang yang enak, dagangannya tetap tidak laku.

Top sedikit meras frustasi dan mencoba melakukan beberapa cara agar dagangannya laku. Hingga suatu ketika Top berjalan ke sebuah pasar tradisional dan mendapatkan inspirasi seperti memberikan diskon dan lokasi yang tepat untuk menentukan pasar bisnis.

Hingga kemudian Top meminta pindah ke bagian depan Mall dan terlihat bahwa kacang jualannya semakin laku keras, hingga kemudian Top membukan beberapa cabang. Namun, saat Top mulai melakukan ekspansi bisnis chesnut-nya secara besar-besaran, timbul maslah baru yaitu mesin penggorngan kacang yang digunakan menimbulkan asap dan mengotori atap Mall, sehingga ia harus menutup dagangannya dan pihak Mall membatalkan kontrak kedainya.

Dititik inilah Top hampir putus asa, Orang tuanya memutuskan untuk pergi ke China, namun Top bersikeras untuk ebrtahan di Thailan dan melanjutkan usahanya. Dari bisnis berjualan kacang, ia beralih mencoab untuk membuka bisnis rumput laut yang terinspirasi dari cemilan kesukaan kekasihnya yang kekasihnya berikan untuk Top.

Bisnis Rumput Laut

Dari inspirasinya itu, ia mulai membuat rumput laut goreng dan membeli beberapa rumput laut. Namun percobaannya gagal, karena rumput lautnya basi dalam waktu 1 minggu. Top mulai bertanya-tanya dengan mendatangi professor dibidang pangan untuk membantunya menyelesaikan masalah ini. Professor tersebut membantu Top agar makanan yang dibuatnya tidak mudah basi dengan membuat vakum kemasan dan mengganti dengan nitrogen. Masalah berikutnya adalah Top tidak bisa membuat rumput laut yang enak, karena setelah di goreng rasanya pahit. Hingga ia bersama pamannya menghabiskan lebih dari 100 ribu bath utnuk uji coba rumput laut tapi tetap gagal, hingga semua rumput lautnya habis.

Dalam tekanan yang begitu hebat, Top tetap berusaha mencari tahu tentang strategi-strategi penjualan. Ia bahkan rela belajar langsung dari pasar dengan ebrtanya langsung kepada pedagang. Hingga inspirasi datang ektika ia berbelanja disalah satu minimarket , 7-eleven. Lalu ia menerapkan metode yang pernah diajarkan ketika di tempat kursus yang dahulu di pilihkan ayahnya untuknya. Yaitu metode ekspansi penjualan ke berbagai negara, namun usahanya tidak berjalan dengan mudah. 7-eleven memberikan standart tinggi yang harus dipenuhi supaya produk Top bisa masuk pasaran.

Top hampir saja putus asa dan memutuskan untuk berangkat ke Cina, namun sebelum itu terjadi Top masih terus melakukan usaha terkahirnya demi memenuhi syarat yang diberikan oleh 7-eleven, dan akhirnya upaya terakhirnya tidak sia-sia. Kesulitan yang ia alami yaitu mulai dari membuat inivasi untuk kemasan dan produknya hingga Top diharuskan memiliki pabrik untuk memproduksi dalam jumlah besar.

Hasil Usaha Top Ittipat

Dengan usaha susah payah Top dapat memenuhi syarat dari 7-eleven. Ia mengubah kantor kecil yang dimiliki oleh orangtuanya menjadi sebuah pabrik kecil. Dengan hal ini Top berhasil memenuhi syarat ketentuan serta memenuhi ruota yang ditetapkan oleh 7-eleven. 2 tahun kemudian Top berhasil membayar hutang keluarganya dan berhasil mengambil kembali rumah keluarganya.

Pada usia 26 tahun Top ittipat sudah memiliki 2500 karyawan dan mengirim ke 6000 cabang 7-eleven di seluruh dunia dan mengekspor cemilan rumput lautnya ke 27 negara termasuk di Indonesia. Hingga akhirnya Top telah memiliki lahan perkebunan rumput laut di Korea Selatan. Pendapatan yang dimiliki Top mencapai 1,5 miliar bath sekitar 450 miliar rupiah pertahun. Top ittipat membayar kesuksesannya dengan berkorban jiwa, raga, waktu, kesenangan jadi gamer, termasuk berkorban cinta terhadap kekasihnya.

Dari kisah perjalanan kesuksesannya, hingga kisah hidupnya diangkat kedalam film layar lebar berjudul Top Secret : The Billionaire yang mengisahkan bagaimana Top Ittipat berjuang jatuh bangun membangun usahanya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada tulisan kali ini tentang Biografi dan Profil Lengkap Top Ittipat seorang Milyuner Muda Asal Thailand, semoga informasi yang kami tulis dapat menjadi motivasi dan literatur yang bermanfaat.