Profil Sofyan Djalil – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kabinet Indonesia Maju

Posted on

Infobiografi.Com – Sofyan Djalil kembali dipercaya untuk membantu Presiden Jokowi dalam jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, Sofyan sempat menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di era Kabinet Indonesia Bersatu.

Tak sampai disitu saja, Sofyan juga sempat menjabat di tiga kementerian dalam Kabinet Kerja pada Pemerintahan Jokowi Periode 2014-2019. Pada 2014-2015 ia ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Pada 2015 ada perubahan atau Reshuffle dan ia dipindah menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas. Pada 2016, ia kembali dipindah kementerian dan dipercayai mengisi pos Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia (ATR) hingga 2019.

Baca Juga : Profil Basuki Hadimuljono – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Mengenal lebih dekat Sofyan Djalil, dengan mengetahui lebih lengkap profil lengkapnya berikut ini.

Profil dan Perjalanan Karir Sofyan Djalil

Sofyan Djalil atau lebih dikenal Sofyan merupakan pria kelahiran Aceh, 23 September 1953. Ia hidup dari keluarga sederhana, Ayahnya merupakan tukang cukur dan ibunya seorang guru mengaji. Saat kecil Sofyan Djalil kerap berjualan telur untuk menambah kebutuhan hidup. Meskipun demikian, Sofyan memiliki tekad belajar yang kuat.

Pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas ia selesaikan di kota kelahirannya. Sedangkan pendidikan tingkat tinggi di rampungkan di fakultas Hukum dan Bisnis di UI dan lulus pada tahun 1983.

Baca Juga : Profil Syahrul Yasin Limpo – Menteri Pertanian

Namun sebelumnya banyak kisah dalam perjalanan yang ia lalui sebelum melanjutkan kuliah di UI. Pada tahun 1976, saat berusia 23 tahun, Sofyan berangkat ke Jakarta untuk menghadiri kegiatan Muktamar Nasional Pelajar Islam Indonesia (PII). Sejak itu, ia memilih tetap tinggal di Jakarta.

Agar bisa bertahan, berbagai pekerjaan serabutan ia lakukan, mulai jadi kondektur metromini dan juga menjadi pengurus masjid Pusdiklat Kejaksaan Agung, Jakarta.

Sofyan juga tetap melanjutkan studinya. Ia harus pintar membagi waktu antara kuliah dan kerja. Seusai bekerja di pagi hari, ia melanjutkan kuliah sore di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, bidang studi hukum bisnis. Ia lulus pada tahun 1983 dengan gelar sarjana hukuk pada usia 30 tahun.

Setelah itu, Sofyan mengikuti lembaga kajian, dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk meraih gelar master dan doktor di Tufts University, Medford, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pada tahun 1993, ia sukses memperoleh gelar Doctor of Philosophy dalam bidang studi International Financial and Capital Market Lawstudi and Policy di Tufts University.

Baca Juga : Profil Dokter Terawan – Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju

Sebelum menjabar sebagai menteri, Sofyan pernah menduduki posisi penting seperti Komisaris, PT Perusahaan Listrik Negara (1999-Mei 2002), Staf Ahli Menteri Negara Pendayagunaan BUMN bidang Komunikasi dan Pengembangan SDM/Asisten Kepala Badan Pembina BUMN Bidang Komunikasi dan Pengembangan SDM (Juni 1998-Februari 2000), Tim mediasi perundingan pemerintah RI dan GAM di Helsinki, Finlandia, (2004-2005), dan Anggota Tim Pakar, Departemen Kehakiman dan HAM RI (2001-sekarang).

Sedangkan dalam dunia politik, tercatat Sofyan sudah tiga kali menjabat sebagai menteri. Jabatan pertama pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sofyan diangkat menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia ke-2 untuk masa jabatan 21 Oktober 2004 sampai 9 Mei 2007.

Jabatan kedua masih pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sofyan kembali dilantik menjadi Menteri Negara BUMN Indonesia ke-4 untuk masa jabatan 9 Mei 2007 sampai 22 Oktober 2009.

Pada masa pemerintahan Jokowi – JK, Sofyan kembali ditunjuk untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia di Kabinet Kerja Periode 2014-2019. Namun, ia hanya menjabat selama satu tahun dari 26 Oktober 2014 sampai 12 Agustus 2015 sebab selanjutnya ia digantikan oleh Darmin Nasution pada perombakan Kabinet Kerja. Sejak 12 Agustus 2015, Sofyan mulai menduduki posisi sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menggantikan Andrinof Chaniago.

Baca Juga : Profil Erick Thohir – Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju

Sofyan Djalil juga mendedikasikan hidupnya sebagai akademisi di berbagai universitas ternama di Indonesia. Mulai tahun 2001 sampai sekarang, dia tercatat sebagai dosen Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Kemudian sejak tahun 2000, dia telah mengajar di Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum UI. Bahkan sejak 1993 hingga saat ini ia masih menjadi dosen Fakultas Ekonomi dan Program Magister Manajemen UI.

Pada 27 Juli 2016, Sofyan Djalil kembali dilantik oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang. Dan pada periode II pemerintahan Presiden Jokowi kembali menunjuk Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Sofyan Djalil – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.