Profil Ruselli Hartawan – Pemain Bulutangkis Tunggal Putri Indonesia

1 min read

Profil Ruselli Hartawan – Ruselli Hartawan adalah pemain bulutangkis Indonesia yang merupakan anggota Klub Jaya Raya Jakarta, dan terpilih dalam tim nasional (timnas) bulutangkis Indonesia pada 2013.

Karir Ruselli semakin cemerlang setelah berhasil mengalahkan An Se Young (Korea Selatan) pada ajang Hong Kong Open 2019. An Se Young merupakan salah satu pebulutangkis muda paling disegani tahun ini.

Ruselli Hartawan berhasil melaju ke babak perempatfinal Hong Kong Open 2019 usai sukses mengandaskan An Se Young (Korea Selatan), pada 14 November 2019 di Hong Kong Coliseum. Ruselli berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan lewat straight games 21-18 & 21-19.

Baca Juga : Profil Anthony Sinisuka Ginting

Sebetulnya, Ruselli bukanlah pemain bulutangkis baru di sektor putri Indonesia. Ia sudah malang melintang di sejumlah turnamen bulutangkis. Hanya saja namanya tenggelam karena minimnya prestasi yang diraihnya.

Dimusim Sea Games 2019 di Filiphina, Ruselli berhasil masuk final melawan malaysia pada 09 Desember 2019.

Mengenal lebih dekat dengan Ruselli Hartawan pemain bulutangkis tunggal putri Indonesia.

Profil Lengkap Ruselli Hartawan

Nama lahir : Ruselli Hartawan
Kebangsaan : Indonesia
Lahir : DKI Jakarta, 27 Desember 1997
Tinggi : 160 cm
Berat : 57,5 kg

Ruselli Hartawan lahir pada 27 Desember 1997 di Jakarta. Ia merupakan anggota klub Jaya Raya Jakarta dan mulai masuk dalam Pelatnas PBSI pada 2013 lalu. Saat ini, RUselli menempati ranking ke-35 dunia.

Ruselli juga pernah ikut dalam tim Piala Uber Indonesia dan pencapaian tertinggi Ruselli yaitu menjuarai ajang International Chalenge Malaysia International tahun 2017 dan Singapore International 2017.

Baca Juga : Profil Jonatan Christie

Pada tahun 2019, Ruselli mengikuti ajang Hong Kong Open 2019. Diajang tersebut Ruselli berhasil mengalahkan An Se Young (Korea Selatan) pada ajang Hong Kong Open 2019. An Se Young merupakan salah satu pebulutangkis muda paling disegani tahun ini. Namun, ia gagal melanjutkan langkah ke babak semifinal Hong Kong Open 2019 saat betanding melawan pemain unggulan wakil Amerika Serikat, Zhang Beiwen.

Hasil ini sekaligus membuat Indonesia kehabisan wakil di nomor tunggal putri pada ajang Hong Kong Open 2019.

Sedangkan pada ajang SEA Games 2019 di Filipina, Ruselli berhasil lolos ke final bulutangkis perorangan SEA Games 2019.

Pada babak semifinal, Ruselli membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama asal Thailand, Pornpawee Chochuwong lewat pertarungan tiga gim dengan skor 21-16, 10-21, dan 21-18.

Dengan hasil tersebut, membuat Ruselli menjadi satu-satunya wakil tunggal putri yang maju ke babak empat besar setelah Gregoria Mariska Tunjung tersingkir di perempat final.

Baca Juga : Profil Ihsan Maulana Mustofa

Di ajang SEA Games 2019, Indonesia mengirimkan tiga wakil ke final bulu tangkis perorangan SEA Games 2019. Wakil pertama Indonesia di final SEA Games 2019 adalah ganda campuram Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti. Mereka akan menghadapi pasangan Malaysia, Vs Goh Soon Huat / Lai Shevon Jemie.

Tunggal putri Ruselli Hartawan juga akan menantang pemain Malaysia, Kisona Selvaduray. Wakil ketiga adalah ganda putri. Unggulan pertama Greysia Polii / Apriyani Rahayu bakal berhadapan dengan Chayanit Chaladchalam / Phataimas Muenwong dari Thailand.

Dari cabang bulu tangkis SEA Games 2019, Indonesia sudah merebut medali emas nomor beregu setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1.

Baca Juga : Profil Marcus Fernaldi Gideon

Itulah informasi tentang Profil Ruselli Hartawan, Karir dan Prestasi Sebagai Pemain Bola Profesional Dunia, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.