Profil Mahfud MD – Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju

Posted on

Profil Mahfud MD – Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD.,S.H. ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam pada Kabinet Indonesia Maju. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Dan saat ini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Profil Fachrul Razi – Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju

Mengenal lebih dekat Mahfud MD dengan mengetahui profil lengkapnya berikut.

Profil Mahfud MD

Mohammad Mahfud atau lebih dikenal Mahfud MD lahir pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadidjah. MD merupakan inisial yang berasal dari nama ayahnya, karena pada saat SMP ada dua anak yang memiliki nama Mahfud maka untuk membedakannya ditambahkan MD.

Pendidikan dasar Mahfud MD diselesaikan di dua jenis pendidikan, yaitu pendidikan agama dan umum. Pagi hari belajar umum di sekolah dasar dan sore harinya sekolah agama di Madrasah Ibtida’iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), SLTP 4 Tahun, Pamekasan Madura, dan Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), SLTA 3 Tahun.

Setelah itu, Mahfud MD melanjutkan pendidikan ke dua perguruan tinggi sekaligus, yaitu Jurusan Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Dengan nilai bagus yang diperoleh Mahfud memudahkannya mendapatkan beasiswa untuk membiayai kuliahnya.

Baca Juga: Profil Wishnutama – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Karir Mahfud MD

Ia berhasil lulus dengan gelar sarjana hukum pada usia 26 tahun, selanjutnya ia memulai kariernya sebagai dosen di kampus almamaternya UII.

Mahfud MD juga pernah menjadi Guru Besar bidang Politik Hukum pada tahun 2000, dalam usia yang terbilang masih muda yakni 43 tahun.

Karir Mahfud MD secara nasional terdengar saat ia dipilih menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada periode 2000-2001. Mahfud juga merangkap Menteri Kehakiman dan HAM di masa jabatan Abdurrahman Wahid.

Setelah tidak berkarir di eksekutif, Mahfud terjun ke dunia legislatif. Awalnya, ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), partai besutan Amien Rais, tapi akhirnya memilih mantap ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pertai yang didirikan oleh Abdurrahman Wahid.

Pada pemilu 2004, Mahfud terpilih sebagai anggota legislatif dari PKB untuk periode 2004-2009, namun jabatannya berakhir pada 2008, karea ia mengikuti uji kelayakan calon hakim konstitusi. Mahfud MD lolos dan terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2008-2013. Dilansir dari situs MK, Mahfud MD memiliki ketegasan, kelugasan, dan kejujuran saat memimpin Mahkamah Konstitusi semakin membawa harum namanya dan lembaga yudikatif.

Baca Juga : Profil Angela Tanoesoedibjo – Wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif

Pada Pilpres 2014, Mahfud MD menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Namun, paslon yang dia dukung kalah atas Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Meskipun menjadi bagian dari Tim lawan Jokowi di Pilpres 201 lalu, Mahfud MD tetap dipandang sebagai tokoh yang mumpuni, dan ia diangkat menjadi anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibentuk Presiden Jokowi.

Hingga pada pilpres 2019 lalu, sempat terdengat bahwa Mahfud MD dikait-kaitkan sebagai calon peserta Pilpres 2019. Mahfud MD sempat digadang-gadang akan menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Hingga akhirnya Ma’ruf Amin yang menjadi cawapres mendampingi Jokowi.

Dan pada saat ini Mahfud MD ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Hal ini menjadikan Mahfud Menko Polhukam pertama yang berasal dari sipil.

Berdasarkan pengakuannya, Mahfud mengetahui dirinya ditunjuk sebagai menteri setelah dikirimi ucapan selamat oleh AM Hendropriyono.

“Saya baru sadar juga tadi malem pak AM Hendropriyono kirim pesan ke sana, (isinya) selamat atas adinda telah diangkat sebagai Menko Polhukam sipil murni pertama sepanjang sejarah Republik. Saya baru tahu itu kok saya orang sipil pertama,” ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu yakin akan cepat beradaptasi dengan cara kerja Menko Polhukum. Khususnya, soal mengkoordinasikan penegakan hukum sehingga tak mengecewakan masyarakat.

Baca Juga : Profil Adamas Belva Syah Devara – CEO Ruangguru

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Fachrul Razi – Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.