Info Biografi

Situs Terlengkap Kumpulan Artikel Biografi Tokoh Terkenal Dunia, Artis dan Orang Berpengaruh Dalam Sejarah Dunia.

InfoBiografi.Com – Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju telah diselenggarakan pada 23 Oktober 2019 lalu, di Istana Merdeka Jakarta. Salah satu jajaran Menteri yang dipilih Presiden Jokowi yaitu Arifin Tasrif resmi sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk lima tahun ke depan menggantikan Ignasius Jonan.

Sebelumnya, Arifin Tasrif menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang sejak 2017, di usia 66 tahun. Sebelum menjadi Dubes, Ia lama berkarier sebagai direksi di beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca Juga : Profil Airlangga Hartarto – Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Mengenal lebih dekat Arifin Tasrif dengan mengetahui profil lengkapnya berikut ini.

Profil Arifin Tasrif

Arifin Tasrif, merupakan pria kelahiran Jakarta, 19 Juni 1953. Ia menyelesaikan pendidikan di SMA Yayasan Pendidikan Harapan, Medan (1968-1971). Lalu melanjutkan pendidikan sarjana di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia pada tahun 1972.

Arifin pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri selama enam tahun dari 1995-2001. Dan selama kurang lebih 10 tahun, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Petrokimia Gresik (2001-2010).

Arifin pernah juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, ia merupakan dirut pertama BUMN pupuk setelah holdingisasi yang dilakukan oleh kementerian BUMN. Arifin ditugaskan oleh Kementerian BUMN untuk mengkoordinasikan produksi dan distribusi lima perusahaan pupuk nasional.

Arifin menjabat sebagai dirut di PT Pupuk Indonesia selama kurang lebih 5 tahun dimulai sejak 2010-2015.

Baca Juga : Profil Ida Fauziah – Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Indonesia Maju

Pada tahun 2011, ia menerima penghargaan Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization) atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia maupun regional Asia Tenggara.

Selepas menjadi dirut di PT Pupuk Indonesia , Arifin ditunjuk menjadi DUta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Menggantikan Yusron Ihza Mahendra pada 22 Juni 2017.

Namun, sebelum masa jabatannya selesai, Arifin Tasfir ditunjuk untuk menjadi Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju menggantikan Ignasius Jonan untuk periode lima tahun ke depan.

Baca Juga : Profil Agus Suparmanto – Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Arifin Tasrif – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.

Profil Arifin Tasrif – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabinet Indonesia Maju
Scroll to top