Biografi dan Profil Lengkap Stefano Jantje Lilipaly – Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Belanda

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Stefano Jantje Lilipaly – Stefano Jantje Lilipaly adalah seorang pemain sepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia. Stefano Lilipaly lahir di Arnhem, Belanda pada 10 Januari 1990. Saat ini dia bermain untuk Bali United , Indonesia. Dia pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18, namun sekarang membela timnas senior Indonesia. Dia biasa berposisi sebagai gelandang serang.

Profil Singkat Stefano Lilipaly

Nama: Stefano Jantje Lilipaly
Profesi: Atlet
Lahir: Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990
Tinggi: 1,71 m
Kebangsaan: Indonesia, Belanda
Keluarga:
Ron Lilipaly (Ayah)
Adriana Lilipaly (Ibu)
Carmen Rowena Lumanauw (Istri)
Jax Ellion Lilipaly (Anak)

Perjalanan Karier Stefano Lilipaly

Stefano Jantje Lilipaly atau sering disapa Stafano Lilipaly lahir di Arnhem, Belanda pada 10 Januari 1990. Ia memiliki garis keturunan Indonesia. Sejak kecil, Lilipaly sangat mencintai sepakbola, ia sangat mengidolakan Andres Iniesta.

Sejak tahun 2009 ia berhasil mendapatkan tempat di Jong FC Utrecht, yaitu tim junior level kedua di bawah tim senior. Pada musim pertamanya di Jong FC Utrecht, ia sukses mencetak 8 gol, termasuk satu gol di pertandingan debutnya. Lilipaly ikut berandil besar dalam mengantarkan tim muda FC Utrecht merebut Piala KNVB Junior 2009-2010 dengan mencetak 2 gol di pertandingan final melawan Tim Junior De Graafschap yang berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk FC Utrecht Junior. Pelatih FC Utrecht Ton Du Chatinier menilai Stefano merupakan kandidat kuat untuk mengisi tim senior.

Pada Januari 2011, Lilipaly dipanggil oleh Badan Tim Nasional PSSI untuk mengikuti seleksi tim nasional sepak bola Indonesia U-23 yang disiapkan untuk Sea Games 2011 dan kualifikasi Olimpiade 2012, tapi akhirnya membatalkan kedatangannya dengan alasan belum pulih sepenuhnya dari cedera. Stefano dipanggil oleh BTN bentukan PSSI dan KPSI untuk mengahadapi Arab Saudi pada laga kualifikasi piala asia melawan Arab Saudi, tapi ia gagal untuk memperkuat skuat timnas karena ada masalah dengan administrasi saat pelatih dikepalai oleh Rahmad Darmawan.

Pada 6 Agustus 2011, Stefano Lilipaly menjalani laga perdana di liga utama Belanda, de Eredivisie. Bersama dengan klubnya yaitu FC Utrecht ia bertandang ke VVV Venlo yang berakhir imbang tanpa gol. Meskipun baru diturunkan paa menit 77′ tapi Stefano sangat gembira dengan penampilan perdananya.

Pada 2012, Stefano Lilipaly resmi pindah ke klub Almere City yang bermain di divisi dua liga belanda. Ia sudah tampil sebanyak 39 kali dan mencetak 2 gol. Kemudian, Lilipaly ditransfer ke klub J. League Division 2, Consadole Sapporo yang merupakan klub asal Jepang.

Akhirnya, pada 14 Agustus 2013, Lilipaly mengawali debut resminya di tim nasional Indonesia melawan Filipina dan membuat 1 assist dalam debut pertamanya. Pertandingan berakhir 2-0 untuk kemenangan Indonesia. Selain Timnas Indonesia, Lilipaly pernah membela Belanda U-15 hingga U-18, tapi menyatakan lebih memilih Indonesia untuk level senior.

Setelah bermain di Timnas, pada 20 Desember 2014, Lilipaly ditransfer ke klub Persija Jakarta. Setelah kontraknya diputus oleh Persija Jakarta, Lilipaly bergabung bersama Telstar pada bursa transfer musim panas 2015. Ia didatangkan dengan gratis.

Gol perdana Lilipaly untuk Timnas Indonesia yaitu saat pertandingan melawan Timnas Singapura di Piala AFF 2016, gol tersebut merupakan gol penentu kemenangan Timnas Indonesia sekaligus mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak semi final Piala AFF 2016. Lilipaly kembali mencetak gol saat menghadapi Timnas Vietnam di second leg semi finals Piala AFF 2016 dan mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2016.

Pada awal tahun 2017, gelandang yang pandai mengatur bola ini kembali lagi ke Belanda dan bergabung dengan klub Divisi 1 Belanda, SC Cambuur. Penampilannya semakin berkembang, terbukti ia beberapa kali memberikan umpan bola dan mencetak gol.

Di tengah penampilannya yang semakin menanjak bersama SC Cambuur, Lilipaly membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan bergabung bersama Bali United pada pertengahan 2017. Padahal ia masih memiliki kontrak dengan SC Cambuur selama dua tahun. Walaupun begitu, pihak SC Cambur mengizinkan kepindahan Lilipaly ke Indonesia karena alasan kemanusiaan. Terlebih Lilipaly dan keluarga sangat antusias untuk pindah ke negeri luluhurnya.

Lilipaly mengaku senang bisa kembali ke Indonesia dan mengucapkan terima kasih kepada SC Cambuur. Stefano Lilipaly resmi bergabung bersama Bali United pada paruh kedua Liga 1 2017.  Saat ini Stefano Lilipaly bersama rekan-rekannya tengah mengikuti ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang, Indonesia.

Karier Sefano Lilipaly

  • FC Utrecht, 2010-2012
  • Almere City, 2012-2014
  • Consadole Sapporo, 2014
  • Persija Jakarta, 2015
  • SC Telstar, 2016
  • SC Cambuur, 2017
  • Bali United, Agustus 2017

Timnas

  • U-15, U-18, Timnas Belanda
  • U-23, Timnas Indonesia, 2013

Demikian artikel tentang “Biografi dan Profil Lengkap Stefano Jantje Lilipaly – Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Belanda“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.