Info Biografi

Situs Terlengkap Kumpulan Artikel Biografi Tokoh Terkenal Dunia, Artis dan Orang Berpengaruh Dalam Sejarah Dunia.

Infobiografi.Com – Siti Nurbaya kembali dipercaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Siti Nurbaya kembali masuk dalam jajaran Kabinet Indonesian Maju yang dikenalkan di pelataran Istana Merdeka, pada 23 Oktober 2019.

Siti Nurbaya merupakan kader Partai Nasdem yang menjabat sebagai Ketua DPP sejak 2013 lalu. Siti Nurbaya menduduki berbagai jabatan di dunia birokrasi. Karirnya dimulai pada tahun 1981 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung.

Namun jauh sebelum terjun ke dunia politik, Siti Nurbaya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ia telah mengabdi selama 32 tahun sebagai pegawai negeri.

Baca Juga : Profil Dokter Terawan – Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju

Mengenal lebih dekat Siti Nurbaya Bakar, dengan mengetahui profil lengkapnya berikut ini.

Profil dan Perjalanan Karir Siti Nurbaya Bakar

Siti Nurbaya Bakar merupakan perempuan kelahiran Jakarta, 28 Juli 1956 dari pasangan Mochammad Bakar dan Sri Banon. Ayahnya orang Betawi yang merupakan pensiunan Polri sedangkan ibunya asal Lampung. Siti Nurbaya menikah dengan Rusli Rachman dengan dikaruniai dua orang anak; Meitra Mivida NR dan Ananda Tohpati.

Siti Nurbaya menyelesaikan pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas di Jakarta, dan melanjutkan kuliahnya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah mendapatkan gelar insinyur, Siti menjadi Pegawai Negeri Sipil dan ditugaskan ke Lampung dengan bekerja di Bappeda Lampung selama 17 tahun.

Seperti ditulis dalam situs pribadinya, pada tahun 1998, siti ditarik ke Jakarta untuk ditempatkan di Depdagri. Karirnya semakin tinggi, sehingga ia dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal (sekjen) Depdagri 2001-2005 dan Sekjen DPD RI (2006-2013).

Baca Juga : Profil Erick Thohir – Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju

Sedangkan karir politiknya dimulai pada masa Pemilu 2014, dengan masuk ke Partai Nasdem, besutan Surya Paloh. Ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Nasdem untuk daerah pemilihan Lampung dan dia terpilih untuk periode 2014-2019.

Namun, setelah pilpres 2014, capres terpilih Joko widodo memberikan jatah menteri ke partai-partai pengusung. Partai Nasdem salah satu pendukungnya dapat jatah kursi menteri. Siti Nurbaya, salah satu perwakilan dari Nasdem, yang diberi kerpercayaan oleh Jokowi untuk menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Dan pada oktober 23 Oktober 2019 ia dipilih kembali mengemban tugas sebgai menteri lingkungan hidup dan kejutan pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.

Profil Siti Nurbaya Bakar – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabinet Indonesia Maju
Scroll to top