Profil Muhadjir Effendy – MenKo Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Kabinet Indonesia Maju

1 min read

Profil Muhadjir Effendy – Muhadjir Effendy kembali dipilih menjadi menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Pada Kabinet Indonesia Maju, Muhadjir Effendy dipercaya Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud dalam Kabinet Kerja Jokowi periode 2014-2019. Muhadjir masuk dalam Kabinet Kerja pada 2016 sebagai menteri hasil reshuffle menggantikan Anies Baswedan.

Baca Juga : Profil Lengkap Anies Baswedan

Sebelum masuk ke dunia politik, Muhadjir adalah seorang rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur. Jabatannya sebagai Rektor UMM berlangsung selama tiga periode yakni sejak 2000 sampai 2016.

Mengenal lebih dekat Muhadjir Effendy dengan mengetahui profil lengkap dan perjalanan karirnya.

Profil Muhadjir Effendy

Muhadjir Effendy adalah pria kelahiran Madiun, 29 Juli 1956. Ia merupakan anak keenam dari sembilan bersaudara dari pasangan Soeroja dan Sri Soebita.

Muhadjir menempuh pendidikan SD hingga PGAN selama enam tahun di daerah asalnya. Kemudian ia melanjutkan pendidikan kuliah di IAIN Malang dan memperoleh gelar Sarjana Muda (BA) pada 1978.

Baca Juga: Profil Wishnutama – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selanjutnya, ia memperoleh gelar sarjana di IKIP Negeri Malang (sekarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Malang) pada 1982. Melanjutkan pendidikan S2 di Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan memperoleh gelar Magister Administrasi Publik (MAP) pada 1996.

Pada tahun 2008, Muhadjir berhasil menyelesaikan pendidikan S3 Jurusan Ilmu-ilmu Sosial dan memperoleh gelar doktor bidang sosiologi militer di Program Doktor Universitas Airlangga.

Selain pendidikan formal, Muhadjir juga beberapa kali mengikuti kursus di luar negeri, antara lain di National Defence University, Washington DC (1993) dan di Victoria University, British Columbia, Canada (1991).

Baca Juga : Profil Angela Tanoesoedibjo – Wakil Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatif

Perjalanan Karir Muhadjir Efendy

Perjalanan karir Muhadjir Efendy dimulai menjadi karyawan honorer, dosen, kemudian mulai menjabat sebagai Pembantu Rektor III, lalu sebagai Pembantu Rektor I di Universitas Muhammadiyah Malang (UNM), hingga akhirnya ia mendapat kepercayaan untuk menjadi Rektor UMM pada tahun 2000 dan menjabat selama 3 periode hingga tahun 2016.

Muhadjir Efendy juga pernah mengabdi sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Negeri Malang.

Baca Juga : Profil Fachrul Razi – Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju

Selain berkarir didunia pendidikan, ia juga aktif diberbagai organisasi. Ia menjadi pengurus Muhammadiyah mulai dari tingkat ranting sampai pimpinan pusat. Muhadjir juga aktif sebagai anggota Dewan Pembina Ma’arif Institute for Culture and Humanity.

Muhadjir Efendy juga aktif dalam menulis. Sudah ada beberapa buku hasil karyanya seperti “Dunia Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan” dan “Bunga Rampai Pendidikan”. Ia pun mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada 1986. Ia juga juga merupakan penulis artikel lepas di beberapa media massa nasional.

Kemudian pada 2016, Muhadjir bergabung dengan Kabinet Kerja Jokowi-Jk. Ia dipilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud menggantikan Anies Baswedan.

Dan tahun ini, ia dipilih menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga : Profil Airlangga Hartarto – Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Muhadjir Effendy – MenKo Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.