Info Biografi

Situs Terlengkap Kumpulan Artikel Biografi Tokoh Terkenal Dunia, Artis dan Orang Berpengaruh Dalam Sejarah Dunia.

Infobiografi.Com – Edhy Prabowo menjadi salah satu nama yang disebut Presiden Joko Widodo dalam pengumuman pejabat menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Edhy Prabowo ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Maju yang sebelumnya di jabat oleh Susi Pudjiastuti.

Edhy Prabowo merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional dan juga dikenal dekat dengan Prabowo Subianto kini sama-sama menjabat sebagai menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Profil Airlangga Hartarto – Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Mengenal lebih dekat Edhy Prabowo, dengan mengetahui profil lengkapnya berikut ini.

Profil Edhy Prabowo

Edhy Prabowo, merupakan pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan 24 Desember 1972 dari pasangan Bapak Sutopo dan Ibu Sri Rejeki.

Edhy menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta tahun 1997. Edhy juga melanjutkan pendidikan S2 dan lulus tahun 2004, di Swiss German University (SGU) mengambil jurusan Magister Manajemen.

Awalnya, masyarakat mengenal Edhy Prabowo sebagai atlet pencak silat Nasional. Namanya mulai dikenal ketika berjaya di Pekan Olahraga Nasional (PON), dia juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

Namun, Edhy memilih berhenti sebagai atlet dan memilih berkarir sebagai tentara pada 1991. Saat itu, ia berhasil diterima menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Namun, karir sebagai tentara hanya sebentar, didunia militer ia hanya bertahan selama dua tahun saja.

Baca Juga : Profil Arifin Tasrif – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

Setelah itu, Edhy memutuskan untuk merantau ke Jakarta, dan diperkenalkan dengan Prabowo Subianto yang saat itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD.

Hingga akhirnya, Prabowo menampung Edhy dan teman-temannya. Khusus untuk Edhy, Prabowo membiayai Edhy untuk melanjutnya studinya di ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya Edhy menjadi orang kepercayaan Prabowo. Ia menjadi orang yang mendampingi Prabowo saat berdomisili di Jerman dan Yordania.

Pasca Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy mencalonkan diri menjadi caleg dikampung halamannya yaitu Dapil II Sumatera Selatan. Didaerah tersebut, Edhy harus bersaing dengan sejumlah politisi senior seperti Mustafa Kamal, Dodi Alex Nurdin, dan Nazarudin Kiemas. Edhy berhasil menjadi caleg kelima yang memperoleh suara terbanyak.

Pada pemilu tahun 2014, Edhy berhasil menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Dapil Sumatra Selatan I setelah memperoleh 75,186 suara.

Edhy Prabowo juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra sejak 2012 hingga sekarang.

Baca Juga : Profil Budi Karya Sumadi – Menteri Perhubungan

Edhy Prabowo juga dikenal sebagai pengusaha. Ia mendirikan perusahaan jasa keamanan yaitu PT Garuda Security Nusantara dan menjabat menjadi Presiden Direktur. Dia juga sempat menjadi Komisaris di PT. Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto.

Edhy saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maaruf Periode II 2019-2024.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Edhy Prabowo – Menteri Kelautan dan Perikanan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.

Profil Edhy Prabowo – Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Maju
Scroll to top