Profil Basuki Hadimuljono – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

1 min read

Infobiografi.Com – Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju telah diselenggarakan pada 23 Oktober 2019 lalu, di Istana Merdeka Jakarta. Salah satu jajaran Menteri yang tidak berubah dari Kabinet Kerja 2014-2019 adalah Basuki Hadimuljono yang kembali dipercaya untuk menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Basuki dikenal sebagai sosok yang gemar bercanda dan menteri paling nyentrik. Meskipun demikian, Basuki merupakan menteri profesional yang sejak awal karirnya berkiprah di Kementerian PUPR. Sebelum menjadi Menteri, ia hampir 40 tahun berkiprah di Kementerian PUPR, Basuki telah tiga kali menjabat sebagai pejabat Eselon I, sebelum kemudian ditunjuk menjadi menteri pada Kabinet Kerja.

Baca Juga : Profil Syahrul Yasin Limpo – Menteri Pertanian

Mengenal lebih dekat Basuki Hadimuljono, dengan mengetahui lebih lengkap profil lengkapnya berikut ini.

Profil dan Perjalanan Karir Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono merupakan pria kelahiran Solo 5 November 1954 yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi JK periode 2014-2019 serta kembali di angkat pada jabatan yang sama pada periode 2019-2024 Kabinet Indonesia Maju.

Jenjang pendidikan setelah lulus dari SMA N 5 Surabaya, Basuki melanjutkan ke jenjang Sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi. Setelah lulus di UGM, ia memutuskan untuk berkarier sebagai PNS. Ia kemudian meneruskan pendidikan magister dan doctoral di Colorado University pada 1987-1992.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia memutuskan kembali ke Indonesia dan kala itu Basuki menjadi satu-satunya pegawai Kementerian PU lulusan S3. Kariernya pun perlahan pasti menanjak hingga akhirnya menjadi dirjen pada usia 49 tahun.

Baca Juga : Profil Dokter Terawan – Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju

Pada 2005-2007 Basuki menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan. Kemudian pada 2007-2013 ia menjabat sebagai Inspektur Jenderal dan Direktur Jenderal Penataan Ruang pada 2013-2014.

Basuki juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Selain itu, dirinya juga sempat beberapa kali masuk ke media massa kala ditunjuk sebagai anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah berkarir sebagai PNS lebih dari 30 tahun, Basuki ditunjuk oleh Presiden JokoWi untuk memimpin Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Oktober 2014. Ia menjadi menteri pertama penggabungan dua kementerian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat.

Posisi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini diberikan pada Basuki setelah dirinya sukses menjalankan perannya sebagai Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum sehingga dinilai cakap dan mumpuni mengisi posisi tersebut.

Menurut Basuki, jabatan menteri tak bisa diupayakan sendiri karena sepenuhnya wewenang Presiden. Misi yang diberikan kepada Basuki pun cukup berat, mengingat pembangunan infrastruktur merupakan salah satu fokus utama pemerintahan Jokowi.

Baca Juga : Profil Erick Thohir – Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju

Dalam empat tahun terakhir, Basuki mengaku menghabiskan hari kerjanya di kantor, istana, dan proyek. Akhir pekan pun, menurut dia, kadang digunakan untuk meninjau proyek infrastruktur di luar Jakarta.

Terbukti dari rampungnya banyak proyek infrastruktur. Pembangunan jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, serta jalan Trans Papua yang terbengkalai di era pemerintahan sebelumnya, menunjukkan progres yang signifikan.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Basuki Hadimuljono – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.