Profil Anthony Salim – Pengusaha Sukses CEO Salim Group Paling Lengkap

Posted on

Profil Anthony Salim – Anthoni Salim atau Liem Hong Sien merupakan CEO Group Salim generasi kedua yang menurut majalah Forbes menduduki 10 besar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan berkisar US$5,5 miliar (Rp77,131 triliun).

Anthony Salim merupakan salah satu pengusaha sukses asal Indonesia yang masuk dalam kategori 10 tokoh bisnis paling berpengaruh versi Warta Ekonomi di tahun 20005. Ia juga menjadi sosok penting berkembang pesatnya bisnis Salim Group saat hampir bangkrut pada tahun 1998 dimasa krisis moneter. Untuk mengetahui lebih lengkap biografinya, berikut ini profil lengkap Anthony Salim.

Baca Juga : Profil 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Profil Anthony Salim

Anthony Salim merupakan anak dari pasangan Soedono Salim dan Lie Las Nio, lahir pada 25 Oktober 1949. Anthony Salim terlahir dari keluarga yang tergolong mapan. Ayahnya, Soedono Salim adalah pemimpin dari Salim Group yang pada akhirnya diteruskan oleh Anthony Salim sendiri. Anthony merupakan lulusan di North East Surrey College of Technology di Inggris dengan konsentrasi jurusan bisnis.

Setelah menjadi pewaris bisnis ayahnya, Anthony Salim menghadapi kenyataan bahwa Salim Group memiliki hutang yang cukup banyak sekitar 55 triliun, sebagai imbas dari krisis moneter 1998. Akibatnya, membuat perusahaan Salim Group tersungkur.

Karena hal ini, Anthony melego atau menjual beberapa anak perusahaan Salim Group yaitu Bank BCA, PT Indocement, dan PT Indomobil sebagai cara untuk melunasi hutang yang sedang dihadapu oleh perusahaan Salim Group. Meskipun demikian, Salim Group masih memiliki sebagian kecil saham terhadap beberapa perusahaan yang mereka jual.

Ketika menjual beberapa anak perusahaannya, Anthony mempertahankan beberapa perusahaan yang cukup besar ketika itu seperti PT Indofood dan PT Bogasari. Kedua perusahaan tersebut memiliki pengaruh besar terhadap industri makanan Indonesia dan menguasai sebagian besar industri makanan di Indonesia. Perusahaan tersebut juga dikelola oleh Fransciscus Welirang yan yaitu ipar dari Anthony Salim.

Baca Juga : Biografi Susilo Wonowidjojo Pemilik PT.Gudang Garam

Dibawah kepemimpinan Anthony Salim, PT Indofood dan PT Bogasari semakin melesat hingga mampu menguasai sebagian besar industri makanan di Indonesia. Bahkan kedua perusahaan tersebut beberapa tahun ini tercatat mencapai laba yang cukup besar.

Bersama Anthony Salim, Salim Group berkembang menjadi perusahaan yang berpengaruh di Indonesia. Saat ini Salim Group memiliki banyak anak perusahaan dan beberapa yayasan.

Salim Group memiliki cukup banyak anak perusahaan meliputi bisnis di industri makanan, kelapa sawit, Perbankan, Otomotif, Asuransi dan Kimia. Anthony Salim juga menjadi salah satu pemilik jaringan minimarket Indomaret yang tersebar di Indonesia, dan ia juga memegang hak waralaba cepat saji KFC (Kentucky Fried Chicken).

Keberhasilan yang dicapai Anthony Salim, membuat dirinya masuk dalam 10 besar orang terkaya di Indonesia menurut majalah forbes 2019 dengan total kekayaan berkisar US$5,5 miliar (Rp77,131 triliun).

Baca Juga : Profil Pengusaha Muda Indonesia Masuk Forbes edisi ‘30 under 30 Asia’

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Anthony Salim CEO Salim Group. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.