Profil Aminuddin Ma’ruf – Staf Khusus Presiden Jokowi Kalangan Milenial

1 min read

Profil Aminuddin Ma’ruf – Aminuddin Ma’ruf ditunjuk menjadi salah satu staf khusus Presiden Joko Widodo dari kalangan milenial. Presiden Jokowi memperkenalkan tujuh orang itu kepada pers di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 21 november 2019 lalu.

Aminuddin Ma’ruf adalah Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016. Aminuddin memiliki tugas khusus dari Presiden Joko Widodo, yaitu berkomunikasi dan berhubungan dengan kelompok-kelompok strategis.

Tugas tersebut bersinggungan langsung dengan mahasiswa se-nusantara termasuk para santri di Tanah Air.

Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016 tersebut berpesan sebagai anak desa dan seorang santri, masyarakat tidak boleh lupa dan patut bangga dalam menjadi bagian dari masa depan Indonesia.

“Santri tidak hanya mengaji, tapi juga mengkaji banyak hal terkait ilmu pengetahuan,” katanya.

Mengenal lebih dekat Aminuddin Ma’ruf, anak petani yang menjadi Staf Khusus Presiden dari kalangan milenial, berikut ini.

Baca Juga : Profil Gracia Billy Yosaphat Membrasar

Profil Aminuddin Ma’ruf

Aminuddin Ma’ruf, pria kelahiran Karawang, 27 Juli 1986 merupakan Putra bungsu dari tujuh saudara yang dibesarkan dari keluarga petani di Desa Tanahbaru Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Sejak kecil, ia sudah merasakan kehidupan dengan beragam keterbatasan. Namun hal tersebut tidak membuat semangatnya surut untuk mencapai cita-cita.

Meskipun lahir dari latar belakang keluarga petani, Aminuddin cukup jarang bersentuhan dengan lingkungan sawah. Sebab kedua orang tuanya yang justru melarang untuk ikut bekerja secara langsung disawah. Namun, karena sifat gigihnya, ia etap memilih ikut terlibat untuk membantu orang tuanya saat musim panen padi tiba.

Siapa sangka, saat ini pria yang lahir dari latar belakang keluarga petani malah ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai staf khusus presiden.

Baca Juga : Profil Ayu Kartika Dewi

Karir Aminuddin Ma’ruf

Aminuddin Ma’ruf merupakan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016. Namun sebelum menjadi ketua PMII, Aminuddin terlebih dahulu dipercaya sebagai Ketua Biro Pemberdayaan Ekonomi.

Meskipun aktif berorganisasi, tak menjadikannya sebagai halangan untuk tetap menimba ilmu setinggi langit.

Aminuddin Ma’ruf berhasil menyelesaikan pendidikan SI-nya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). dan S2-nya dilanjutkan di Universitas Trisakti Jakarta.

Baca Juga : Profil Putri Indahsari Tanjung

Setelah tidak lagi menjadi ketua PMII, Aminuddin Ma’ruf pernah ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2019.

Dan ditahun 2019 ini, Aminuddin Ma’ruf dipilih langsung dari Presiden Jokowi untuk menjadi salah satu staf khusus presiden dari kalangan milenial bersama enam anak muda berprestasi lainnya.

Ma’ruf mengatakan, setelah diangkat menjadi staf khusus Presiden Jokowi, ia ditugaskan untuk menjalin komunikasi secara intens dengan kelompok-kelompok santri dan mahasiswa.

Baca Juga : Profil Angkie Yudistia

“Saya diberikan tugas untuk berkomunikasi intens dengan kelompok-kelompok yang salah satunya kelompok santri, pemuda, mahasiswa dan lembaga sosial keagamaan dan lain-lain,” ujarnya. Lebih lanjut, Ma’ruf mengatakan, tujuh staf khusus Presiden Joko Widodo dari kalangan milenial, bertugas menjadi teman diskusi presiden. “Kemarin yang dikenalkan Presiden Jokowi 7 orang itu, tugas utamanya adalah memberikan masukan inovasi dan gagasan terobosan terhadap program prioritas yang sudah ditetapkan oleh presiden,” Ujarnya.

Selain Aminuddin Ma’ruf , ada 6 staff khusus presiden dari kalangan milenial lainnya yaitu Angkie Yudistia (CEO Thisable Enterpise), Adamas Belva Syah Devara (Pendiri Ruang Guru), Putri Indahsari Tanjung (CEO CreativePreneur Event), Ayu Kartika Dewi (Pendiri SabangMerauke) , Andi Taufan Garuda Putra (Pendiri Amartha) dan Gracia Billy Yosaphat Membrasar (CEO Kitong Bisa) akan membantu Jokowi sebagai staf khusus.

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Aminuddin Ma’ruf. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.