Profil Agus Suparmanto – Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju

Posted on

Infobiografi.Com – Agus Suparmanto merupakan Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang terpilih menjadi Menteri Perdagangan dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Agus Suparmanto menggantikan posisi Enggartiasto Lukita di Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada periode 2014-2019 lalu.

Agus secara resmi telah diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan bersama jajaran menteri lainnya di pelataran Istana Merdeka pada 23 Oktober 2019.

Sebelum menjadi menteri, Agus Suparmanto dikenal aktif di salah satu cabang olahraga, anggar. Mengenal lebih dekat Agus Suparmanto dengan mengetahui profil lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Profil Agus Gumiwang Kartasasmita – Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Maju

Profil Agus Suparmanto

Agus Suparmanto ialah Pria kelahitan Ruteng, NTT, 10 September 1956. Agus merupakan salah satu anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menjadi salah satu partai pendukung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Sebelum menjadi menteri, Agus dikenal aktif di salah satu cabang olahraga, Anggar. Ia menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) sebanyak dua periode, yaitu 2014-2018 dan 2018-2022.

Saat menjabat sebagai Ketum PB Ikasi, Agus bertekad untuk memajukan cabang olahraga anggar dengan menyediakan sarana dan prasarana serta pelatih disetiap daerah.

“Jika orang tertarik untuk terjun pada dunia anggar namun tidak ada tempat latihan, atau sebaliknya, tempat latihan ada tapi tidak ada pelatihnya, tentu itu akan menjadi hambatan bagi pembibitan calon-calon atlet baru. Ke depannya kita akan membenahi hal tersebut,” Ungkapnya.

Baca Juga : Profil Ida Fauziah – Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Indonesia Maju

Selain berkarir didunia politik dan Olahraga, Agus juga seorang pengusaha sukses. Ia merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Biliton (GMB) yang beroperasi di Bangka Belitung di mana pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra turut berada di salah satu jajaran pimpinan.

Pada 2016, GMB mempunyai proyek pembangunan dok kapal di Manggar yakni tepatnya di pinggir aliran sungai Manggar, Belitung Timur, yang dikerjakan dengan menggandeng anak usaha PT Timah Tbk, yaitu PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (PT DAK).

Dan saat ini, Agus Suparmanto merupakan Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju yang ditunjukk oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga : Profil Airlangga Hartarto – Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Agus Suparmanto – Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.