Info Biografi

Situs Terlengkap Kumpulan Artikel Biografi Tokoh Terkenal Dunia, Artis dan Orang Berpengaruh Dalam Sejarah Dunia.

Infobiografi.Com – Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo masuk dalam jajaran menteri diperiode jilid II sebagai Menteri Perindustrian dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Agus Gumiwang juga sempat menjabat sebagai menteri sosial sejak 28 Agustus 2018 hingga 20 Oktober 2019 , menggantikan Idrus Marham yang tersangkut kasus korupsi.

Saat menjabat menjadi Menteri sosial, Agus Gumiwang sempat menjadi sorotan masyarakat luas ketika menggendong seorang balita yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Beruntung, balita tersebut bisa berkumpul lagi dengan keluarganya setelah terpisah.

Baca Juga : Profil Dokter Terawan – Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju

Mengenal lebih dekat Agus Gumiwang Kartasasmita dengan mengetahui profil lengkapnya berikut ini.

Profil Agus Gumiwang Kartasasmita

Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Ginandjar Kartasasmita dan Yultin Harlotina.

Agus Gumiwang berasal dari keluarga menengah keatas, Ayahnya merupakan menteri pada Orde Baru. Agus menyelesaikan sekolah dasar dan menengah pertama di Jakarta, sedangkan pendidikan menengah atas dan S1 dilanjutkan di luar negeri. Pendidikan S1 di Pacific Western University dan Northeastern University, Amerika Serikat (AS). Pendidikan Pascasarjana Magister Administrasi Publik di Universitas Pasundan, kemudian program Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Karir profesional Agus Gumiwang pernah menjadi Presiden Direktur PT Agumar Eka (1994-1999) dan masih aktif sebagai Komisaris PT Asiana Lintas Development (2012-sekarang).

Baca Juga : Profil Airlangga Hartarto – Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Dunia politik bukan hal yang baru bagi Agus Gumiwang. Ia merupakan putra dari Ginandjar Kartasasmita, salah satu tokoh berpengaruh zaman Presiden Soeharto. Ayahnya merupakan tokoh Golkar juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2004-2009.

Agus Gumiwang mulai terjun di dunia politik sejak lulus S1 dari AS pada tahun 1994 dengan bergabung dengan organisasi kepemudaan Partai Golkar, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Agus Gumiwang juga langsung menjadi Wasekjen DPP AMPI (1994-1999), Kemudian berlanjut sebagai Ketua DPD Golkar Jabar hingga posisi terakhirnya sebagai Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pengabdian Masyarakat (2016-2019).

Agus Gumiwang tidak menyelesaikan jabatanya di DPR, karena pada Agustus 2018, ia menggantikan posisi Idrus Marham sebagai Menteri Sosial karena kasus korupsi.

Hingga pada periode II kepemimpinan Presiden Jokowi, Agus Gumiwang kembali ditunjuk sebagai Menteri Perindustrian periode 2019-2024.

Baca Juga : Profil Ida Fauziah – Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Indonesia Maju

Itulah informasi yang diberikan tentang Profil Agus Gumiwang Kartasasmita – Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Maju. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan informasi anda.

Profil Agus Gumiwang Kartasasmita – Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Maju
Scroll to top