Profil Nadeo Argawinata – Kiper Timnas U-22 Indonesia pada SEA Games 2019

2 min read

Profil Nadeo Argawinata – Nadeo Argawinata berhasil mencuri perhatian penonton sepak bola SEA Games 2019 lewat aksi memukaunya di lapangan. Nadeo mampu menunjukkan kualitasnya dalam menjaga gawang timnas U-22 Indonesia pada gelaran SEA Games 2019 di Filipina.

Kegemilangan Timnas Indonesia U-23 di dua laga pertama SEA Gamses 2019 tidak lepas dari peran penjaga gawang Garuda Muda, Nadeo Argawinata. Berkat aksinya, Nadeo berhasil menjadi kiper yang paling sedikit kebobolan dalam babak penyisihan Grup B SEA Games 2019.

Timnas Indonesia mampu memenangi dua laga awal di SEA Games 2019 dengan kemenangan identik saat melawan juara bertahan Thailand dan Singapura 2 gol tanpa balas. Kegemilangan Nadeo mendapat banyak pujian, salah satunya dri pelatih kiper di klubnya saat ini Borneo FC, Luizinho Passos.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Egy Maulana Vikri

Mengenal lebih dekat dengan Nadeo Argawinata, kiper ganteng Timnas U-22 dari Borneo FC.

Profil Lengkap Nadeo Argawinata

Nama lengkap : Nadeo Argawinata
Tanggal lahir : 9 Maret 1997
Tempat lahir : Kota Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Tinggi : 185 cm
Posisi : Penjaga gawang
Klub saat ini : Borneo F.C.
Nomor Punggung : 97

Nadeo Argawinata merupakan pria kelahiran Kota Kediri, Jawa Timur pada 28 Juli 1997. Ia adalah pemain sepak bola Indonesia yang sekarang bermain untuk Pusamania Borneo F.C. di Indonesia Soccer Championship A.

Nadeo mengawali karir juniornya dengan bergabung dengan Sekolah Sepakbola (SSB) Macan Putih di Kediri.

Nadeo, adalah alumni SMAN 8 Kediri yang menjadi pilar utama tim sepak bola Kota Kediri yang tampil di Porprov Banyuwangi 2014. Penampilan ciamiknya di tingkat Jatim membawa Nadeo Arga Winata terpilih sebagai salah satu pilar Timnas U-19 asuhan Fachri Husaini.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Lionel Messi

Namun Nadeo belum sempat tampil pada kejuaraan resmi bersama Timnas U-19 karena Indonesia disanksi FIA per 30 Mei 2015. Yang seharusnya, Timnas U-19 menjalani dua agenda pada tahun 2015, yakni Kualifikasi Piala AFC U-19 dan Piala AFF U-19.

Bakatnya sebagai kiper kian cemerlang, hingga pada 2016 Nadeo bergabung dengan Borneo FC U-21. Setahun kemudian, ia mampu menembus Tim utama Pesut Etam dengan membubuhkan lima kali permainan pada Liga 1 2017.

Sempat menjadi kiper cadangan pada musim 2018, kini Nadeo menjadi kiper utama Borneo FC dalam Liga 1 2019. Hingga sejauh ini, di Liga 2019 Nadeo menjadi pilar penting Borneo dan sudah tampil sebanyak 19 laga.

Pada ajang SEA Games 2019 yang berlangsung di Filiphina, Nadeo berhasil menjadi kiper yang paling sedikit kebobolan dalam babak penyisihan Grup B SEA Games 2019.

Di Grup B, Timnas U-22 Indonesia tergabung bersama Vietnam, Thailand, Singapura, Laos, dan Brunei Darussalam. Pada pertandingan perdana, Nadeo Argawinata berhasil menjaga gawangnya bersih dari kebobolan. Timnas U-22 Indonesia berhasil menang 2-0 atas Thailand.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Gareth Bale

Pertandingan berikutnya, Nadeo harus menahan gempuran pemain Singapura. Ia berhasil bermain apik dan berhasil menjaga gawang dari gol setelah timnas U-22 Indonesia mengalahkan Singapura 2-0.

Pada pertandingan ketiga, Nadeo harus menghadapi Vietnam yang dalam dua pertandingan pertama berhasil mengalahkan Brunei (6-0) dan Laos (6-1). Yang akhirnya gawang berhasil dibobol untuk pertama kalinya dalam SEA Games 2019.

Tak cuma sekali, Vietnam langsung menyarangkan dua gol ke gawang kiper andalan Borneo FC tersebut. Hasil itu tentu membuat kecewa seluruh anggota skuat Garuda Muda, termasuk Nadeo.

Namun kekecawaan tersebut langsung dibalas untuk Brunei Darussalam di pertandingan keempat. Brunei harus rela gawangnya dibobol delapan kali oleh barisan lini serang timnas U-22 Indonesia.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Cristiano Ronaldo

Pada pertandingan selanjutnya, Nadeo di istirahatkan oleh pelatih TimNas Indra Sjafri untuk mempersiapakan fisiknya pada pertandingan akhir.

Hingga pada laga akhir, Nadeo bertemu dengan laos dan ia kembali tampil apik dan menjaga gawangnya dari kebobolan. Timnas U-22 Indonesia berhasil menang 4-0 dan memastikan lolos ke babak semifinal menghadapi Myanmar.

Pada pertandingan Semi final melawan Myanmar, Nadeo sempat melakukan blunder ketika berhadapan dengan Myanmar. Ia merasa tertekan karena Myanmar berhasil mempersempit jarak gol menjadi 2-1, dan pemain Myanmar Win Naing Tun berhasil membobol gawangnya untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Beruntungnya, dibabak tambahan waktu, timnas U-22 Indonesia berhasil menambah keunggulan dan mengakhiri laga dengan skor 4-2.

Dengan hasil tersebut, artinya Nadeo Argawinata sudah kemasukan empat gol, dua di babak penyisihan grup dan dua pada semifinal.

Pertandingan final SEA Games 2019 sendiri akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Filipina pada Selasa 10 Desember 2019.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Neymar Jr.

Itulah informasi tentang Profil Nadeo Argawinata – Kiper Timnas U-22 , Karir dan Prestasi Sebagai Pemain Bola Profesional Dunia, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.