Biografi dan Profil Lengkap Paul Pogba – Perjalan Karir dan Prestasi Gelandang Manchester United

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Paul Pogba – Paul Pogba merupakan pria kelahiran 15 Maret 1993 yang berprofesi sebagai pemain sepak bola untuk tim nasional Perancis yang bermain gemilang bersama klub Inggris yaitu Manchester United.

Paul Pogba berposisi sebagai gelandang dan bermain amat baik dalam urusan menyerang maupun bertahan. Pogba digambarkan oleh klubnya Manchester United sebagai pemain yang kuat, terampil, dan kreatif.

Pogba mulai berkarir dalam dunia sepak bola sejak tahun 1999, yang kala itu ia masih berusia 6 tahun dan bergabung dengan salah satu klub sepak bola lokal yaitu Roissy-en-Brie. Pogba bermain untuk klub junior lokal selama 6 tahun. Untuk lebih mengenalnya, berikut biografi Paul Pogba.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Neymar Jr.

Biodata Singkat Paul Pogba

Nama Lengkap : Paul Labile Pogba
Tempat Lahir : Lagny-sur-Marne, Prancis
Tanggal Lahir : 15 Maret 1993 (26 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Agama : Islam
Nama Orang Tua : Fassou Antoine (Ayah) dan Yeo Moriba (ibu)
Klub : Manchester United
Posisi : Gelandang
No Punggung : 6
Tinggi : 191 cm

Karir :

Karier junior

  • 1999–2006 Roissy-en-Brie
  • 2006–2007 Torcy
  • 2007–2009 Le Havre
  • 2009–2011 Manchester United

Karier senior

  • 2011–2012 Manchester United
  • 2012–2016 Juventus
  • 2016– Manchester United

Tim nasional

  • 2008–2009 Prancis U-16
  • 2010 Prancis U-17
  • 2010–2011 Prancis U-18
  • 2011–2012 Prancis U-19
  • 2012–2013 Prancis U-20
  • 2013– Prancis

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Cristiano Ronaldo

Biografi dan Profil Lengkap Paul Pogba

Paul Pogba memiliki nama lengkap Paul Labile Pogba lahir pada 15 Maret 1993, di in Lagny-sur-Marne, Perancis. Ia merupakan anak ke-3 dari pasangan Fassou Antoine dan Yeo Moriba. Kedua orang tua Pogba merupakan pasangan muslim yang tinggal di Conakry, Guinea, sebelum Pogba lahir. Kedua orangtuanya pindah ke Perancis akibat kemiskinan yang saat itu melanda Afrika. Orang tua Pogba merupakan beberapa dari sekian banyak orang Afrika yang bermigrasi ke Eropa di awal 1990an.

Pogba memiliki 2 kakak laki-laki kembar yang sebelumnya memutuskan untuk tetap tinggal di Guinea dalam beberapa tahun, namun akhirnya ikut pindah ke Perancis.

Pogba mulai berkarir didunia sepak bola saat berusia 6 tahun dan bergabung dengan klub sepak bola lokal yaitu Roissy-en-Brie dan bermain untuk klub junior lokal tersebut selama 6 tahun. Kemampuannya meningkat pesat dan tujuh tahun setelahnya, ia bergabung dengan akademi professional pertamanya, yaitu US Torcy.

Belum lama bergabung dengan US Torcy diusia 13 tahun, Pogba ditunjuk untuk menjadi kapten Tim hingga akhirnya ia bergabung dengan Le Harve. Bersama Le Harve, Pogba lebih banyak mendapat pehatian dan dirinya mulai diminati oleh klub-klub Eropa lainnya.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Gareth Bale

Hingga tepatnya pada tahun 2009, secara mengejutkan Club Manchester United melayangkan tawaran kepada Paul Pogba. Namun kejadian tersebut sempat menjadi kontroversi karena pihak united mendekati Pogba tanpa sepengetahuan pihak klub.

Pihak Manchester United dikabarkan membawa Pogba secara tidak sah dari kesebelasan asal Prancis saat umurnya masih berusia 16 tahun. Karena pihak Manchester United membawa Pogba tanpa melalui Le Harve melainkan langsung pada orangtua Pogba. Kedua orangtua Pogba diiming-imingi uang berjumlah besar agar Pogba dan keluarganya bersedia pindah ke Manchester, dan tentunya agar Pogba bisa membela Man United.

Namun, pihak Le Harve memilih untuk tidak menindaklanjuti kasus ini. Pada tahun 2009 Paul Pogba pun bergabung dengan Manchester United. Pogba bergabung dengan tim Muda Manchester United dengan durasi kontrak dua tahun yaitu 2019 hingga 2011.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Lionel Messi

Bulan Oktober 2009, Pogba memulai debut dengan tim muda setan merah Manchester United. Bersama tim Manchester United, Pogba menampilkan permainan yang sangat gemilang. Pada Februari 2011, Pogba masuk dalam skuat Manchester United U18 dan bersama teman-temannya berhasil memenangkan gelar ‘Youth Cup’ pada Januari 2012.

Di tahun 2012, Pogba memiliki memiliki masalah pribadi dengan Sir Alex Ferguson. Tak berselang lama, Pogba terbang ke Italia untuk bergabung dengan Juventus. Juventus mendapatkan Pogba dengan status bebas transfer dari Manchester United pada musim panas 2012. Menjalani musim pertamanya bersama Juventus, Pogba menunjukkan penampilan yang impresif. Dia sukses menjalankan perannya sebagai gelandang saat membantu Juve dalam mengarungi kompetisi Liga Champions Eropa dan Serie A Italia. Dan tepat pada Desember 2013, dirinya meraih penghargaan ‘Golden Boy’, sebuah penghargaan yang ditujukan untuk pemain muda berbakat di Eropa.

Tepat pada Januari 2014, Pogba masuk dalam list pemain muda paling menjanjikan versi The Guardian. Bersama Juventus, ia menjelma menjadi sosok penting dalam timnya. Pogba menjadi pemain dan memenangi beberapa gelar Serie A beruntun. Karena itulah, Pogba mendapat julukan sebagai Paul Si Gurita.

Pada bulan Oktober 2014, Pogba masuk dalam nominasi penghargaan Ballon D’or dan ia menjadi pemain termuda yang pernah masuk dalam nominasi bergengsi itu.

Musim gemilang Pogba bersama Juventus masih berlanjut, ia berhasil membantu Juve meraih gelar juara Serie A tahun 2015 dan membawa tim terkuat Italia itu melaju hingga partai puncak Liga Champions Eropa. Ditahun yang sama, Pogba masuk dalam salah satu pemain terbaik Eropa atau UEFA Team Of The Year.

Baca Juga : Biografi dan Profil Lengkap Egy Maulana Vikri

Merasa puas dengan Juventus, pada 2016 Pogba membuat keputusan mengejutkan. Ia mengumumkan bahwa ia telah menjalin kontrak dengan klub lamanya, Manchester United. Saat itu Pogba diboyong ke Old Trafford dengan mahar sebesar 89,3jt euro, atau menjadi pemain paling.

Bersama Manchester United, Pogba sukses membawa Manchester United masuk kedalam final EFL Cup, dan pada bulan Mei 2017, dia berhasil membawa United memenangi gelaran UEFA Europa League.

Setelah itu, Pogba dipanggil timnas Perancis U20 dalam menjalani turnamen piala dunia U20. Bersama Perancis, Pogba ditunjuk sebagai kapten dan berhasil memimpin kawan-kawannya dalam memenangi gelaran akbar tersebut, dan Pogba juga menjadi bagian dari skuat Perancis di Piala Dunia 2014 dan berhasil meraih penghargaan pemain muda terbaik.

Perjalanan bersama Timnas Perancis sempat dinodai dengan kekalahan di final Piala Eropa melawan Portugal dan Perancis bertindak sebagai tuan rumah. Meksipun demikian, Pogba dan rekan-rekannya berhasil sukses dan bangkit menjadi jawara dunia pada gelaran Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Russia.

Terhitung Pogba telah bermain mewakili tim nasional U17, U18, dan U19. Pada level U-20, sebagai kapten ia sukses membawa Perancis menjuarai turnamen Piala Dunia U-20 pada tahun 2013 silam. Pogba sendiri melakukan debut untuk Timnas senior Perancis pada tanggal 22 Maret 2013 dalam kemenangan Prancis 3-1 atas Georgia.

Itulah informasi tentang Biografi dan Profil Lengkap Paul Pogba, Karir dan Prestasi Sebagai Pemain Bola Profesional Dunia, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.