Biografi dan Profil Lengkap Mahatma Gandhi – Tokoh Berjiwa Besar dari Timur

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Mahatma Gandhi Mahatma Gandhi adalah tokoh penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Mahatma merupakan seorang pemimpin spiritual dan pilikus india serta seorang aktivis pergerakan yang tidak menggunakan kekerasan dan mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Dalam bahasa Sansekerta Mahatma Gandhi memiliki arti Jiwa Agung. Pada masa kehidupan Mahatma, banyak negara yang masih merupakan negara koloni Britania Raya. Sehingga para penduduk koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri. Untuk lengkapnya, simak ulasan dibawah ini .

Biografi Singkat

Nama : Mohandas Karamchand Gandhi
Nama Lain : Mahatma Gandhi
Lahir : 2 Oktober 1869, Porbandar, Agen Kathiawar, Kemaharajaan Britania
Suku : Gujarat
Agama : Hindu
Pasangan : Kasturba Gandhi
Anak :

  • Harilal
  • Manilal
  • Ramdas
  • Devdas

Orang Tua:

  • Putlibai Gandhi (ibu)
  • Karamchand Gandhi (ayah)

Biografi Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi memiliki nama asli Mohandas Karamchand Gandhi lahir pada tahun 2 Oktober 1869 di negara bagian Guajarat di India. Disaat para anggota keluarga lainnya bekerja pada pihak pemerintah, saat remaja Gandhi pindah ke Inggris untuk mempelajri hukum. Setelah menjadi pengacara, Gandhi pergi ke Afrika selatan yang merupakan sebuah koloni Inggris, disana Gandhi mengalami diskriminasi ras yang disebut dengan apartheid. Hingga kemudian, Gandhi memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik yang bertujuan untuk mengubah hukum-hukum diskriminatif tersebut. Gandhi juga membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.

Gandhi mengalami diskriminasi ketika ia mengawali karirnya sebagai seorang pengacara di Afrika Selatan, Gandhi menemukan berbagai persoalan rasial untuk pertama kalinya, yaitu suatu ketika saat dalam perjalanan menggunakan kereta api menuju Pretoria, Gandhi diminta untuk meninggalkan kursi penumpang kelas satu yang ia tumpangi meskipun ia telah membayar tiketnya. Kondektur kereta yang memiliki kulit putih itu dengan sinis mengatakan pada Gandhi bahwa selain orang berkulit putih tidak diperkenankan menempati kursi penumpang kelas satu. Namun Gandhi menolak dan bersikeras untuk dapat menempati kursi yang telah ia bayar. Karena penolakan tersebut kondektur kereta lalu menurunkannya disebuh stasiun kecil.

Konon, peristiwa tersebut yang kemudian membuatnya selalu berjuang untuk keadilan. Gandhi selalu mencontohkan bahwa kita dapat melawan ketidakadilan tanpa melakukan kekerasan. Selama tinggal di Afrika selatan Gandhi mulai mengembangkan idenya yang disebut dengan Ahimsa yang artinya anti kekerasan dan mengajarkan orang-orang india yang hidup di sana tentang cara bagaimana menerapkan Ahimsa untuk mengatasi berbagai ketidak adilan yang mereka alami.

Ketika kembali ke India, gandhi membantu dalam proses kemerdekaan India dari tangan jajahan Inggris, hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk membentuk Persemakmuran.

Perbedaan Agama dan suku yang dianut rakyat India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi bebrapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri.

Gandhi adalah seorang Hindu yang memiliki pemikiran-pemikiran dari agama lain termasuk Islam dan Kristen. Gandhi percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara dalam di dalam satu negara.

Pada tahun 1947, India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara yaitu India dan pakistan. Hal tersebut tidak disetujui oelh Gandhi. Sementara pergerakan terus berlangsung, Gandhi tetap terus melanjutkan pencarian kebenaran dan merancang strategi yang sesuai untuk menhadapi musuh. Gandhi menyebutnya sebagai Satyagraha yaitu Penegakan Kebenaran.

Gandhi meyakini bahwa dengan melihat penderitaan seseorang yang menegakkan kebenaran pasti akan memberi pengaruh dan akan menyentuh nurani pelaku kesewenangan dari musuh. Dengan prinsip tersebut, Satyagraha kemudian dijalankan secara luas dan efektif dalam memperjuangkan kemerdekaan. Perjuangan Gandhi akhirnya mencapai titik puncak dimana Inggris tidak lagi sanggup bertahan menentang ribuan rakyat yang menentang jajahan Inggris dengan melakukan aksi-damai menuntut kemerdekaan.

Gandhi meyakini bahwa setiap usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh mereka yang dibimbing langsung olehnya dalam menjalankan Satyagraha dan karena ajaran dan pelatihan satyagraha tersebut perjuangan mereka membawa hasil.

Prinsip Satyagraha – Mahatma Gandhi atau sering diartikan sebagai jalan yang benar/jalan menuju kebenaran, telah menginspirasi berbagai generasi, aktivis demokrasi, dan anti rarisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela.

Mahatma Gandhi sering mengatakan jika nilai-nilai yang ada dalam setiap ajarannya sangat sederhana yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional, yaitu kebenaran (Satya) dan non kekerasan (ahimsa).

Meninggalnya Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi meninggal pada tanggal 30 Januari 1948 karena dibunuh oleh Nathuram Godse seorang lelaki Hindu yang marah kepada Gandhi karena terlalu memihak kepada umat muslim.

Gelar Mahatma

Nama Mahatma merupakan sebuah kata dalam bahasa Sanskerta uang berasal dari kata Maha (besar) dan Atma (Jiwa). Orang yang pertamakali memberikan gelar Mahatma untuk Gandhi adalah Rabindranath Tagore.

Kata Bijak Mahatma Gandhi

Kata Bijak Mahatma Gandhi
  • Kehidupan lebih besar daripada segala seni. Saya bahkan akan melangkah lebih jauh dan mengumumkan bahwa orang yang hidupnya mendekati sempurna adalah seniman terbesar, karena apalah artinya seni tanpa dasar yang pasti dan kerangka hidup mulia?
  • Bila kamu punya kebenaran, maka kebenaran itu harus ditambah dengan cinta, atau pesan dan pembawanya akan ditolak.
  • Apa pendapat saya mengenai kebudayaan barat? Saya kira itu adalah gagasan yang sangat baik.
  • Tanpa kekerasan adalah senjata milik orang yang perkasa.
  • Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Memaafkan adalah sifat orang perkasa.
  • Tidak ada kesia-siaan yang menguras tubuh kecuali kekhawatiran, dan orang yang punya keyakinan pada Tuhan seharusnya merasa malu kalau masih mengkhawatirkan sesuatu.
  • Tidak ada orang yang dapat menyakitiku tanpa izinku.
  • Ketika kamu berhadapan dengan musuhmu, taklukkan mereka dengan cinta.
  • Jadilah bagian dari perubahan yang ingin kamu saksikan di dunia ini.
  • Kehidupan membaca dan menulis merupakan salah satu dari banyak cara untuk mengembangkan intelektual, tetapi di masa lampau kita mempunyai raksasa – raksasa intelektual yang tidak dapat membaca
  • Karakteristik istimewa peradaban modern adalah tak terbatasnya bermacam – macam keinginan manusia. Karakteristik peradaban kuno adalah larangan keras dan aturan tegas atas keinginan – keinginan itu
  • Tuhan sendiri adalah hakim kebesaran sejati karena Ia mengetahui isi hati manusia
  • Seorang laki – laki tidak dapat berbuat benar di salah satu bagian kehidupan sedangkan ina berbuat salah di bagian lainnya.
  • Hidup adalah keseluruhan yang tidak dapat dibagi
  • Lupa bagaimana menggali dan merawat tanah adalah lupa akan diri sendiri
  • Istri bukan merupakan budak suami, merupakan pendamping dan teman penolong suami serta mitra sejajar dalam suka dan duka, bebas memilih jalannya sendiri sebebas sang suami
  • Semua beasiswa anda, semua studi anda mengenai Shakespeare dan Wordswordth akan sia – sia jika pada saat bersamaan anda tidak membangun karakter Anda dan mencapai keahlian mencapai pemikiran dan tindakan anda
  • Menyebut perempuan sebagai jenis kelami yang lebih lemah adalah fitnah. Itu merupakan ketidakadilan laki – laki terhadap perempuan
  • Dibutuhkan iman yang luar biasa, iman dan penyerahan yang murni dari segala yang ada di hadapan kita
  • Musik kehidupan terancam hilang dalam musik suara
  • Pengetahuan sejati memberi kedudukan moral dan kekuatan moral
  • Sasaran pernah menjauh dari kita. Semakin besar kemajuan, semakin besar pengakuan atas ketidaklayakan kita.
  • Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha penuh adalah kemenangan penuh
  • Bukankah sejarah dunia menunjukkan bahwa tidak ada romantika kehidupan jika tidak ada resiko?
  • Semuanya berjalan baik meskipun segala sesuatu tampaknya salah sama sekali jika anda jujur terhadap anda sendiri.
  • Sebaliknya, semuanya tidak baik bagi anda walaupun segala sesuatu kelihatan benar, jika anda tidak jujur terhadap anda sendiri
  • Satu-satunya penguasa yang saya akui di dunia ini adalah ‘suara hening kecil’ di dalam hati
  • Adalah dibawah martabat manusia jika seseorang kehilangan kepribadiannya dan menjadi tidak lebih daripada sebuah roda gigi pada mesin
  • Adalah dibawah martabat manusia jika seseorang kehilangan kepribadiannya dan menjadi tidak lebih daripada sebuah roda gigi pada mesin
  • Kebebasan individu dan kesaling-tergantungan keduanya penting dalam hidup bermasyarakat
  • Saya telah belajar dari pengalaman yang lebih pahit sebagai sebuah pelajaran paling penting; menyimpan amarah; dan ketika panasnya tersimpan, diubah menjadi energi, dengan demikian amarah yang terkendali dapat diubah menjadi kekuatan yang dapat menggerakkan dunia
  • Suka cita terletak pada perjuangan, usaha, termasuk dalam penderitaan, bukan pada kemerdekaan itu sendiri

Itulah cerita panjang biografi lengkap Mahatma Gandhi – Tokoh Berjiwa Besar dari Timursemoga dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan pembaca.