Biografi Lengkap Salman bin Abdulaziz al-saud – Raja Arab Saudi Ketujuh

Posted on

Biografi Lengkap Salman bin Abdulaziz al-saud – Salman bin Abdulaziz al-saud adalah raja ke tujuh yang saat ini memimpin Arab Saudi. King Salman merupakan raja Arab Saudi ke Tujuh yang menggantikan saudaranya yang terlah wafat pada tahun 2015 yaitu Raja Abdullah. Raja Salaman Abdulaziz al-saud juga merupakan penjaga dua kota suci yaitu Mekkah dan Madinah, beliau juga seorang pemimpin Bani Saud.

Salman bin Abdulaziz al-saud lahir pada tanggal 31 Desember 1935 di Murabba Palace kota Riyadh, merupakan putra ke-25 dari Raja Abdulaziz dan ibunya bernama Hassa binti Ahmed Al Sudairi. Ayahnya adalah raja Arab Saudi yang pertama.

Pendidikan pertama Salman bin Abdulaziz al-saud ditempuh di Princess Scholl yang merupakan sebuah sekolah yang dibangun oleh Raja Abdulaziz khusus untuk anak-anaknya. Disekolah tersebut Raja Salman belajar ilmu agama dan juga belajar ilmu pengetahuan modern.

Pejalanan Karir Raja Salman

Karir Sebagai Wakil Gubernur Riyadh

Pada usia yang masih muda, Raja Salman bin Abdulaziz al-saud di tunjuk menjadi wakil gubernur ketika masih berusia 19 tahun di Provinsi Riyadh periode tahun 1954 hingga 1955. Kemudian pada tahun 1963, Raja Salman dilantik menjadi Gubernur Provinsi Riyadh. Raja Salman memimpin Riyadh selama 48 tahun yaitu dari tahun 1963 hingga tahun 2011.

Karir Sebagai Gubernur Riyadh

Selama menjadi Gubernur Riyadh banyak memberikan kontribusi besar untuk pengembagan Riyadh dari kota menengah menjadi kota besar metropolitan. Beliau juga berhasil meningkatkan pariwisata, proyek-proyek penting, dan investasi asing di dalam negaranya. Selama 48 tahun memimpin Riyadh, beliau juga berhasil mengubah kota padang pasir Riyadh yang terisolasi menjadi kota yang dipadati dengan gedung-gedung pencakar langit, Universitas dan jaringan makanan cepat saji. Beliau juga banyak menarik wisatawan berkunjung ke Riyadh serta menarik modal dan investasi asing masuk ke negaranya. Salman bin Abdulaziz al-saud juga senang menjalin hubungan politik dan ekonomi dengan dunia barat, Beliau juga memiliki pengaruh dalam menentukan arah kebijakan Arab Saudi.

Ketika masa jabatan Salman bin Abdulaziz al-saud, Beliau juga membangun King Saud University di Riyadh. Saat ini Universitas tersebut menjadi salah satu Universitas terbaik di Arab Saudi dan mulai di perhitungkan di dunia pendidikan internasional.

Raja salman juga membuat kebijakan tegas yang beliau putuskan pada tahun 2011 yaitu dnegan mendeportasi pengemis asing di Arab Saudi dan mengadakan program rehabilitasi di departemen sosial bagi pengemis asli Arab Saudi. Pengemis tersebut sengaja memanfaatkan kemurahan hati penduduk Arab Saudi.

Karir Sebagai Menteri Pertahanan

Pada tanggal 5 November 2011, Pangeran Salman di angkat menjadi menteri pertahanan menggantikan saudara kandungnya yang menjadi putra mahkota yaitu Pangeran Sultan bin Abdul Aziz. Pada saat yang sama juga beliau terpilih sebagai Dewan Keamanan Nasional (NSC).

Alasan diangkatnya pangeran Salman menjadi menteri pertahanan adalah beliau memiliki kompetensi yang luar biasa. Raja salam memiliki sifat yang mengedepankan perdamaian dan diplomasi, selain itu karena Pangeran Salman adalah putra generasi tengah dalam keluarga kerajaan.

Menjadi Putra mahkota

Pada tanggal 18 juni 2012, Pangeran Salman diangkat menjadi Putra Mahkota Arab Saudi tak lama selang wafat saudaranya yaitu Putra Mahkota Nayif bin Abdul Aziz, sekaligus didaulat sebagai wakil perdana menteri.

Pada tanggal 27 Agustus 2012, dewan kerahaan mengumunkan Pangeran Salman bertanggung jawab atas urusan negara karena Raja Abdullah mulai sakit-sakitan. Dan pada tanggal 23 Februari 2013, Pangeran Salman meluncurkan akun twitter @KingSalman, untuk mendekatkan hubungannya dengan rakyat.

Diangkat Menjadi Raja Arab Saudi

Pada tanggal 23 Januari 2015, Pangeran Salman secara resmi dinobatkan sebagai Raja Arab Saudi ketujuh menggantikan Raja sebelumnya yaitu Raja Abdullah yang wafat karena penyakit pneumonia.

Setelah resmi dinobatkan menjadi Raja Arab Saudi, Raja Salman kemudian melakukan perubahan disegala bidang dalam negaranya Arab Saudi. Salah satu bentuk reformasi yang beliau lakukan yaitu dengan merubah kaninet pemerintahan di Arab Saudi, selain itu beliau juga melakukan reformasi sosial.

Selama memimpin Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz al-saud ikut andil melalui kebijakan luar negeri Arab Saudi dnegan membasmi pemberontak Syiah Houthi di Yaman, selain itu Beliau juga ikut membasmi kelompok ISIS di Irah dan Suriah.

Saat skandal Panama Papers, nama Raja Salman bin Abdulaziz al-saud muncul dalam halaman tersebut dan disebutkan bahwa ia mengambil hipotek lebih dari 34 juta dollar untuk membeli sebuah properti yang berasa di pusat kota London, Inggris. Menurut berita televisi TeleSUR, Raja Salman memiliki kekayaan sekitar 17 milyar dollar atau sekitar 226 triliun rupiah. Raja Salman juga dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2016 dan berada di posisi 16 oleh majelis Forbes.

Raja adalah Pelayan kota suci

Berbeda dengan raja-raja di neraga lain, Raja Arab Saudi memiliki gelar khadim yang secara harfiayah diartikan sebagai pembantu. Raja-Raja Arab Saudi adalam pembantu atau pelayan dua kota suci yaitu Mekkah dan Madinah. Raja Arab Saudi pertama yang memiliki gelar Khasdim adalah Raja Fahd bin Abdul Aziz yaitu kakak tertua dari Raja Salma pada tahun 1986.

Kehidupan Pribadi

Raja Salman bin Abdulaziz al-saud diketahui memiliki istri pertamanya bernama Sultana binti Turki Al Sudairi yang masih memiliki hubungan keluarga dengannya, sebab Sultana merupakan anak paman dari ibu Raja Salman yaitu Turki bin Ahmad Al Saudiri yang merupakan mantan gubernur provinsi Asir.

Dari pernikahan tersebut, mereka memilihi anak bernama Pangeran Fahd, pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal dan Putri Hassa. Namun pada tahun 2011, Pangeran Fahd meninggal karena gagal jantung, dan pada tahun berikutnya Pangeran Ahmad meninggal karena serangan jantung. Istri raja salman yaitu Sultana binti Turki Al Sudairi meninggal pada tahun 2011.

Saat ini anak Raja Salman yaitu Pangeran Abdulaziz menjadi wakil menteri perminyakan Arab Saudi, dan Pangeran Faisal menjadi gubernur provinsi Madinah.

Sepeninggal istrinya Raja Salman menikah lagi dengan Sarah binti Faisal Al-Saud dan dari pernikahan tersbeut lahir seorang putra bernama pangeran Saud.

Raja Salman juga memiliki istri bernama Fahda binti Falah dan memiliki 6 orang putra. Sumber lain juga menyebutkan bahwa Raja Salman memiliki istri bernama Sultana Binti Mandil Al Mandil Al khaldi dan Wafaa bint Abdullah bin Hanash bin Ali Al Shahri.

Fakta Menarik Tentang Raja Salman

  • Sejak usia 10 Tahun, Raja Salman sudah berhasil menghafal Al-Quran dan menjadi seorang Hafidz dan seorang yang sangat taat dalam beribadah.
  • Raja Salman menjadi orang Arab pertama, keturunan kerajaan dan orang muslim pertama yang menjadi turis luar angkasa dengan menumpang pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat tahun 1985.
  • Raja Salman merupakan gubernur terlama provinsi Riyadh dengan menjabat selama 38 tahun dari 1963 hingga 2011.
  • Raja Salman banyak menerima medali penghargaan dibidang kemanusiaan terkait dengan kepeduliannya dalam memberikan bantuan terhadap bencana kemanusiaan di negara-negara miskin sejak tahun 1956.
  • Raja Salman menerima banyak gelar kehormatan akademik dari berbagai universitas di seluruh dunia.
  • Raja Salman mengidap penyakit Stroke, karena itulah pergerakan bahunya terbatas.
  • Raja salman memiliki akun twitter pribadi yaitu @KingSalman.

Itulah cerita panjang biografi lengkap Salman bin Abdulaziz al-saud – Raja Arab Saudi Ketujuhsemoga dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan pembaca.