Biografi dan Profil Lengkap Ronny Lukito – Pengusaha Tas Eiger

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Ronny Lukito – Pengusaha Tas Eiger

InfoBiografi.Com – Ronny Lukito merupakan seorang pengusaha tas yang memiliki perusahaan bernama B&B Inc. , selain bergerak dalam bidang pembuatan tas perusahaan ini juga bergerak di bidang fashion dan juga aksesoris. Ronny Lukito merupakan anak laki- laki satu-satunya dari 6 bersaudara dari pasangan Lukman Lukito dan Kumiasih yang lahir pada 15 Januari 1962 di Bandung.

Profil Singkat Ronny Lukito

Nama : Ronny Lukito
Lahir:  Bandung, 15 Januari 1962
Nama Orang Tua
Ayah : Lukman Lukito
Ibu : Kumiasih
Anak: Michele Natalie Lukito, Jeanne Lukito, Angel Natalie Lukito, Agnes Lukito
Organisasi Yang Didirikan: Eiger

Perjalanan Hidup dan Karier Ronny Lukito

Masa remaja Ronny di Bandung penuh dengan kesederhanaan dan kerja keras, orang tuanya memiliki toko kecil khusus menjual tas, sejak tahun 1976 saat Ronny masih duduk dibangku STM, toko tersebut memulai memproduksi tas karya sendiri dengan merk dagang Butterfly yang diambil dari nama mesin jahit buatan China yang mereka pakai, Ronny membantu mmbeli bahan dan juga setelah jadi Ia mengantarkan barang dagangannya ke pelanggan. Sebelum berangkat sekolah, Ronny berjualan susu, setelah pulang sekolah Ia menjadi montir di sebuah bengkel motor.

Pada tahun 1979, Ronny ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu di Itenas, namun melihat orang tuanya tidak sanggup membiayai kuliahnya ia memendam keinginannya tersebut. Kemudian ia membantu orang tuanya untuk mengembangkan bisnis keluarga mereka. Ronny mulai memasukan tas produksi keluarganya ke Matahari, walau hanya mendapat sedikit orderan dan terus mengemnbangkan usaha tersebut. Dengan bermodalkan kurang dari 1 juta, Ronny membeli 2 mesin jahit, peralatan jahit dan beberapa bahan untuk membuat tas. Pada tahun 1983-1984, Ronny mulai memproduksi tasnya dengan bantuan seorang pegawai bernama Mang Uwon dan Ia pun berkeinginan untuk dapat memasukkan produknya tersebut ke Matahari mall, pengajuan permohonan untuk memasukkan produk tasnya tersebut selalu ditolak hingga akhirnya pengajuan ke 13 barulah diterima dengan harga jual tas tidak sampai 300 ribu.

Ronny rajin berkeliling daerah untuk mencari mitra pengecer produk tasnya untuk membuka pasar baru. Ronny pada saat itu tidak begitu memahami tentang dunia usaha dan pemasaran, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan. Ronny juga mengikuti kursus manajemen keuangan, belajar privat tentang pengetahuan manajemen, mengikuti seminar, hingga membaca buku.

Pada tahun 1984, Ronny membeli rumah tambahan seluas 600 m2 untuk produksi, pada tahun 1986 Ronny membeli tanah seluas 6000 m2 kembali. Setelah menikah tahun 1986, Ia mempekerjakan marketing professional. Dengan penuh perjuangan tanpa mengenal lelah akhirnya Ronny menjadi pengusaha yang sukses dan kini tidak hanya tas yang ia produksi melainkan sarung handphone, dompet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ronny Lukito Dan 4 Anak Perusahaan Miliknya

Perusahaan yang dimiliki Ronny Lukito yaitu B&B Inc., memiliki 4 anak cabang yaitu :
1. Eksonindo Multi Product Industry, perusahaan miliknya ini memproduksi ransel dan tas kasual dengan merk dagang Exsport.
2. Eigerindo Multi Product Industry, perusahaan miliknya ini memproduksi produk yang berorientasi pada kegiatan petualangan dan alam dengan merk dagang Eiger.
3. Eksonindo Multi Product Industry Senajaya, Perusahaan ini memproduksi produk dengan merk dagang Bodypack untuk menjangkau kalangan pelajar hingga kalangan eksekutif. Awalnya konsep yang dimiliki merk dagang ini adalah Street Gear namun kemudian berganti konsep menjadi Digital Lifestyle.
4. Persada Abadi.

Merk Dagang Produk Milik Ronny Lukito

Eiger
Merk dagang milik Ronny Lukito yang satu ini tidaklah asing lagi bagi para pecinta kegiatan outdoor. Merk dagang Eiger ini lahir pada tahun 1993, nama Eiger sendiri itu diambil dari nama gunung yang ada di Swiss. Pada awalnya merk dagang ini digunakan pada produk tas, namun kini sudah banyak produk lainnya yang dengan merk dagang ini. Pada tahun 1998 Eiger yang tadinya belum memiliki toko dan hanya sekedar rumah kontrakan dengan 2 penjahit kini Eiger telah memiliki pabrik di daerah Soreang, Bandung dengan sekitar 800 penjahit.

Exsport
Ronny kembali membangun tempat produksi didaerah Kopo, Bandung setelah melihat perkembangan yanga ada. Pada areal seluas 6.000 m2 tersebut, diluncurkan tas bermerk dagang Exxon namun kemudian merk dagang tersebut diubah menjadi Exsprot yaitu penggalan dari Export dan Sport dengan pasar yang dituju adalah anak remaja putri.

Bodypack
Produk dengan merk dagang ini difokuskan untuk penunjang aktifitas keseharian yang tidak terlepas dari teknologi digital. Awalnya konsep yang dimiliki merk dagang ini adalah Street Gear namun kemudian berganti konsep menjadi Digital Lifestyle.

Neosack
Merk dagang ini digunakan pada tas sekolah yang ditunjukan untuk remaja SMP dan SMA.

XTREME
Merk dagang ini ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan pengendara motor mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala, terkhusus untuk pria.

Nordwand
Merk dagang ini juga sama dengan produk Eiger yaitu diperuntukan untuk para petualang, namun harganya lebih miring dibanding Eiger.