Biografi dan Profil Lengkap Ray Tomlinson – Penemu Elektronik Mail (Email)

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Ray Tomlinson – Raymond Samuel Tomlinson adalah seorang ilmuwan komputer asal Amerika Serikat lahir di Amsterdam, New York, 23 April 1941. Ia dikenal sebagai penemu sistem surat elektronik untuk sistem ARPANET pada tahun 1971. Ray Tomlinson meninggal di Lincoln, Massachusetts, 5 Maret 2016 pada umur 74 tahun.

Profil Singkat Ray Tomlinson

Nama: Raymond Samuel Tomlinson
Lahir: Amsterdam, New York, Amerika Serikat, 23 April 1941
Wafat: Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat, 5 Maret 2016 (umur 74)
Kebangsaan: Amerika Serikat
Riwayat Pendidikan:
Rensselaer Polytechnic Institute
Massachusetts Institute of Technology
Pekerjaan: Pemrogram, penemu
Dikenal karena: Penemu sistem surat elektronik (Email)

Kehidupan Pribadi dan Riwayat Pendidikan

Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson lahir pada 23 April 1941 di daerah bernama Amsterdam di wilayah New York, Amerika Serikat. Ia dan keluarganya lalu pindah ke daerah atau desa kecil bernama Vail Mills, New York.

Di Saat remaja Ray Tomlinson bersekolah di Broadalbin Central School di daerah Broadalbin, New York. Setelah Lulus dari Broadalbin Central School, Ray Tomlinson kemudian melanjutkan pendidikannya di Rensselaer Polytechnic Institute di wilayah Troy, New York di mana Ray Tomlinson bekerja sama dengan IBM dalam program co-op. Di Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik pada tahun 1963.

Setelah lulus dari Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson kemudian melanjutkan pendidikan untuk gelar Master di Massachusetts Institute of Technology dalam bidang teknik elektro. Di Massachusetts Institute of Technology, Ray Tomlinson bekerja di Speech Communication Group dan disana Ray Tomlinson mengembangkan teknologi analog-digital hybrid speech synthesizer yang dijadikan sebagai subyek untuk tesis Master-nya. Ray Tomlinson lalu menerima gelar S.M. di bidang Teknik Elektro pada tahun 1965.

Pada tahun 1967 Ray Tomlinson bergabung dengan perusahaan teknologi bernama Bolt, Beranek and Newman yang sekarang lebih dikenal dengan nama BBN Technologies, Disana Ray Tomlinson membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Protocol dan implementasi TELNET. Ray Tomlinson menulis sebuah program transfer file yang disebut dengan CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET. Ray Tomlinson diminta untuk mengubah sebuah program yang disebut dengan SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain dari komputer time-sharing, untuk bisa dijalankan pada TENEX. Ray menambahkan kode yang di ambil dari CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan bisa dikirim ke pengguna pada komputer lain dan inilah yang menjadi cikal bakal munculnya E-mail atau elektronik mail.

Menemukan Email

Raymond Tomlinson menemukan email atau elektronik mail berbasis internet pada akhir tahun 1971 di ARPAnet. Inovasi terbesar yaitu email atau surat elektronik, kemampuan untuk mengirim pesan sederhana kepada orang lain melalui jaringan (1971). Waktu itu, ia tengah mengerjakan program yang disebut SNDMSG (send message ) yang memungkinan pengguna komputer yang sama dapat meninggalkan pesan satu sama lain atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Saat itu, ia mencoba sebuah program transfer (CYPNET) yang memungkinkan pengguna komputer mengirimkan file, untuk mengarahkan komputer terhubung dengan ARPANET. Tomlinson lalu berpikir bahwa jika ia menggabungkan SNDMSG dan CYPNET bersamaan, ia mungkin dapat mengirim pesan ke kotak pos elektronik lain dalam sebuah jaringan, semudah mengirimkan suatu file.

Salah satu pertanyaan yang kemudian mengarahkan Tomlinson pada eksperimen lain mengenai e-mail yaitu bagaimana membedakan pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna komputer pada sebuah kantor. Tomlinson terus mempelajari keyboard komputer yang tidak langsung terkait dengan nama orang serta bukan sebuah angka. Akhirnya ia memilih simbol @ sebagai petunjuk alamat pengguna e-mail. Simbol tersebut mewakili tempat dan hanya sebuah preposisi pada sebuah keyboard.

Penggunaan simbol @ tersebut memberikan dampak yang global, Ray Tomlinson mengakui bahwa penemuannya dihasilkan hanya dari berpikir tidak lebih dari 30 atau 40 detik. Ray Tomlinson memilih simbol @ untuk membedakan mana pengguna atau username dengan domain atau alamat server. Simbol @ dibaca “et” yang berarti “di”.

Email pertama yang dikirim Raymond Tomlinson di antara dua komputer yang benar-benar duduk di samping satu sama lain. Namun, jaringan ARPANET digunakan sebagai sambungan antara keduanya. Pesan email yang pertama adalah “QWERTYUIOP”. Pesan QWERTYUIOP bisa jadi pesan bersejarah karena isi pesan pertama yang bisa dikirmkan melalui jaringan ARPANET yang sekarang berkembang menjadi jaringan internet.

Penghargaan Yang Diterima

Adapun penhargaan yang telah diterima oleh Ray Tomlinson berkat temuan Email-nya, diantaranya:

  • George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari Museum Komputer Amerika dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University (2000)
  • Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup (2001)
  • Dilantik ke Rensselaer Alumni Hall of Fame (2001)
  • Penghargaan Inovasi Discover Magazine (2002)
  • Penghargaan Internet IEEE bersama dengan Dave Crocker (2004)
  • Prince of Asturias penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis bersama dengan Martin Cooper (2009)
  • Terdaftar di # 4 pada daftar MIT150 dari 150 inovator atas dan ide-ide dari MIT (2011)
  • Dilantik ke dalam Hall of Fame internet oleh Internet Society (2012)

Wafat

Pada 5 Maret 2016 di Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat, Raymond Samuel Tomlinson meninggal dunia pada umur 74 tahun.

Demikian artikel tentang”Biografi dan Profil Lengkap Ray Tomlinson – Penemu Elektronik Mail (Email)“, semoga bermanfaat