Biografi dan Profil Lengkap Neymar Jr. – Perjalan Karir dan Prestasi Sebagai Pemain Sepak Bola Dunia Terlengkap

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Neymar Jr. – Neymar da Silva Santos Júnior atau lebih dikenal dengan Neymar atau Neymar Jr, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain untuk klub Prancis Paris Saint-Germain. Dia bermain sebagai penyerang atau pemain sayap. Neymar adalah salah satu pemain bola nomor tiga didaftar pemain terbaik dunia dan tinggal menunggu waktu hingga berhasil menggusur Ronaldo dan Messi. Untuk lebih mengenalnya, berikut biografi Neymar.

Profil Singkat Neymar

Nama lengkap : Neymar da Silva Santos Júnior
Tanggal lahir : 5 Februari 1992 (umur 26)
Tempat lahir : Mogi das Cruzes, São Paulo, Brasil
Tinggi : 175 m
Posisi bermain : Penyerang
Klub : Barcelona

Biografi Lengkap Neymar

Neymar memiliki nama lengkap Neymar da Silva Santos Júnior adalah pemain sepakbola kelahiran Mogi das cruzes, Brazil, 5 Februari 1992. Neymar merupakan anak dari pasangan Neymar da Silva Sr. dan Nadine Santos. Ayah Neymar adalah seorang mantan pesepak bola yang membuat neymar tertarik dengan sepak bola.

Tahun 1992, bersama keluarganya neymar pindah ke São Vicente, disanalah ia mulai bermain untuk sisi pemuda Portuguesa Santista. Namun belum ada satu tahun bergabung, ia harus meninggalkan klub tersebut, hal ini disebabkan oleh kepindahan keluarganya ke kota Santos.

Pada tahun 2003, Neymar bergabung dengan klub Santos dan disanalah ia melakukan debut pertamanya selama enam tahun, dan pada saat usia 17 tahun, tepatnya pada 7 Maret 2009 dimana Santos menang dengan skor 201 melawan Oeste. Neymar mencetak 14 gol dari 48 pertandingan di musim perdananya itu.

Neymar memiliki pesona tersendiri dalam permainanya, sehingga ia juga sukses menarik perhatian banyak klub besar seperti Real Madrid. Pada tahun 2010, santos juga menolak tawaran 12juta Pounds untuk Neymar dari tim Liga Utama Inggris West Ham United, dan kemudian tawaran dari klub Inggris lainnya Chelsea, dilaporkan berada di kisaran sebesar £ 20 juta. Meski begitu manajernya saat itu, Wagner Ribeiro, sadar benar keinginan atletnya untuk berkarir di Eropa.

Ia pun tampil gemilang di musim itu dengan meraih penghargaan ajang FIFA Puskas Award (2011) dan South American Footballer of the Year (2011).

Memasuki musim 2012, Neymar semakin tampil gemilang. Dia berhasil mencetak gol ke-100-nya serta memborong sederet penghargaan diantaranya Golden Ball (2012), Runner-Up FIFA Puskas Award (2012) dan South American Footballer of the Year (2012).

Meski sederet prestasi sukses dibuat Neymar bersama Santos FC, mimpinya bermain di laga Eropa membuatnya hijrah ke Barcelona. Ia resmi bergabung bersama Lionel Messi dkk, 25 Mei 2013 dengan masa kontrak 5 tahun.

Neymar membuat debut kompetitf untuk Barcelona selama pertandingan pembukaan musim 2013-1024 La Liga sebagai pengganti menit ke 63 dalam kemenangan 7-0 melawan Levante UD.

Tanggal 21 Agustus, ia berhasil mencetak gol kompetitif pertamanya untuk Barcelona di leg pertama Supercopa de España 2013 melawan Atletico Madrid.

Pada 26 Oktober 2013, Neymar mencetak gol pembuka dalam penampilan El Clásico pertama sebagai pemain Barca mengalahkan Real Madrid 2-1 di Camp Nou. Kemudian di pertandingan tersebut, ia dibantu gol kemenangan tim yang dicetak oleh Alexis Sánchez.

Pada tanggal 11 Desember 2013 Neymar mencatat gol pertama Liga Champions dan ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-1 atas Celtic di pertandingan Grup H.

Pada tanggal 3 Agustus 2017, Neymar resmi pindah ke Paris Saint-Germain setelah menebus buy-out clause seharga €222.000.000 yang mana menjadikan dirinya sebagai pemain termahal di dunia, menggeser Paul Pogba yang pada tahun 2016 memecahkan rekor setelah ditebus seharga €105.000.000.

Posisi utama Neymar bermain biasanya sebagai penyerang depan, pemain sayap atau kadang-kadang sebagai gelandang serang. Neymar juga sering bermain sebagai striker untuk kedua klub dan negara dalam formasi tim 4-3-3 dan melayang sesekali ke posisi sayap karena energik kecepatan dan keterampilan sebagai playmaker. Kemampuan dribblingnya, teknis dan kemampuan playmaking mengingatkan kepada rekan senegaranya Ronaldinho.

Itulah informasi tentang”Biografi dan Profil Lengkap Neymar Jr.“, Karir dan Prestasi Sebagai Pemain Bola Profesional Dunia, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.