Biografi dan Profil Lengkap Najwa Shihab – Presenter Mata Najwa Terlengkap

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Najwa Shihab –  Najwa Shibab dikenal sebagai presenter yang terkenal dengan kecerdasannya dalam membawakan acara talkshow bersama tokoh-tokoh penting Indonesia yang hadir sebagai bintang tamu di Mata Najwa yang saat ini disiarkan di Trans 7, setelah sebelumnya tayang di Metro TV. Untuk lebih mengenal Najwa Shihab, berikut profil dan biografinya.

Biografi Singkat Najwa Shihab

Nama : Najwa Shihab
Tempat Lahir : Makasar, Indonesia
Tanggal : 16 September 1977
Agama : Islam
Orangtua  : (Ayah) Quraish Shihab dan (Ibu)Fatmawati Assegaf
Pasangan : Ibrahim Sjarief Assegaf
Anak : Izzat Assegaf , Namiya (Almh)
Pekerjaan : Presenter Berita
Masa Aktif : 2001-sekarang

Biografi dan Profil Najwa Shihab

Najwa Shihab, ata lebih akrab dipanggil Nana, adalah putri kedua dari seorang Tokoh Muslim Indonesia dan Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII yaitu Quraish Shihab. Nama Najwa Shihab mencuat berkat laporan-laporan dari Aceh, saat bencana Tsunami melanda pada Desember 2004. Liputan dan laporannya dinilai memberi andil bagi meluasnya kepedulian dan empati masyarakat luas terhadap tragedi kemanusiaan tersebut.

Dalam kehidupan pribadi, Najwa Shihab memiliki suami bernama Ibrahim Assegaf dan menikah pada usia muda yaitu 20 tahun. Dari pernikahannya tersebut, ia memiliki anak laki laki bernama Izzat Assegaf (17 tahun) dan bayi perempuan bernama Namiya yang meninggal saat berusia 4 jam pasca kelahirannya.

Mengenai profil kehidupan keluarganya, Nana hidup dalam keluarga yang religius. Masa pendidikan TK dijalaninya di TK Al-Quran Makasar. Sekolah Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah (1984-1990), lalu SMP Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada 1990-1993. Aktivitas sampai SMU, dipimpin ibunya, Nana dengan lima orang saudaranya sejak magrib harus ada di rumah. “Jadi berjamaah magrib, ngaji Al-Quran, lalu ratib Haddad bersama. Itu ritual keluarga sampai saya SMU.” Setelah kuliah, karena banyak kegiatan, Nana baru boleh keluar setelah magrib. I hidup bersama keluarga yang sangat memperhatikan faktor pendidikan.

Saat memasuki perguruan tinggi, Najwa Shihab kuliah di Universitas Indonesia mengambil jurusan Ilmu Hukum dan lulus pada tahun 2000. Meskipun lulus sebagai Sarjana Hukum, Nana lebih memilih terjun di dunia jurnalustik dibandingkan menjadi pengacara.

Nana merintis karirnya di RCTI, dan tahun 2001 ia memilih bergabung dengan Metro TV karena stasiun tersebut dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Namun pada Agustus 2017, melalui episode Catatan Tanpa Titik pada acaranya bertajuk Mata Najwa, ia resmi mengundurkan diri dari Metro TV yang telah membesarkan namanya. Dan pada 10 Januari 2018, bersama Trans 7, Najwa Shihab hadir kembali dengan acara talkshow Mata Najwa yang masih tetap menempati slot yang sama seperti di Metro TV yakni hari Rabu pukul 20:00 WIB.

Najwa Shihab adalah satu-satunya wartawan wanita yang mewawancarai hampir semua tokoh politik nasional melalui progran “Mata Najwa” yang disiarkan di stasiun televisi Metro TV. Najwa adalah orang pertama yang mewawancarai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika selesai pelantikan.

Sampai saat ini, Najwa masih aktih sebagai seorang jurnalis. Najwa rajin memproduksi konten-konten jurnalistik seperti mewawancarai para tokoh-tokoh di Indonesia, membuat berita investigasi yang kemudian ia tayangkan di channel Youtube Mata Najwa miliknya. Sempat vakum di televisi, Najwa Shihab kembali hadir melalui Mata Najwa yang kini ditayangkan di statsiun TV Trans7.

Penghargaan Najwa Sihab

Tahun 2005, Nana memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya untuk laporan-laporannya dari Aceh, saat bencana tsunami melanda kawasan itu, Desember 2004.

Tahun 2006, Nana terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, dan masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards.

Tahun 2006, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

Tahun 2007, Najwa masuk nominasi (5 besar) ajang yang lebih bergengsi di tingkat Asia, yaitu Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter. Pengumuman pemenang dilangsungkan pada bulan November 2007 di Singapura.

Pada awal 2008, Najwa terbang ke Australia sebagai peraih Full Scholarship for Australian Leadership Awards dan mendalami bidang hukum media.

Penghargaan Lain

  • Insan Pertelevisian Terbaik dalam ajang Panasonic Gobel Awards (2016)
  • The Influential Woman of The Year dari Elle Magazine (2016)
  • Most Progressive Figure oleh Forbes Magazine (2015)
  • Presenter Pemilukada Terbaik oleh Badan Pengawas Pemilu (2015)
  • Young Global Leader oleh The World Economic Forum (2011)
  • Highly Commended for the Best Current Affairs Presenter di Asian Television Award (2009 dan 2007)
  • Australian Alumni Award for Journalism and Media (2009)
  • National Award for Journalistic Contribution to Democracy (2010)
  • Jurnalis Terbaik Metro TV 2006
  • Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF)
  • Asian Television Awards (ATA) 2011 Pemenang Kedua atau Highly Commended
  • Best Current Affairs Presenter dalam acara Mata Najwa di Metro TV. Sebelumnya pada tahun 2009 juga menjadi Juara kedua dan pada tahun 2007 menjadi Juara Ketiga.

Itulah artikel tentang “Biografi dan Profil Lengkap Najwa Shihab“, semoga bermanfaat