Biografi dan Profil Lengkap Mohamed Salah – Pemain Sepak Bola Terbaik Afrika

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Mohamed Salah – Mohamed Salah Ghaly, atau lebih dikenal dengan sebutan “Salah” adalah pemain sepak bola asal Mesir yang memperkuat Liverpool sejak Juni 2017. Sebelum memperkuat Fioentina dengan status pinjaman dari Chelsea, Salah mengawali karirnya dengan bermain untuk klun El-Mokawloon pada 2010-2012. Pada tahun 2012, Salah bergabung dnegan klub Swiss Super League ‘Basel’ selama 4 musim dan tercatat sebanyak 47 kali bertanding dnegan menorehkan 9 gol. Berikut biografi lengkapnya.

Biografi Singkat Mohamed Salah

Nama Lengkap : Mohamed Salah Ghaly
Tempat Lahir : Basion. El Gharbia, Mesir
Tanggal Lahir : 15 Juni 1992
Tinggi : 175 cm
Klub Saat ini : Liverpool F.C
Posisi : Gelandang Sayap
Nomor Punggung : 11

Karir Mohamed Salah

  • Tahun 2010-2012 bergabung dengan El Mokawloon
  • Tahun 2012-2014 bergabung dengan Basel
  • Tahun 2014 bergabung dengan Chelsea
  • Tahun 2015-2016 bergabung dengan Fiorentina (pinjaman)
  • Tahun 2016-2017 bergabung dnegan A.S Roma
  • Tahun 2017- sekarang bergabung dengan Liverpool F.C

Biografi Lengkap Mohamed Salah

Mohamed Salah Ghaly adalah seorang pemain sepak bola asal Mesir yang saat ini bermain sebagai gelandang sayap dari klup Liverpool F.C dengan nilai transfer £39 juta dari A.S. Roma, dan Tim nasional Mesir. Salah juga pernah mewakili Mesir ikut bermain pada Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2011 dan olimpiade 2012. Salah juga memenangkan Liga Super Swiss di musim pertamanya dengan Basel dan dianugerahi sebagai Pemain Muda Afrika Terbaik Tahun 2012. Berikut perjalanan karis dari Mohamed Salah.

Karir bersama El Mokawloon
Tahun 2002, seorang bocah kecil dari Mesir berusaha membangun mimpinya untuk menjadi pesepakbola terbaik dunia dimulai dengan sebuah perjuangan belajar bersama klub Junior El Mokawloon.

Selama 8 tahun Mohamed salah menimba ilmu bersama El Mokawloon sampai pada akhirnya ia di proyeksikan ke skuad senior di klub yang sama pada tahun 2010. Selama kurun waktu 2 tahu, Mohamed Salah dipercaya tampil sebanyak 41 kali di awal karir seniornya. Kepercayaan tersebut tidak membuat Salah mengabaikan begitu saja. Terbukti sebanyak 11 gol ia sarangkan ke gawang klub lawan, ini menjadi pembuktian akan kualitas seorang Mohamed Salah dalam bermain.

Namun sayang, sebuah musibah menimpa Mesir, Tepatnya terjadi bencana di Stadion Port Said yang membuat kompetisi sepakbola di negeri tersebut harus terhenti. Asosiasi sepakbola Mesir mengungumkan hal ini secara resmi pada 10 maret 2012. Tentu saja hal ini membuat talenta seperti Mohamed Salah harus terhenti karena tidak adanya sebuah pertandingan yang akan dijalankan.

Karir Bersama Basel
Klub Swiss Super League Basel ternyata memantau Salah untuk beberapa waktu saat bermain bersama klub El Mokawloon, dan setelah bencana di Stadion Port Said Klub mengadakan pertandingan persahabatan dengan Mesir U-23 tim, yang berlangsung pada tanggal 16 maret di Stadion Rankhof, Basel. Meskipun Salah hanya berain pada paruh kedua, ia mampu mencetak 2 gol. Setelah pertandingan tersebut, Basel mengundang Salah untu tetap tinggal di kota tersebut untuk menjalankan trial selama satu minggu. Pada tanggal 10 April 2012, diumumkan bahwa Salah telah menandatangani kesepakatan untuk Basel pada kontrak empat tahun dimulai dari tanggal 15 Juni 2012.

Selama karirnya dengan Basel, Mohamed Salah dipercaya tampil sebanyak 47 kali dan berhasil menyumbang sebanyak 9 gol. Salah satu gol terkesan yang pernah dilakukan adalah ketika salah berhasil menumbangkan klub raksasa sepakbola Inggris Tottenham Hotspur 4-1 melalui adu penalti setelah sebelumnya menghasilkan agregat imbang 4-4. Sayang, di partai semifinal Basel harus tumbang di tangan klub Inggris lain Chelsea.

Karir Bersama Chealsea
Pada 23 Januari 2014, secara mengejutkan Chelsea mengumumkan bahwa telah terjadi kesepakanan untuk transfer Mohamed Salah dari Basel dengan biaya yang dilaporkan sekitar £11 juta. Dan pada tanggal 26 Januari 2014, chealsea mengumumkan jika transfer mohamed salah telah rampung dan menjadikan Salah pemain pertama dari Mesir yang bergabung dengan grup Chealsea asal Inggris tersebut.

Bersama Chealsea, tercatat hanya sekitar 13 kali penampilannya dan berhasil menyumbangkan 12 gol.

Peminjaman Mohamed Salah Untuk Fiorentina
Akibat minimnya menit bermain dan kecilnya kesempatan untuk Salah menembus skuad utama Chealsea, akhirnya Salah dipinjamkan ke klub asal italia, Fiorentina untuk menambah jam terbang Mohamed Salah nantinya.

Selam 2 tahun bermain bersama Fiorentina, Mohamed Salah diberikan waktu menit bermain cukup banyak ditengah musimnya yang terbilang masih cukup muda dan minim pengalaman di liga elit Eropa. Tercatat sekitar 34 kali bermain dengan mencetak 14 gol. Hal ini membuat Fiorentina masih berconkoldo Seria A salah satu kompetisi sepak bola di negara tersebut dna menjadi klub yang menakutkan.

Karir Bersama As Roma
Karirnya yang gemilang bersama Fiorentina membuat klub elit lain tertarik mendatangkan Mohamed Salah, seperti klub As Roma. Namun perjalan klub ibu kota untuk mendatangkan Mohamed Salah ke Stadion Olimpiade Roma tidak berjalan sesuai dengan rencana. Terdengar kabar jika, pihak manajemen Fiorentina merasa kecewa dengan klub sah Mohamed Salah yaitu Chealsea. Karena klasual peminjaman Salah ke Fiorentina mendapatkan hal untuk memperpanjang masa pinjam. Namun, sebelum hal tersebut terjadi, manajemen Chealsea telah menjual Salah ke AS Roma dan ditambah dengan keingingan Mohamed Salah untuk meninggalkan La Viola.

Bersama klub AS Roma, Mohamed Salah bermain sangat impresif. Salah berhasil mengantarkan klub tersebut berada di urutan 2 Liga Seri A setelah sebelumnya kalah selisih dengan Juventus untuk merebutkan liga bergengsi di Itali tersebut. Dari total 31 kali permainan bersama AS Roma, Mohamed Salah berhasil menyumbangkan 15 gol.

Atas karirnya yang begitu cemerlang, membuat Liverpoll F.C mendaratkan Salah ke Anfield untuk awal musim 2017/2018 dengan biaya transfer yang begitu fantastis, yaitu £35 juta.

Karir Bersama Liverpool F.C
Perjalan panjang yang ditempuh Salah, megantarkannya berlabuh bersama klubLiverpool yang membuat namanya semakin bersinar.

Bersama Liverpool, Salah berhasil mencetak gol sebanyak 32 kali dalam 36 pertandingan Liga Primer Inggris, dan membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Liga bergengsi tersebut.

Nama Mohamed Salah kini di sejajarkan dengan nama-nama pemain sepak bola besar lainnya seperti Eden Hazard dan bahkan ada yang menyebutnya Messi dari Mesir!

Demikian informasi tentang”Biografi dan Profil Lengkap Mohamed Salah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.