Biografi dan Profil Lengkap Martin Cooper – Penemu Handphone Pertama

Posted on

Biografi Martin Cooper Penemu Handphone Pertama – Perjalanan karir hingga mendapat penghargaan Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi teknologi di bidang komunikasi

InfoBiografi.Com – Martin Cooper atau yang akrab dipanggil dengan nama Marty merupakan penemu telepon seluler atau handphone yang saat ini banyak digunakan. Marty lahir di Chicago, Illinois, USA pada 26 Desember 1928. Maka berterimaksihlah kepada Beliau, berkatnya saat ini kita bisa menikmati hasil dari karyanya.

Marty merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat ponsel seluler yang berbeda dengan telepon mobil atau Car Phone. Martin Cooper merupakan pendiri sekaligus CEO dari ArrayComm yaitu perusahaan yang meneliti teknologi smart antena dan pengembangan jaringan nirkabel, Ia juga merupakan direktur penelitian dan pengembangan Motorola.

Biografi Singkat

Nama : Martin Cooper
Lahir: Chicago, Illinois, USA, 26 Desember 1928
Pasangan: Arlene Harris
Orang tua: Arthur Cooper, Mary Cooper
Saudara kandung: Will Cooper
Pendidikan: Illinois Institute of Technology  1950 dan 1957

Profil Martin Cooper

Pendidikan Martin Cooper

Martin Cooper menempuh pendidikan di Illinois Institute of Technology (IIT) dan lulus pada tahun 1950. Setelah lulus dari Illinois Institute of Technology (IIT), Cooper terdaftar di Reserve Angkatan Laut Amerika Serikat di mana ia menjabat sebagai perwira kapal selam selama Perang Korea. Pada tahun 1957 Cooper melanjutkan pendidikannya untuk mendapatkan gelar master dari IIT di bidang teknik elektro.

Perjalanan Karier

Setelah perang selesai, Cooper meninggalkan angkatan laut dan ia bekerja di Teletype Corporation di Chicago. Pada tahun 1954, Cooper bergabung dengan Motorola Inc.

Pada awal tahu 1970-an, Mitchell yang pada saat itu merupakan kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola memberikan tanggung jawab kepada Cooper pada divisi Carphone atau telepon mobil. Cooper dan juga Mitchell memimpikan sebuah alat komunikasi yang tidak hanya dalam mobil saja, alat tersebut haruslah memiliki ukuran yang kecil dan juga cukup ringan. Pada tahun 1972, untuk mewujudkan ide penciptaan prototipe pertama tersebut Cooper dan para insinyur membutuhkan waktu sekitar 90 hari. Pada 17 Oktober 1973, Mitchell mempetenkan penemuan Radio Telephone System dengan nomer paten yaitu 3906166, pematenan tersebut kemudian disetujui pada September 1975 atas nama mereka.

Cooper dianggap sebagai penemu telepon genggam seluler atau handphone pertama kali dan juga orang yang pertama kali melakukan panggilan menggunakan prototipe handphone pada 3 April 1973. Pemanggilan pertama tersebut merupakan awal pergeseran fundamental teknologi dan komunikasi ke komunikasi portabel.

Komersialisasi Produk

Handset pertama Motorola DynaTAC, memiliki berat sekitar 2,2 pon atau sekitar 1 kg dan memiliki 35 menit waktu bicara. Pada tahun 1983, setelah empat kali literasi, tim Cooper mengurangi berat handset tersebut menjadi setengah berat awal. Harga untuk produk tersebut yaitu sekitar $ 4 ribu. Sebelum peluncuran Cooper meninggalkan Motorola dan mendirikan Cellular Business Systems, Inc. (CBSI), namun pada tahun 1986 Cooper menjual CBSI kepada Cincinnati Bell (sekarang Convergys) seharga $23 juta.

ArrayComm

Pada tahun 1992, Cooper bersama dengan Richard Roy, seorang peneliti dari Universitas Stanford mendirikan ArrayComm yaitu sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak teknologi antena ponsel yang digunakan untuk 2 ponsel seluler dan internet nirkabel jarak jauh.

Penghargaan dan afiliasi yang didapatkan Martin Cooper

Pada tahun 1995, Martin Cooper mendapatkan penghargaan Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi teknologi di bidang komunikasi. Martin Cooper juga merupakan anggota Mensa International. Pada tahun 2000 Martin Cooper masuk dalam jajaran 10 Pengusaha terbaik (Top Ten Enterpreneurs) versi majalah Red Herring. Pada tahun 2009, bersama dengan Raymond Tomlinson, Cooper dianugerahi Prince of Asturias yaitu sebuah penghargaan bagi penelitian ilmiah dan teknis penelitian. Selain itu masih banyak lagienghargaan dan juga afiliasi yang didapatkan oleh Martin Cooper.