Biografi dan Profil Lengkap Jimmy Wales – Pendiri Situs Referensi Wikipedia

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Jimmy Wales – Jimmy Wales merupakan pendiri dan anggota dari Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia. Jimmy Wales atau yang juga dikenal dengan Jimbo ini lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus 1966.

Profil Singkat Jimmy Wales

Nama : Jimmy Donal Wales
Nama lain: Jimbo/Jimmy Wales
Lahir: 7 Agustus 1966, Huntsville, Alabama, Amerika
Pasangan:
Christine Rohan (m. 1
Pamela Green
Pendidikan:
Randolph School
Universitas Auburn (1986)
Universitas Alabama
Universitas Indiana Bloomington
Anak:
Kira Wales
Ada Wales
Orang Tua:
Doris Wales
Jimmy Wales
Pekerjaan:
President dari Wikia, Inc.
Board member and Chair Emeritus of the Wikimedia Foundation

Kehidupan Pribadi dan Pendidikan

Jimmy Donal Wales lahir di Huntsville, Alabama pada 7 Agustus 1966. Ayah Jimmy merupakan seorang manajer toko kelontong, sementara ibunya Doris dan neneknya Erma mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa sekolah tradisional dengan satu ruang kelas, ini juga tempat Jimmy bersekolah. Karena jumlah murid yang sekelas dengan Jimmy selalu hanya empat anak, pihak sekolah menyatukan murid kelas satu hingga kelas empat dan kelas lima hingga kelas delapan.

Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School yaitu sebuah sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswa. Di sini, Jimmy banyak mengenal aplikasi teknologi dalam dunia pendidikan. Ia pun akhirnya tertarik untuk mempelajari dan berbagi dengan orang lain tentang apapun yang ia ketahui.

Selanjutnya, Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari Universitas Auburn dan melanjutkan kembali pendidikannya di bidang keuangan di Universitas Alabama dan mendapatkan gelar master dalam bidang keuangan. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di kedua universitas tersebut, namun ia tidak mengerjakan disertasi yang diperlukan untuk memperoleh gelar Ph.D.

Perjalanan Karier dan Mendirikan Wikipedia

Sejak 1994 hingga 2000, Wales bekerja sebagai direktur riset di Chicago Options Associates, suatu perusahan pialang bursa berjangka dan option di Chicago. Pada 1996, ia mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis, yang juga menjual hal-hal yang bersifat erotis hingga pertengahan 2005.

Pada maret 2000, Ia mendirikan esiklopedia yang dapat disunting oleh khalayak ramai tapi di awasi oleh orang terkemuka di bidangnya masing-masing, eksiklopedisa tersebut bernama Nupedia.com dan ia mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief.

Pada 10 Januari 2001, Larry Sanger mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan peranti lunak wiki dan pada 15 Januari 2001 Wales berusaha mewujudkannnya dan meluncurkannya. Saat itu, Wikipedia merupakan situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh khalayak ramai untuk diperiksa oleh para ahli lalu dimasukkan ke Nupedia, namun perkembangan Wikipedia yang begitu cepat menjadikannya sebagai proyek yang lebih berkembang dan Nupedia menjadi terbengkalai. Kemudian pada 200 Sanger mengundurkan diri dari proyek tersebut.

Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih.

Menurut Daniel H. Pink dari majalah Wired, hingga 2004 Wales sudah memakan biaya lebih kurang US$500.000 untuk mendirikan dan mengoperasikan proyek Wiki-nya, hampir semua biaya tersebut berasal dari kantungnya sendiri. Pada akhir pengumpulan dana yaitu Februari 2005, Yayasan Wikimedia telah didukung sepenuhnya oleh sumbangan dan hadiah. Wales menjadi semakin terlibat dengan mempromosikan dan berbicara mengenai proyek Wikimedia, dan untuk melakukan hal tersebut, ia mengunjungi konferensi dan pertemuan seperti Wikimeets dan Wikimania.

Penghargaan Yang Diterima

Pada 2005, Jimmy ditunjuk menjadi anggota Berkman Center for Internet and Society di Harvard Law School. Pada 31 Oktober 2005, Wales bergabung dengan dewan direksi Socialtext yaitu perusahaan pengembang teknologi wiki untuk bisnis. Pada 2006, Jimmy bergabung dengan dewan direksi Creative Commons yaitu suatu organisasi nirlaba.

Pada 3 Juni 2006, Wales menerima gelar kehormatan dari Knox College. Pada 3 Mei 2006, Yayasan Electronic Frontier memberikan penghargaan Pioneer Award kepadanya.

Wales merupaka orang pertama yang masuk dalam daftar “Scientists & Thinkers” pada majalah Time edisi khusus 8 Mei 2006.

Demikian artikel tentang”Biografi dan Profil Lengkap Jimmy Wales – Pendiri Situs Referensi Wikipedia“, semoga bermanfaat