Biografi dan Profil Lengkap James Watt – Ilmuwan Penemu Mesin Uap

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap James Watt Penemu Mesin Uap dan Salah Satu Pendorong terjadinya Revolusi Industri,

InfoBiografi.Com James Watt merupakan seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Pria kelahiran Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736 ini merupakan salah satu tokoh penemu penting yang pernah ada. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien dan mesin uap tersebut menjadi salah satu pendorong terjadinya revolusi industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Ia meninggal di Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik. Kali ini infobiografi.com akan membahas biografi James Watt dengan lengkap. Simak ulasan dibawah ini.

Profil Singkat James Watt

Nama :James Watt
Lahir: 30 Januari 1736, Greenock, Britania Raya
Meninggal: 25 Agustus 1819, Handsworth, West Midlands, Britania Raya
Orang tua: James Watt, Agnes Muirhead
Pasangan: Ann MacGregor (m. 1777–1819), Margaret Miller (m. 1764–1772)
Anak: Gregory Watt, James Watt Junior, Janet Watt, Margaret Watt.

Profil Lengkap James Watt

Penemuan Mesin Uap Oleh James watt

James Watt merupakan orang Skotlandia yang sering dihubungkan dengan penemu mesin uap dan juga tokoh kunci Revolusi Industri. Sebenarnya, Watt bukanlah orang pertama yang menciptakan mesin uap. Rancangan serupa pernah dilakukan oleh Hero dari Iskandariah pada awal tahun Masehi. Pada tahun 1686 Thomas Savery mematenkan sebuah mesin uap yang digunakan untuk memompa air, dan Pada tahun 1712, Thomas Newcomen pula mematenkan temuan serupa dengan versi yang lebih sempurna, namun mesin ciptaan Newcomen masih bermutu rendah, kurang efisien dan hanya dapat digunakan untuk pompa air dari tambang batubara.

Pada tahun 1764, Watt tertarik dengan mesin uap karena memperhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien saat ia sedang membetulkannya. Meskipun hanya mendapat pendidikan sebagai tukang perkakas selama setahun, Ia memiliki bakat yang besar. Ia melakukan penyempurnaan-penyempurnaan pada mesin uap ciptaan Newcomen.

Pada tahun 1769, keberhasilan Watt yang pertama yaitu penambahan ruang terpisah yang diperkokoh dipatenkan. Ia juga membuat isolasi pemisah agar mencegah hilangnya panas pada silinder uap dan pada tahun 1782, ia menemukan mesin ganda. Dengan beberapa perbaikan kecil, pembaruan ini menghasilkan peningkatan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih.

Pada tahun 1781, Watt menemukan seperangkat gerigi unhtuk mengubah gerak balik mesin menjadi gerak berputar. Pada 1788, Ia berhasil menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis yang dapat membuat kecepatan mesin dapat diawasi secara otomatis. Pada 1790, Ia juga menciptakan alat pengukur tekanan. Selain itu Ia menciptakan alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap.

Pada tahun 1775, Watt melakukan kerjasama dengan Metthew Boulton seorang insinyur dan juga pengusaha. Setelah 25 tahun, perusahaan mereka memprodukisi mesin uap dalam jumlah besar dan hal tersebut membuat mereka kaya raya. Mesin uap yang berkerja ganda temuan Watt pada 1769 itu, memiliki peranan penting dalam revolusi industri.

Lahirnya Revolusi Industri

Di samping manfaat tenaga untuk pabrik, mesin uap juga memiliki manfaat besar di bidang-bidang lain. Pada tahun 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans berhasil menggunakan mesin uap sebagai penggerak kapal. Pada tahun 1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama. Tak satu pun model-model pemula itu berhasil secara komersial. Dalam tempo beberapa puluh tahun, barulah baik kapal maupun kereta api menghasilkan revolusi baik di bidang pengangkutan darat maupun laut.

Revolusi Industri berlangsung hampir bersamaan dengan Revolusi Amerika maupun Perancis. Walaupun pada waktu itu tampak sepele, kini tampak jelas betapa Revolusi Industri itu seakan digariskan memiliki makna jauh lebih penting untuk kehidupan manusia dibanding arti penting revolusi politik. Oleh sebab itu, James Watt tergolong menjadi salah satu orang yang memiliki pengaruh penting dalam sejarah.