Biografi Dan Profil Lengkap Al-Khawarizmi – Tokoh Penemu Aljabar

Posted on

Biografi Dan Profil Lengkap Al-Khawarizmi Sebagai Tokoh Penemu Aljabar dan Angka Nol

InfoBiografi.Com – Al-Khawarizmi merupakan seorang ahli di bidang matematika, astronomi, geografi dan astrologi yang berasal dari Persia. Al-Khawarizmi bernama asli Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi, Beliau lahir di Bukhara dan hidup di Khwarizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) pada sekitar tahun 780 M di dan Beliau wafat pada sekitar tahun 266 H/850 M di Bagdad. Al-Khawarizmi dikenal sebagai penemu Aljabar dan angka nol (0). Al-Khawarizmi juga dikenali dengan nama Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff, di dunia Barat Al-Khawarizmi dikenali sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi dan beberapa ejaan lainnya.

Profil Singkat Al-Khawarizmi

Nama :Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi
Dikenal : Al-Khawarizmi
Lahir :  780 M
Wafat : 266 H/850 M
Dikenal Sebagai : Penemu Aljabar

Al-Khawarizmi Guru Aljabar di Eropa

Al-Khawarizmi menciptakan penggunaan Secans dan Tangen dalam penelittian trigonometri dan Astronomi. Saat masih muda, Al-Khawarizmi bekerja di Bayt al-Hikmah di Bagdad pada saat pemerintahan Khalifah al-Ma’mun. Al-Khawarizmi bekerja si sebuah Observatory yakni sebuah tempat belajar matematika dan astronomi. Selain itu, beliau juga dipercaya sebagai pemimpin perpustakaan khalifah.

Pada dunia Islam, Al-Khawarizmi pernah memperkenalkan angka-angka dan cara perhitungan India. Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai penullis Ensiklopedia berbagai disiplin, tokoh yang pertama kali memperkenalkan al-jabar dan hisab (perhitungan) dserta berbagai ilmu pengetahuan seta konsep di didang matematika yang kita masih pelajari hingga sekarang.

Selain pada bidang matematika, Al-Khawarizmi juga terkenal di bidang ilmu Falaq atau Astronomi yaitu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bintang-bintang yang melibatkan kajian tentang kedudukan, pergerakan, pemikitran serta tafsir yang berkaitan dengan bintang.

Karya Dari Al-Khawarizmi

Semasa hidupnya, Al-Khawarizmi mengabdikan siri sebagai dosen sekolah kehormatan di Bagdad. Sebagai Ilmuan, beliau telah menciptakan berbagai karya diantaranya al-Kitab al mukhtasar fi hisab aljabr wa’l-muqabala yaitu buku yang berisi tentang rangkuman perhitungan, penimbangan serta perlengkapan (berisi rangkuman dasar-dasar aljabar). Kitab al-Jam’a wal-tafriq bi-hisab al-Hind atau Dixit Algirizmi yaitu buku yang berisi tentangpengiraan dan penjumlahan berdasarkan sistem kalkulasi hindu. Kitab Surah Al-Ard yaitu buku yang berisi tentang rekonstruksi planetarium dan berbagai karya lainnya. Algebra yaitu buku yang diklasifikasi oleh para sejarawan bahwa buku ini berisi tentang dasar- dasar ilmu matematika yang dapat diterapkan di kehidupan sehari hari.

Karyanya yang berjudul al-Kitab al mukhtasar fi hisab aljabr wa’l-muqabala (The Book of Restoring and Balancing) adalah karyanya yang menjadi titik awal Aljabar dalam dunia islam. Penamaan aljabar sendiri diambil dari judul buku tersebut yaitu al-jabr. Lewat buku tersebut Ia dikenal sebagai Bapak Aljabar

Selain aljabar, dalam bidang ilmu matematika Al-Khawarizmi juga memperkenalkan aritmatika, geometri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peranan Serta Sumbangan Yang Di berikan Al-Khawarizmi

Sistem Nomor
Al-Khawarizmi memperkenalkan konsep sifat dan juga sistem nomor yang banyak digunakan pada zaman sekarang. Karyanya ini memuat tentang Cos, Sin dan Tan yang digunakan dalam penyelesaian persamaan trigonometri , teorema segitiga sama kaki dan perhitungan luas segitiga, segi empat dan lingkaran dalam geometri.

Singkat penjabaran yang dapat kami sampaikan dalam posting kali ini tentang Biografi Dan Profil Lengkap Al-Khawarizmi, semoga apa yang kami tulis dan sampaikan di artikel ini dapat menjadi literatura yang bermanfaat untuk pembaca yang budiman.