Biografi dan Profil Lengkap Agus Rahardjo – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2015-2019

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Agus Rahardjo – Sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2015-2019 

InfoBiografi.Com Agus Rahardjo merupakan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilantik oleh -residen Joko Widodo pada tanggal 21 Desember 2015. Diangkatnya Agus Rahardjo sebagai ketua KPK didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 133/P/2015 tentang Pengangkatan Pimpinan KPK masa bakti 2015-2019. Agus Rahardjo menggantikan ketua KPK sebelumnya yaitu Abraham Samad yang terpilih setelah komisi III DPR RI menggelar pemungutan suara untuk menentukan Ketua KPK selanjutnya. Agus Rahardjo terpilih setelah berhasil mengumpulkan 44 suara dan unggul diatas Irjen Pol Basariah Rahardjo yang hanya mengantongi suara sebanyak 10 dari total 54 suara. Untuk mengetahui lebih lengkap info biografi tentang Agus Rahardjo, simak ulasan dibawah ini.

Biografi singkat Agus Rahardjo

Nama : Ir. Agus Rahardjo , MSM
Tempat/ tanggal lahir : Magetan, 1956
Nama Orang Tua : Basoeki (Ayah), Suminah (Ibu)
Istri : Tutik Supriyati
Pendidikan TInggi:

  • (S1) Teknik Sipil, ITS Surabaya
  • (S2) Arthur D. Little Management Education Institute, Amerika Serikat

Karir:

  • Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (2006)
  • Ketua LKPP (2010)
  • Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) (2015)

Biografi lengkap Agus Rahardjo

Profil Pendidikan dan Kehidupan Agus Rahardjo

Agus Rahardjo merupakan putra kedua dari pasangan Basoeki dan Suminah, beliau lahir di Magetan Jawa Timur pada tahun 1956. Sejak kecil Agus Rahardjo tinggal di Jl. Biliton, Desa Kepolorejo, Magetan, Jawa Timur.

Agus Rahardjo kecil menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kapolorejo di Magetan, dan melanjutkan pendidikan selanjutnya SMP dan SMA di Magetan. Setelah lulus dari pendidikan menengah atas, Agus Rahardjo melanjutkan studinya di ITS Surabaya dengan mengambil jurusan Teknik Sipil, karena ia bercita-cita menjadi seorang kontraktor.

Setelah berhasil lulus dari ITS Surabaya, Agus Rahardjo melanjutkan pendidikan lagi di luar negeri dengan belajar di Cambridge, Amerika Serikat tepatnya di Arthur D. Little Management Education Institute. Agus Rahardjo tinggal dan bekerja di Amerika Serikat selama lima tahun yaitu antara tahun 1995 hingga 1997 dan aktif sebagai pembicara di lembaga Internasional di Paris, Perancis.

Perjalanan Karir di Indonesia

Setelah kembali ke Indonesia, Agus Rahardjo kemudian menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan kemudian tinggal di Jakarta. Agus Rahardjo menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) pada tahun 2006.

Pada tahun 2008 Agus Rahardjo menjadi sekretaris Lembaga Kebijakna Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yaitu lembaga non-kementrian dan kemudian Agus Rahardjo menjadi ketua LKPP 2 tahun kemudian untuk menggantikan Roestam Syarief. Selain itu Agus Rahardjo juga pernah menjabat sebagai direktur dari pendidikan Bappenas.

Terpilih Menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Awal gabungnya Agus Rahardjo dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dimulai ketika ia bergabung bersama ketua KPK saat itu yaitu Busyiro Muqodas untuk mendeklarasikan kegiatan Anti Korupsi. Hingga ketika Panitia Seleksi (Pansel) membuka pendaftaran seleksi pimpinan KPK, Agus Rahardjo termasuk dari 50 orang yang dihubungi khusus oleh Pansel untuk ikut mendaftar menjadi komisioner periode 2015-2019.

Kemudian Pansel melakukan eleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Komisi III DPR RI bersama dengan badan pemerintah lainnya yaitu PPATK, Polri, BIN dan Kejaksaan Agung. Dan pada tanggal 17 Desember 2015, Agus Rahardjo terpilih menjadi ketua KPK berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh anggota DPR RI.

Pada tanggal 21 Desember 2015, Presiden RI Joko Widodo secara resmi melantik Agus Rahardjo menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2015-2019. Agus Rahardjo merupakan seorang Insinyur pertama yang mempimpin lembaga penegakan hukum tanpa latar belakang pendidikan tinggi formal hukum dan tanpa memliki pengalaman karir di bidang hukum di Indonesia.

Riwayat Perjalanan Karir Agus Rahardjo

  • Staf Perencanaan Pembangunan Bappenas (Anggota)
  • Bappenas Direktur Sistem dan Perencanaan Prosedur
  • Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) (Kepala) (2006)
  • Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)( Sekretaris Utama) (2008)
  • Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ( Kepala) (2010)
  • Komisi Pemberantasan Korupsi Ketua (2015-2019)

Itulah penjabaran lengkap tentang Biografi dan Profil Lengkap Agus Rahardjo , semoga apa yang telah kami tulis dapat menjadi bahan bacaan yang berkualitas untuk para pembaca.