Biografi dan Profil Lengkap Agnes Mo – Penyanyi Berbakat Indonesia

Posted on

Biografi dan Profil Lengkap Agnes Mo – Agnes Monica Muljoto atau lebih dikenal dengan Agnes Mo adalah seorang penyanyi dan artis berkebangsaab Indonesia. Penyanyi kelahiran Jakarta, 1 Juli 1986 ini telah memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik.

Profil Singkat Agnes Mo

Nama: Agnes Monica Muljoto
Lahir: Jakarta, Indonesia, 1 Juli 1986
Pekerjaan: Penyanyi, aktris, penari, presenter, pencipta lagu, perancang busana, model
Tahun aktif:1992 – sekarang
Tinggi badan:160 m (524 ft 11 in)
Orang tua:
Ricky Muljoto
Jenny Siswono
Pendidikan:
Sekolah Pelita Harapan (2004)
Universitas Pelita Harapan
Universitas Negeri Oregon
Agama: Kristen Protestan

Kehidupan dan Pendidikan

Agnes Monica Muljoto lahir di Jakarta, 1 Juli 1986, Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Muljoto. Agnes memiliki seorang kakak laki-laki bernama Steve Muljoto yang kemudian menjadi manajernya. Agnes menyelesaikan pendidikan dasar di SD Tarakanita Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya ke SLTP Pelita Harapan. Di sekolahnya, Agnes merupakan siswi yang rajin dan berprestasi di bidang akademik, meskipun memiliki kesibukan dengan aktivitas luar sekolah seperti kursus piano, bahasa Inggris, dan bulu tangkis tidak menghalangi Agnes untuk berprestasi. Setelah lulus SLTP Pelita Harapan, Agnes melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertamanya di SMA Pelita Harapan.

Bakat Agnes di bidang seni sudah telihat sejak masih kanak-kanak, khususnya bidang tarik suara. Selain di gereja, Agnes juga ikut kursus vokal di beberapa tempat. Setelah lulus SMA, di tengah kesibukannya yang makin padat Agnes melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi dengan jurusan pendidikan Hukum di Universitas Pelita Harapan (UPH). Namun, akhirnya Agnes memutuskan untuk mundur dari UPH karena kesibukannya dalam menjalani karier dan mempersiapkan rencana untuk go international. Tidak lama setelah Agnes memutuskan mundur dari bangku kuliahnya, Agnes melanjutkan studinya kembali dengan mengambil program Distance Education di Oregon States University (USO) jurusan Political Science.

Perjalanan Karier dan Go Internasional

Bakat di bidang seni Agnes sudah telihat sejak masih kanak-kanak. Menginjak usia enam tahun, Agnes memulai kariernya sebagai penyanyi cilik dan merekam album anak-anak pertamanya yang berjudul Si Meong. Pada tahun 1995, Nama Agnes melambung sebagai penyanyi cilik saat merilis album duet bersama Eza Yayang yaitu Yess! . Pada tahun 1999, album tersebut dinobatkan sebagai “Album Anak-Anak Terbaik” . Album lain yang telah dirilis Agnes yaitu Bala-Bala. Ketiga album tersebut berhasil menyandingkan Agnes ke jajaran penyanyi cilik terpopuler di era 1990-an. Selain bernyanyi dan merilis album, Agnes juga menjadi presenter acara anak-anak diantaranya Video Anak Anteve (VAN) di Antv, Tralala-Trilili di RCTI, dan Diva Romeo di Trans TV. Keikutsertaannya menjadi presenter dalam acara anak-anak tersebut, Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards sebagai Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit selama dua tahun berturut yaitu pada tahun 1999 dan 2000.

Menginjak usia remaja, Agnes mulai mencoba terjun ke dunia seni peran, pada tahun 1999 ia ikut serta dalam sinetron Lupus Millenia dan Mr. Hologram . Pada tahun 2000, Agnes menjadi pemeran utama di sinetron Pernikahan Dini bersama Sahrul Gunawan. Sinetron tersebut berhasil melambungkan nama Agnes dan menghapus citranya sebagai seorang artis cilik. Akting Agnes dalam sinetron tersebut berhasil meraih penghargaan “Aktris Terfavorit” pada Panasonic Awards tahun 2001 dan 2002, dan SCTV Awards sebagai “Aktris Ngetop” tahun 2002.

Selain itu, Agnes juga menyanyikan dua lagu ciptaan Melly Goeslaw berjudul “Pernikahan Dini” dan “Seputih Hati” sebagai lagu tema sinetron Pernikahan Dini. Lagu tersebut merupakan penampilan pertama Agnes sejak kemunculannya sebagai penyanyi cilik beberapa tahun silam. Kedua lagu tersebut telah dirilis dalam album kompilasi bertajuk Love Theme (2001). Sepanjang tahun 2002, Agnes membintangi tiga judul sinetron, diantaranya Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap, dan Amanda. Ia juga berkolaborasi dengan penyanyi Yana Julio dalam lagu “Awan dan Ombak” dalam album Jumpa Lagi.

Pada 8 Oktober 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya bertajuk And the Story Goes. Penggarapan album ini melibatkan Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw. Dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2004, Agnes memenangkan tiga penghargaaan dari total sepuluh nominasi diantaranya “Artis Pop Solo Wanita Terbaik” untuk lagu “Jera”, “Karya Produksi Dance/Tehno Terbaik” untuk lagu “Bilang Saja”, serta “Duo/Group Terbaik” untuk kolaborasinya dengan Ahmad Dhani di lagu “Cinta Mati”. Ia juga berhasil meraih penghargaan sebagai “Pendatang Baru Terbaik” pada Anugerah Planet Muzik 2004 di Singapura. Kesuksesan di usia yang masih sangat muda membuat Agnes mendapat julukan “Diva Muda” Indonesia.

Sepanjang tahun 2003, selain disibukan dengan perilisan album pertamanya, Agnes juga berperan dalam sinetron Cewekku Jutek sebagai pemeran utama bersama Roger Danuarta. Tahun berikutnya, Agnes membintangi dua sinetron kembali yaitu Bunga Perawan dan Cantik. Penampilan dalam tiga sinetron tersebut mengantarkan Agnes kembali meraih penghargaan Panasonic Awards 2003 sebagai “Aktris Terfavorit” dan SCTV Awards 2004 sebagai “Aktris Ngetop”.

Pada 10 Desember 2005, Agnes kembali merilis album keduanya bertajuk Whaddup A’..?!. Dengan album ini, Agnes kembali mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya dalam Anugerah Musik Indonesia 2006, Agnes mendapatkan dua penghargaan yaitu “Artis Pop Wanita Terbaik” dan “Karya Produksi R&B Terbaik” untuk lagu “Bukan Milikmu Lagi”. Dalam ajang Penghargaan MTV Indonesia 2006, Agnes kembali meraih trofi “Most Favorite Female” berkat lagu “Tak Ada Logika”. Album Whaddup A’..?! juga mendapatkan triple platinum untuk angka penjualan album yang mencapai lebih dari 450.000 keping.

Pada tahun 2005, Agnes dalam serial drama Asia berjudul The Hospital di Taiwan bersama Jerry Yan, salah satu personel F4. Selain itu, Agnes juga ikut dalam syuting serial Romance in The White House bersama Peter Ho.

Pada awal 2007, Agnes ditunjuk oleh DEA (Drugs Enforcement Administration) dan IDEC Far East Region sebagai duta anti narkoba se-Asia. Pada 15 Mei 2007, Agnes menjadi artis pembuka konser grup R&B Amerika Serikat Boyz II Men di Istora Senayan, Jakarta. Pada 23 Juni 2007, Agnes menggelar konser tunggal untuk pertama kali di Stadium Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, yang disaksikan sebanyak 3.000 penonton. Agnes juga menjadi bintang tamu khusus dalam panggung final Asian Idol yang digelar pada 16 Desember 2007 dengan membawakan lagunya berjudul “Get Up”.

Pada awal tahun 2008, Agnes kembali membintangi sinetron berjudul Jelita. Agnes mulai menggarap album studio ketiganya dan merilis lagu “Matahariku” lebih awal sebagai single pertama. Lagu Matahariku, membawa Agns mendapat penghargaan di MTV Indonesia Awards sebagai “Most Favorite Female” serta Anugerah Musik Indonesia 2009 sebagai “Artis Pop Solo Wanita Terbaik”. Sebelum resmi merilis album studionya, Agnes merilis album mini dengan 2 single “Godai Aku Lagi” dan “Matahariku”. Agnes juga membintangi sinetron keduanya pada tahun 2008 berjudul Kawin Masal.

Pada 1 April 2009 Agnes, Agnes resmi merilis album ketiganya ybertajuk Sacredly Agnezious. Pada MTV Indonesia Awards 2009, Agnes mendapatkan dua penghargaan sebagai “Most Favorite Female” serta “Artist of the Year” . Pada Anugerah Musik Indonesia pada tahun berikutnya, Agnes berhasil meraih dua penghargaan kembali untuk kategori “Album Pop Terbaik”, “Artis Solo Pop Wanita Terbaik” dan “Album Terbaik”

Pada 2 Februari 2011, Agnes kembali merilis album kompilasi terbaik berjudul Agnes Is My Name. Album ini memuat sepuluh single pilihan dari tiga album studio sebelumnya, ditambah dua lagu terbaru “Karena Ku Sanggup” dan “Paralyzed”. Agnes menerima penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) atas dedikasi dan sumbangsihnya, baik berupa pemikiran ataupun perbuatan, bagi kemajuan dan perkembangan serta pelestarian musik Indonesia. Dan untuk kesekian kalinya Agnes kembali meraih penghargaan di Anugerah Musik Indonesia tahun 2011 sebagai “Artis Solo Wanita Terbaik”.

Pada September 2011, Agnes berduet dengan penyanyi senior Amerika Serikat Michael Bolton dengan lagu “Said I Loved You…But I Lied”

Pada 2012 Mnet Asian Music Awards, Agnes memenangkan kategori Best Asian Artist Indonesia. Pada tahun 2013, Agnes Mo juga mendapatkan penghargaan Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013.Tak hanya di kategori Best Singer, Ia juga berhasil menggeser posisi Justin Bieber dalam kategori Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013. Dengan perolehan 1199 suara untuk Agnes dan 74 suara untuk Justin Bieber.

Pada 22 September 2017, Agnez Mo kembali merilis single terbaru berjudul Long As I Get Paid dan hingga kini music video lagu tersebut telah ditonton sebanyak 14 juta lebih viewers di Youtube.

Kehidupan Pribadi

Soal asmara, Agnes sngat tertutup dan menyatakan bahwa memiliki kekasih bukanlah prioritas hidup dan kehidupan asmaranya harus tetap menjadi hal pribadi. Meski begitu, tahun 2003 beredar rumor bahwa Agnes memiliki hubungan spesial dengan mentalis Deddy Corbuzier. Pada November 2007, terungkap Agnes menjalin kasih dengan Dirl meskipun hubungan ini tidak bertahan lama. Pada Maret 2009, dirumorkan bahwa Agnes sedang dekat dengan dr. Neil, seorang dokter berkebangsaan Jepang. Pria lainnya yang pernah dikabarkan dekat dengan Agnes diantaranya Daniel Mananta, Rezky Aditya, dan Siwon Super Junior. Pada tahun 2010, Agnes digosipkan berpacaran dengan pebasket Denny Sumargo. Pada tahun 2013, Agnes kembali dikabarkan menjalin hubungan dengan Bing Chen, kepala Global Creator Development & Management YouTube. Saat ini Agnes sedang menjalin hubungan dengan pemain basket, Wijaya Saputra.

Demikian artikel tentang”Biografi dan Profil Lengkap Agnes Mo – Penyanyi Berbakat Indonesia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.