Biografi dan Profil David De Gea – Karir dan Prestasi Kiper Terbaik Asal Spanyol

Posted on

Biografi dan Profil David De Gea – David De Gea adalah seorang penjaga gawang muda yang saat ini membela klub Manchester United. Sebagai kiper muda, De Gea sudah pasti lebih memiliki skill dan respon yang cukup bagus, bermain di klub ternama bisa menjadi bekal De Gea untuk masa depan nanti. Lebih lengkap simak biografi dibawah ini.

Biografi Singkat David De Gea

Nama Lengkap : David De Gea Quintana
Nama Panggilan : De Gea
Tanggal Lahir : 7 November 1990
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tinggi Badan : 1.93 m
Klub Saat ini : Manchester United
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Penjaga Gawang
Nomor Punggung : 1

Perjalanan Karir David De Gea Quintana :

Karir Junior :

  • Tahun 2001 Sampai 2008 Bermain di Athletico madrid (Junior)

Karir Senior :

  • Tahun 2008 Sampai 2009 Bermain di Athletico Madrid B
  • Tahun 2009 sampai 2011 Bermain di Athletico Madrid
  • Tahun 2011 Sampai sekarang Bermain di Manchester United

Karir Timnas :

  • Tahun 2004 Bermain di Timnas Spanyol U-15
  • Tahun 2007 Bermain di Timnas Spanyol U-17
  • Tahun 2007 Sampai 2009 Bermain di Timnas Spanyol U-19
  • Tahun 2009 Bermain di Timnas Spanyol U-20
  • Tahun 2009 Sampai 2012 Bermain di Timnas Spanyol U-21
  • Tahun 2012 Bermain di Timnas Spanyol U-23

Biografi dan Profil Lengkap David De Gea 

David De Gea Quintana atau akrab disapa dengan De Gea adalah penjaga gawang kelahiran 7 November 1990 di kota Madrid, Spanyol. De Gea memulai karir sepakbolanya sejak berusia 10 tahun dengan Atletico Madrid dan naik melalui sistem akademi di klub sebelum membuat debut seniornya pada tahun 2009.

David De Gea adalah seorang lulusan dari akademi sepak bola Atletico Madrid, De Gea juga menghabiskan musim profesional pertamanya bersama tim cadangan, di Divisi Segunda B. Saat pilihan utama yaitu Sergio Asenjo bermain untuk tim Nasional, De Gea mendapat panggilan pertama untuk bermain di Tim Senior.

30 September 2009, De Gea menggantikan Roberto yang cedera saat pertandingan UEFA Champions League melawan F.C. Porto, dalam kekalahan 2-0, saat itu dia belum berusia 19 tahun.

Tiga hari kemudian, De Gea melakukan debut La Liga di kandang Real Zaragoza yang menyebabkan tim lawan mendapatkan penalti di menit 19, tetapi dia berhasil menepis tendangan Marko Babić, yang berakhir dengan kemenangan 2-1.

De Gea memulai musim 2010-2011 dengan gemilang, membantu Atletico memenangkan UEFA Super Cup: di 90 menit dari kemenangan 2-0 melawan Inter Milan, dia menepis tendangan penalti Diego Milito.

Karir De Gea sebagai penjaga gawang melesat naik sepanjang musim 2010-2011, pada puncaknya ia membawa timnas U-21 Spanyol berhasil menjuarai Euro U-21 di Denmark.

Berkat kepiawaiannya di bawah garis mistar, membuat manager Manchester United berniat membawa De Gea ke Old Trafford.

Di musim panas 2011, David De Gea resmi pindah dari Atletico Madrid ke Manchester United dengan biaya transfer £18.5 juta untuk menggantikan posisi kiper legendaris sebelumnya yang pensiun diakhir musim, yaitu Edwin Van Der Sar. De Gea menandatangani kontrak selama 5 tahun, dengan biaya transfer yang sangat tinggi, sehingga menjadi kiper termahal se Inggris Raya, memecahkan rekor transfer sebelumnya milik Craig Gordon yang dibeli Sunderland seharga £9 juta.

Debut awal bersama Manchester United, De Gea berhasil membawa klub barunya menjuarai ajang Coummunity Shied 2011 mengalahkan Manchester City.

Selama berkarir dengan Manchester United, De Gea erap dibanding-bandingkan dengan kiper kelas dunia seperti Manuel Neuer dan Thibaut Courtois. Ia pun juga dibandingkan dengan kiper legenda United seperti Peter Schemeicel dan Edwin Van Der Sar.

Selain berkarir dengan klub sepak bola, De Gea juga membantu tim U-17 Spanyol memenangkan European Championship 2007, dan finis di urutan kedua di World Cup 2007.

Pada awal Mei 2010, berdasarkan penampilan di Atletico yang solid, namanya dicantumkan di timnas senior oleh manager Vicente del Bosque di dalam skuat yang berisikan 30 orang, untuk FIFA World Cup; sayangnya, dia tidak bisa menembus tempat utama. Di 2011 dia merupakan bagian dari tim U-21 Spanyol yang menjuarai European Championship 2011.

Itulah informasi tentang”Biografi dan Profil David De Gea“, Karir dan Prestasi Sebagai Pemain Bola Profesional Dunia, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.